Efektivitas Media Rubattri Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan dari riset ini ialah untuk melihat keefektifan media rubattri dalam mengembangkan penalaran matematis Anak Usia Dini. Riset ini mengaplikasikan desain one-group pretest and posttest terhadap kelompok subjek eksperimen yang mendapat treatmen. Dalam penelitian ini, sampel diambil dari 14 anak (7 perempun dan 7 laki-laki) yang berusia antara 5 dan 6tahun. Observasi an dokumentasi menjadi metode dalam menghimpun data dalam riset ini. Uji efektivitas, uji normalitas, dan hipotesis statistik adalah metode untuk manganalisa data penelitian. Hasil uji normalitas membuktikan dataa tersebar dengan normal yakni signifikansi pretest 0,255 dan posttest 0,225 (˃) 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media rubattri secara signifikan meningkatkan kemampuan logika matematika anak usia dini. Hipotesis 0 (H0) tidak diterima dan hipotesis alternatif (Ha) diterimayang dibuktikan dengan nilai signifikansi kecerdasan logika matematis anak 0,000˂0,05. Hal ini menunjukkan bahwsanya media Rubattri bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan logis matematis pada Anak Usia Dini.
Downloads
References
Anggraini, V. (2021). Stimulasi Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Animasi Lagu Berbasis Tematik Pada Masa Pandemic Covid-19 di Kota Bukittinggi. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 7(1), 106-115. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.7258
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ashshidiqi, A., Ai suminar. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika dengan Menggunakan Media Realia pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 22-34. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1830184
Citrowati, E. (2019). Penerapan Konsep Geometri dalam Mengembangkan Logika Matematika di TK Melati Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018. MENARA ilmu, XIII(4), 35-40. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1305
Fadlillah, M. (2016). Pengembangan Permainan Monraked Sebagai Media untuk Mestimulasi Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 9-23. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/579
Fitroh, F. S., Mardiyah, S. (2015). Efektifitas Media Puzzle Siput Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika pada AUD. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo. 2(1), 1-75. https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/1819
Handayani, F. F., Munawaroh, F., Kurniawan, N. A., Devianti, R. (2022). Metode Bermain: Upaya Menstimulasi Perkembangan Matematika Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(02), 73-84. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-ash-syibyan/article/view/529
Kristiana, D. (2018). Implementasi Media Bosang untuk Mengasah Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Silogisme, 3(1), 36-42. https://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/article/view/982
Kristiana, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Number Sense Bagi Guru PAUD Aisyiyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat,6(1), 1-6. http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/dedication/article/view/650
Mursyida , A. (2013). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Dengan Menggunakan Realia Pada Anak Kelompok B di RA Irmas Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/25017/
Maulana, A, R., Muttaqin, A, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Untuk Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Implementasi Pembelajaran Model Make A Match di RA Muslimat NU 006 Bareng Babadan Ponorogo. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1), 119-129.
Nadila, A, Y., Kristiana, D., Setyowahyudi, R. (2022). Kegiatan Mozaik Untuk Menstimulus Kemampuan Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Alam Berbasis 3R. Jurnal Ilmiah Potensia. 7(1), 56-63.
Nisa, A., Mutika, Y., Sumitra, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis pada Kelompok B Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Dadu Angka Pada Kelompok B. Jurnal Ceria. 2(6), 347-353.
Prabawati, P, A., Kristiana, D., Fadlillah, M. (2018). Pengaruh Pazzle Geomewa Terhadap Kemampuan dan Minat Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri pada Kelompok Usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Ronowijayan. Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 2(2), 139-147
Sakri, A, I., Wirman A. (2022). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Family Education, 02(1), 16-23. https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/35
Sugiono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tasliyah, L., Nurhayati, S., Nurunnisa, R. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Ape Kids ‘N Kit. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). 3(4), 307-314.
Copyright (c) 2023 liana asriati, Dian Kristiana, Dian Kristiana, Muhammad Azzam Muttaqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.