Strategi Pembelajaran Efektif Bagi Siswa Tunagrahita di SLB Fajar Harapan

  • Tiara Putri Sutanto Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang lahir dengan kebutuhan khusus yang  berbeda dengan individu lainnya maka dari itu mereka juga membutuhkan pelayanan yang khusus pula. Anak yang memiliki kemampuan intelektual dan kognitif dibawah rata-rata dibandingkan orang pada umumnya maka ia adalah penyandang tunagrahita. Anak tunagrahita cenderung sulit untuk berpikir secara logis dan memahami aturan sosial, artikel ini bertujuan  untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif bagi anak penyandang tunagrahita yang dilakukan oleh SLB Fajar Harapan Surabaya. Metode yang digunakan yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita dan guru di SLB Fajar Harapan Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberian materi pembelajaran siswa tunagrahita berbeda dengan jenis siswa berkebutuhan khusus lainnya. Dalam pelaksanaannya, guru di SLB Fajar Harapan Surabaya melakukan pemberian materi yang terdapat di kurikulum secara bertahap kepada siswa penyandang tunagrahita.

Keywords: Siswa Tunagrahita, Layanan Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual (1st ed.). Prodi PLB Universitas Lambung Mangkurat.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Psikosain.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1. 38075.33-54

Indrawati, T. (2016). Pelaksanaan pembelajaran Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(14), 387–396.

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Goresan Pena.

Liana, Jamin, H., & Agustina, M. (2021). Strategi Guru Dalam Membantu Siswa Tunagrahita. Proceeding of Dirundeng International Conference on Islamic Studies (DICIS), 281–292.

Pujiastuti, T. (2021). Perkembangan Keagamaan Anak Tunagrahita: Studi Kasus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu (1st ed.). Aswaja Pressindo.

Rusmiati, N., & Mayasarokh, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Verbal Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pelita PAUD, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.692

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 247.

Saputra, W. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Anak Tuna Grahita (Disabilitas Intelektual) Di Sekolah Luar Biasa Pangkal Pinang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 82.

Sari, S. F. M., Binahayati, & Muhammad, B. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 129–389.

Senjaya, A. J., Sudirman, & Erly, P. S. (2017). Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP, 1(1), 1–8. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Siti Utami, I., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah Dengan Analisis Interaktif Bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43.

Suhati, & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.436

Sumardi, E., & Suprawangi, L. M. (2017). Panduan Pelaksana Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Tunagrahita Ringan Melalui Pendekatan Adaptif, Visual, Dan Interaktif (AVI) Di Taman Kanak-Kanak (TK). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat Tahun 2017.

Suryadi, & Salamah. (2018). Upaya Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Ips Melalui Media Teks Bergambar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sosialita, 10(2), 301–312.

Tirtonegoro, S. (1984). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Bina Aksara.

Warman, E. (2017). Mengembangkan Minat Belajar Anak Tunagrahita Ringan Menggunakan Media Pembelajaran Puzzle Angka Di Skh Negeri 02 Kabupaten Lebak. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 2(1). https://doi.org/10.30870/unik.v2i1.3545

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Santiaji Pendidikan, 9(2).

Published
2024-05-27
Abstract viewed = 74 times
PDF downloaded = 97 times