Pola Asuh Orang Tua Siswa Berprestasi

  • Rita Kusumah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pola asuh adalah proses di dalam keluarga, interaksi orang tua dan anak. Pola asuh diterapkan sejak anak lahir dan disesuaikan dengan usia tahap perkembangannya. Kegiatan pengasuhan dilakukan dengan mendidik, membimbing, memberi perlindungan, serta pengawasan kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap siswa berprestasi, yang secara konsisten memiliki prestasi (ranking satu sampai lima) di semester 1 dan 2 kelas 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua beserta anaknya, dan guru kelas. Adapun jumlah siswa di kelas 1 SDIT Al-Istiqomah adalah 115 siswa dan mengambil sample acak sesuai dengan kebutuhan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga orang tua siswa menerapkan pola asuh demokratis, pola asuh yang menerapkan adanya musyawarah dalam keluarga, kebebasan yang terkendali, pengarahan dari orang tua, bimbingan dan perhatian, saling menghormati antar anggota keluarga dan komunikasi dua arah.

Keywords: Pola Asuh, Orang Tua, Siswa Berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Cahyati, N., & Kusuma, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152–159.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Izzatun Nisa, Dessy. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Nur Utami, Septi. 2015. Pola Asuh Orang Tua Siswa Berprestasi di Kelas V SD Negeri Sidakan Banaran Galur Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Pramawaty, N., & Hartati, E. (2012). Hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri anak usia sekolah (10-12). Jurnal Keperawatan Diponerogo, 1(1), 87-92.

Rachmawati, Yeni, dkk. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana

Ratnawati, Kusumah, R., & Cahyati, N. (2021). Korelasi Peran Orang Tua terhadap Pemertahanan Bahasa Sunda sebagai Bahasa Ibu di daerah Kuningan. Golden Age, 5(02), 474–481. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.4387

Suhati, & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita Paud, 3(1), 58–65.

Yuni Sri Utami, C. C. I. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Introvert pada Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 3(1).

S.Putri, Pradiptya. 2013. Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal di Panti Asuhan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

W Rahmawati, Sri. 2018. Menumbuhkan Insan Pembelajar Melalui Polas Asuh Yang Tepat. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Tama Jagakarsa

Published
2022-12-31
Abstract viewed = 642 times
PDF downloaded = 477 times