Peran Serta Orang Tua Dalam Memotivasi Minat Belajar Anak Usia 4-5 Tahun

  • Mimin Jasemi STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Erik STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran serta orang tua dalam memotivasi minat belajar anak usia 4-5 tahun dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Peran Serta Orang Tua Dalam Memotivasi Minat Belajar Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi agar mampu memberikan gambaran mengenai sesuatu yang apa adanya dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dengan pengumpulan data selain melalui wawancara kepada kepala sekolah, guru dan orang tua, juga melalui telaah dokumentasi. Faktor yang mempengaruhi peran serta orang tua dalam memotivasi minat belajar peserta didik di Kelompok Bermain Naskah Linggajati terletak pada waktu. Baik karena kurangnya waktu orang tua dalam menemani anaknya belajar atau juga bahkan karena faktor waktu bermain anak di luar rumah yang terlalu banyak sehingga anak terpengaruh oleh teman-temannya yang malas belajar, maka hal ini diatasi dengan cara orang tua memberikan fasilitas belajar di rumah kepada anak yang cukup dan dapat menarik anak untul belajar sambil bermain. Adapun faktor lain yang mempengaruhi peran serta orang tua adalah keterbatasan pengetahuan orang tua dalam cara mendidik dan memotivasi minat belajar anak. Dalam hal ini diatasi dengan kegiatan parenting dan komunikasi yang positif antara orang tua sebagai wali murid dengan pihak sekolah.

Keywords: Memotivasi, Minat Belajar, Orang Tua, peran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra Wahyuni. 2018. Panduan Lengkap Tumbuh Kembang Anak Usia 0 – 5 Tahun. Kediri: Strada Press.

Dedy Andrianto. 2011. Komunikasi dengan AUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan InformalKementerian Pendidikan Nasional.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eni Prima Kuswanti, dkk. 2017. Layanan Pendidikan dan Pengasuhan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Irjus Indrawan, dkk. 2020. Manajemen Pendidikan Karakter. Banyumas: CV.Pena Persada.

Lilia Kusuma Ningrum. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan”. Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro: Lampung.

Muhammad Arifin & Elfrianto. 2017. Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: Umsu Press.

Nasution, Wahyudin Nur. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Medan: Perdana Publishing.

Opan Arifudin, dkk. 2021. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Peraturan pemerintah republik indonesia Nomor 27 tahun 1990 Tentang Pendidikan prasekolah.

Rahmat Hidayat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Rifda El Fiah. 2019. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Rina Werdayanti. 2015. Nilai Boleh Biasa Mental Harus Juara. Yogyakarta: Istana Media.

Sofyan Mustoip, dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Sudarwan Danim. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahidin. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar”. Jurnal Pancar Vol 3, no. 1: 232. e-ISSN : 2550-0619.

Yusuf, M. 2021. “Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Dusun Campagaya Desa Lentu Kabupaten Jeneponto”. Skripsi S1 Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makasar: Makasar.

Zubaedi, M. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk Paud dan Sekolah). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Published
2023-12-20
Abstract viewed = 52 times
pdf downloaded = 45 times