Persepsi Guru Terhadap Mitigasi Bencana Banjir Bagi Anak Usia Dini di TK Pembina Kampar

  • Sean Marta Efastri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ribut Wahyu Erianti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Atok Miftachul Hudha Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Persepsi guru terhadap mitigasi bencana banjir bagi anak usia dini di TK Pembina Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian yakni melakukan penelitian langsung terhadap guru sebagai sampel guna mendapatkan gambaran konkrit tentang persepsi guru terhadap  mitigasi bencana banjir di TK Negeri Pembina Kampar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket. Hasil penelitian mengenai aspek mengembangkan pengetahuan dan pemahaman yang terkait dengan masalah mitigasi bencana banjir anak usia 5-6 tahun berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 43,8%. Pada aspek mengetahui model pembelajaran (role playing)  dan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia 5-6 tahun dalam menghadapi banjir berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 43,8%.

Keywords: persepsi guru, mitigasi bencana banjir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Islami, C. C., & Gustiana, E. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.161
Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Denzin, Norman K, and Lincoln, Yvonna S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita, R. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Ghozali Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBMSPSS 21 Edisi Ke-7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Khairul, Iksan. 2012. Konsep Persepsi. Dinduh pada tanggal 7 Mai 2018 pukul 15.00 WIB.
Maria, J Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mohd. Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyadi, Seto. 2018. Mengatasi Problem Anak Sehari-hari. Diunduh pada tanggal 8 Mai 2018 pukul 10.00 WIB.
Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Subyantoro, Arief, dan Suwarto, FX. 2006. Metode & Tekik Penelitian Sosial. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharmini, Tin. (2005). Penanganan Anak Hiperaktif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar Profsionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Jakarta Prestasi.
Wening, Aprilia Putri. (2016). Persepsi Guru terhadap Gaya Belajar Anak Hiperaktif. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. (Skripsi).
Yuliana, Yayuk. (2017). Teknik Guru dalam Menangani Anak Hiperaktif Studi Kasus di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sukopuro Jabung Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. (Skripsi).
Yusuf, Syamsu LN. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2023-07-01
Abstract viewed = 223 times
PDF downloaded = 138 times