Upaya Meningkatkan Kemapuan Mengenal Angka Menggunakan Media Kartu Angka Bergambar Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun

  • Elon Sahlan STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Erik STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal angka dengan menggunakan media kartu angka bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian anak KB Melati Desa Nanggerang yang terdiri dari 30 anak dengan komposisi perempuan 13 dan laki – laki 17 anak. Peneliti menggunakan tiga siklus dalam pelaksanaan penelitian. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yakni peningkatan kemampuan mengenal angka tersebut dibuktikan pada Pra tindakan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sebesar 37,5%. Kemudian pada Siklus I rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan 61,5%. Rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Siklus II mencapai 87,5%. Rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Siklus II mencapai 92,75%. Selisih peningkatan dari Pra tindakan sampai Siklus I sebesar 24%, selisih peningkatan dari Siklus I sampai Siklus II sebesar 26%, kemudian selisih peningkatan dari Siklus II sampai Siklus III sebesar 5,2%..

Keywords: Mengenal angka, kartu angka, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. 2009. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Achmad Sugandi. (2004). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ade Holis, Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, , Vol. 09 No. 01, 2016

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini,Jakarta: Kencana Permana Media Group , 2012.

Ali Mudlofir, Fatimatur Rusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif, Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada, 2017.

Arif S. Sadiman, dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya .Jakarta: RajaGrafindoPersada

Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permanan Kartu Angka di Kelompok B TK Aisiyah Pulau Payung

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.

Asri Budiningsih. (2005). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: DepDikNas

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanan. Jakarta: Depdikbud: Universitas Terbuka.

Diah Hartati. (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak kanak. Jakarta: Depdikbud: Universitas Terbuka.

Daryanto, (2011). Media Pembelajaran, Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Farhurohman, O. (2017). Hakekat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Http://Jurnal.Uinbanten.Ac.Id/Index.Php/Assibyan/Article/View/1334, 2(1), 27–36.

Mansyur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka

Munawir Yusuf. (2005). Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Jakarta: DepDikNas

Nining Sriningsih. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Cahyati, N. (2018). Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Memancing. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.

Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun. Jendela Olahraga, 4(2), 8. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3611

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times