Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mendorong Perkembangan Kemandirian Anak

  • Yulia Halimatussa’diah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Reimond Hasangapan Mikkael Napitupulu Universitas Pancasakti Bekasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi metode pembiasaan dalam pembentukan kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Al-Qur’an Terpadu Miftahul Huda Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian berupa anak-anak dalam kelompok usia 4-5 tahun, dan objek penelitian adalah kemandirian anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam membentuk kemandirian anak dilakukan melalui penerapan metode pembiasaan, seperti kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan memberikan keteladanan atau contoh. Dengan menggunakan metode pembiasaan tersebut, anak-anak menjadi terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari, seperti memakai atau melepas sepatu tanpa bantuan, meletakkan tas di loker tanpa perintah, dan mampu merapikan alat tulis atau mainan yang telah digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembiasaan efektif dalam membentuk kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Al-Qur’an Terpadu Miftahul Huda Purwakarta.

Keywords: Metode Pembiasaan, Kemandirian, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Ardina, M., & Qalbi, Z. (2021). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking pada Mata Kuliah Neurosains di Abad 21. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 145–153. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1165

Arikunto, & Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: Vol. Kelimabela. PT Rineka Cipta.

Berlianti, R., Kurniawan, K., & Cikdin, C. (2021). IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v12i2.384

Indriati, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) untuk Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Siswa Kelompok A Paud Terpadu Nurul Dzikri. Jurnal Paud Teratai 1, 1(1), 1–10.

Ismi Hasanah, B., & Amir, L. (2020). PENGAWASAN DINAS SOSIAL DALAM PENANGGULANGAN ANAK JALANAN DI KOTA JAMBI. Mendapo: Journal of Administrative Law, 1(3). https://doi.org/10.22437/mendapo.v1i3.11063

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Patria, R., & Salamah. (2022). Studi Fenomenologi: Teori Humanistic dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Progressive of Cognitive and Ability, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpr.v1i1.1

Rivalena, R. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERAPAN KELAS X PARIWISATA 4 SMK NEGERI 6 PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.3568

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Tobing, M. E., & Napitupulu, R. H. M. (2023). Analisis Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Dengan Spektrum Autism (ASA) Pada PAUD Biru Bangsa. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 257–264.

Vionnita, W. D., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini, 4(1), 74–87. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/4481/2399/

Napitupulu, R. H. M., Yanti, E. R., Aulawi, H., Anggraeny, P. N., & Kurniawan, D. (2022). Pelatihan Pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM), 3(1), 1-9.

Published
2023-12-20
Abstract viewed = 352 times
pdf downloaded = 254 times