Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran dan Bercerita terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode bermain peran dan metode bercerita terhadap aspek kemampuan bahasa anak usia dini. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel yaitu PAUD Al Hikmah Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang Kelompok B1 sebagai kelas eksperimen I dengan metode bermain peran dan Kelompok B2 sebagai kelas eksperimen II dengan metode bercerita dengan jumlah sampel masing-masing 25 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi quasi experimen ini menggunakan rancangan faktorial 2x2, yang dilaksanakan pada 2 kelas, yaitu kelas A dan B. Data hasil aspek kemampuan bahasa diperoleh melalui kegiatan pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan anova faktorial 2x2 (Anova 2 jalur) digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pada metode pembelajaran menunjukkan perbedaan yang signifikan antara metode bermain peran dan bercerita dengan nilai F sebesar 1.367 dengan tingkat signifikansi 0.000 dan berdasarkan tabel test of between-subject effect tingkat signifikansi untuk metode bermain peran dan Metode bercerita sebesar 0.000 (< 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari faktor interaksi antara metode bermain peran dan metode bercerita.
Downloads
References
Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac.
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia.
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). https://doi.org/10.29210/3003910000
Dinihari, Y., Wiyanti, E., & Nazelliana, D. (2019). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Semnara.
Fathurrohman, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori pembelajaran. In Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. In Teori Belajar dan Pembelajaran.
Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513
Karim, I. K., Juniarti, Y., & Arifin, I. N. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. JURNAL RAUDHAH. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2037
Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini.
Mufidah, A., Kemampuan, P., Anak Usia, B., Melalui Bercerita, T., Ditinjau, S., Segi, D., Sintaksis, A., & Semantik, D. (2021). Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita Sederhana Ditinjau Dari Aspek Sintaksis Dan Semantik. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 115–126.
Peran, B., Anak, P., & Tahun, U. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.
Pratiwi, H. N., & Sudianto, M. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pgsd.
Seniwati, S., Sudarno, S., & Fatmasari, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus IV Tampan Pekanbaru. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.31-42.2022
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), 94.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. In Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.
Suhartono, S., Susiani, T. S., Ngatman, N., Salimi, M., & Hidayah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2172
Sulfemi, W. B., & Arsyad, A. (2019). Korelasi penguasaan materi pembelajaran oleh guru dengan motivasi belajar siswa mata pelajaran administrasi perkantoran di SMK Pelita Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno.
Sumiati, Y., Sobarna, A., & Inten, D. N. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Role Playing. Prosiding Pendidikan Guru PAUD.
Usmaedi. (2019). PENGARUH RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Survei Pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak) USMAEDI. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi.
Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877
Zahro, I. F., & Kusrini, N. A. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.212
Copyright (c) 2023 Iis Novianti, Syafwandi Syafwandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.