Pelatihan Musik Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Bermusik Guru PAUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bermusik guru PAUD di Kecamatan Menganti. Jenis penelitian ini yaitu PKM. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru PAUD yang mengikuti pelatihan di STKIP Al-Azhar menganti sebanyak 200 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sistematis (systematic random sampling). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 guru PAUD. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan guru PAUD terhadap pembelajaran musik bagi anak usia dini memperoleh skor 56% berada dalam kategori cukup. Pelatihan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan skill guru memperoleh skor sebesar 71% yang artinya mempunyai kontribusi yang tinggi. Keberhasilan pelatihan ini juga didukung oleh kemampuan dan pengetahuan narasumber yang sangat tinggi terhadap musik dan memperoleh skor sebesar 82%. Konten pelatihan juga disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta dan memperoleh skor sebesar 80% termasuk dalam kategori tinggi sehingga guru dengan mudah menerima materi yang disampaikan.
Downloads
References
Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440
Darmayanti, E., Pamungkas, J., & Indrawati. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Berbasic Pengembangan Diri Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5495–5505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2992
Djohan. (2009). Psikologi Musik. Percetakan Galang Press.
Ehrlin, A. (2018). Music in preschool class : A Quantitative Study Of Tactors That Determine The Extent Of Music In Daily Work In Swedish Preschool Classes. International Society for Music Education, 36(1), 17–33. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0255761417689920
Elis, R., & Santika, T. (2018). Peran Instruktur dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Belajar Program Pelatihan Instalasi Listrik. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23447
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling (1st ed.). Universitas Terbuka. https://pak.uii.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/B1-Buku-1-ok_Metode-Sampling.pdf
Hasbi, M., & Paramita, D. (2020). Bermain Musik dan Gerak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/18964/1/Bermain Musik dan Gerak %283%29.pdf
Istifadah. (2022). Seni Musik Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (I. Wahyuni (ed.)). Lintas Nalar. http://digilib.uinkhas.ac.id/13353/1/SENI MUSIK UNTUK PAUD 2022.pdf
Kempa, R., Lokollo, L., & Makaruku, V. K. (2023). Hubungan Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD Berbasis Bahasa Sehari-Hari di Kota Ambon. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 963–970. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3630
Maula, A., Nazarullail, F., & Adhani, D. N. (2021). Peran Guru Terkait Tentang Permainan Tradisional Berbasis Aplikasi Di Satuan PAUD Di Era New Normal. Journal Of Early Childhood Education And Research, 2(2), 67–72. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/28187
Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2022). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 704–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1559
Olii, N. (2019). Pengaruh Musik Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di PAUD Benih Harapan dan PAUD Siti Hajar Kota Gorontalo. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK) , 2(2), 88–99. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jnik/article/view/8202
Paul, H. (2017). Let’s Make Music In Preschool. Journal of Early Childhood Scholarship and Innovative Practice, 1(1). https://scholarworks.umt.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1003&context=ecsip
Prahesti, S. I., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162–171. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289
Purhanudin, V. (2022). Buku Ajar Seni Musik Anak Usia Dini Untuk Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Rasimin (ed.); 1st ed.). Global Aksara Pers.
Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://118.98.166.64/bukuteks/assets/uploads/pdf/PAUD-BUKU_PENGEMBANGAN_PEMBELAJARAN_rev.pdf
Rahayu, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melakukan Penilaian Ranah Sikap Melalui In House Training. Jurnal Ide Guru, 4(1), 37–45. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/67
Rosana, R. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Pelatihan Untuk Meningkatkan Building Learning Commitment. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(2), 21–30. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i2.5067
Samsinar, Fatimah, S., & Adrianti, R. (2022). Pendidikan Karakteristik Anak Usia Dini (1st ed.). Akademia Pustaka . http://repositori.iain-bone.ac.id/1305/1/Rev Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.pdf
Santosa, D. A. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pawiyatan, XXV(1), 78–88. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/877
Setianingsih, H. P., Wahyuningsih, E. T., & Riyadi, N. E. W. (2022). Kemampuan Guru dalam Mengajar Aktivitas Musik di TK Teacher’s Ability in Teaching Music Activities in Kindergarten. Jurnal Kreatif Online (JKO), 10(3), 12–26. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko/article/view/2603
Sholichah, S. A., & Dorlina Simatupang, N. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 239–247. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1896
Silalahi, R. Y. B., & Sahara. (2022). Upaya Pengembangan SDM Guru PAUD Berbasis Kompetensi Profesional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6478–6491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2691
Sipayona, T., Marlina, L., & Murtopo, A. (2022). Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 11091–11102. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10201
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (B. Sarwiji (ed.); 8th ed.). PT Indeks. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/2A_BUKU_KONSEP_DASAR_PAUD.pdf
Wahyuni, A., & Safitri, B. N. (2022). Permainan Musik Feeling Band Sebagai Strategi Peningkatan Sikap Sabar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1778
Yanuarsi, Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbagai Bentuk Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3629–3647. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1715
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah. (2021). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491
Copyright (c) 2023 Nurhenti Dorlina Simatupang, Sefy Amaliatus Sholichah, Irena Agatha Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.