Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Lotto
Abstract
Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini melalui media lotto. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak PAUD di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 anak, yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 11 anak dan anak perempuan berjumlah 15 anak serta para guru PAUD di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan. Kesimpulan bahwa dalam perencanaan dan pelaksanaan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media pembelajaran lotto telah menemukan hasil dari kemampuan kemampuan bahasa ekspresif anak setelah menggunakan media pembelajaran lotto dilihat dari sebelum penelitian dilaksanakan anak di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak belum maksimal dapat dilihat pada penelitian siklus I diketahui anak yang mencapai kategori berkembang sangat baik hanya 3 anak atau 9% dari jumlah 34 siswa. Kemudian pada perbaikan siklus II anak yang memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak meningkat menjadi 29 anak atau 85%. Dengan begitu siswa Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan. Dengan demikian rumusan masalah dalam proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah peneliti laksanakan sudah terjawab, yaitu bahwa dalam pembelajaran melalui media pembelajaran lotto dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.
Downloads
References
Alni Fitri Rahayu. 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Pendekatan Experiential Learning. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia. Edukids Volume 6 (1) Tahun 2019. website: http://ejournal.upi.edu/index.php/edukid.
Andang Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta : Pilar Media
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Busthomi, Yazid. 2012. Pengenalan Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Jakarta : Rineka Cipta.
Darnis, S. 2018. Aplikasi Montessori dalam Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana, 1(1), 3. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/ article/download/3/1%0A%0A
Depdiknas. 2009. Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan.
Dewi, Angga Kumala. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang. Bilangan 1-10 melalui Media Permainan Lotto Angka pada Siswa di TK A. Dharma Wanita 4 Ngraji Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga: (Tidak Diterbitkan)
Eliyawati, C. dkk. 2005. Pemlihan Dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti Depdiknas.
Fatimah. 2009. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Balok. Skripsi (Tidak diterbitkan).
Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara dan Bahasa pada Anak; Terapi dan Strategi Orang Tua. Jakarta : Prenada.
Laris, N. 2014. Pemanfaatan Media Lotto untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Santi Kumara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1), 1–11.
Maharani. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan melalui Penggunaan Media Lotto Angka pada Anak Kelompok A RA Al Islam 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. http://eprints.eny.ac.id. (diakses tanggal 4 Oktober 2017).
Moleong, Lexi J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI-Press.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Prasetyono. 2007. Membedah Psikologi Bermain Anak. Yogyakarta : Think.
Prilla Ayu Larasari, dkk. 2021. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak dengan Autisme Melalui Media Lotto Bergambar. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Volume 9 Nomor 1 Tahun 2021 ISSN: Online 2622-5077 Email: juppekhu@gmail.com. Terkirim 02-Feb-2021 | Revisi 04-Feb-2021 | Diterima 09-Feb-2021
Puji Lestari. 2018. Pengaruh Media Lotto Angka terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Anak Usia Dini 4-5 Tahun (Penelitian pada Siswa Taman Kanak-Kanak Mawar Putih Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo 2017/2018). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.
Rusniah. 2017. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi dan Bimbingan Konseling.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Sudikin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Insan Cendekia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sujiono,Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Supadmi. 2013. Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan melalui Penggunaan Media Lotto Angka pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012 / 2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suryaningrum. 2012. Peran Media Sangat Penting dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Mengingat Perkembangan Anak Berada pada Masa Berpikir Konkret.
Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Tjutju Soendari, Mamad Widya, dan Epni Sudrajat, 2019, Pengaruh Permainan Lotto Terhadap peningkatan Kemampuan Persepsi, Atensi, dan Konsentrasi Anak Autsitik. Diakses melalui : http://file.upi.edu/direktori/ fip/jur._pend._luar_biasa/195602141980032-tjutju_soendari/artikel/ artikel_permainan_lotto.pdf.
Uty Maryati. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Lotto Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok B TK Al-Fajar Pamengkang Kabupaten Cirebon. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam (Iai) Bunga Bangsa Cirebon.
Wahyudin, U. & Agustin, M. 2012. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Repika Aditama.
Copyright (c) 2024 Irma Oktaviani, Badroeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.