Strategi Penanganan Gangguan Perkembangan Bahasa (Speech Delay) terhadap Komunikasi Interpersonal Anak

  • Nisna Nursarofah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fadya Amanda Putri
  • Okalia Oktaviani

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk menangani gangguan perkembangan bahasa speech delay terhadap komunikasi intrapersonal anak usia dini di TK Cerdik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu murid di TK Cerdik yang berjumlah 13 siswa. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanganan gangguan perkembangan bahasa speech delay terhadap komunikasi intrapersonal anak usia dini di TK Cerdik diantaranya dapat dilakukan dengan tindakan mengajak anak berbicara secara perlahan, menggunakan bahasa yang benar dan tepat serta dilakukan secara berulang, ketika anak sedang melakukan proses bicara, sebaiknya guru memperhatikan dan mengamati setiap kata maupun kalimat yang diucapkan oleh anak., mengontrol serta membenarkan kalimat yang pengucapannya mengalami kekeliruan atau kesalahan. serta, menyiapkan metode atau pembelajaran yang sekiranya dapat melatih dan memperlancar komunikasi interpersonal anak supaya anak lebih percaya diri saat melakukan proses komunikasi dan interaksi.

Keywords: strategi, penanganan, Speech Delay

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, W. (2011). Keterlambatan bicara (speech delay) pada anak (studi kasus anak usia 5 tahun). In Skripsi.

Azizah, U. (2017). Keterlambatan Bicara Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281–297.

Campbell, T. F., Dollaghan, C. A., Rackette, H. E., Paradise, J. L., Feldman, H. M., Shriberg, L. D., Sabo, D. L., & Kurs-Lasky, M. (2003). Risk Factors for Speech Delay of Unknown Origin in 3-Year-Old Children. Child Development, 74(2), 346–357. https://doi.org/10.1111/1467-8624.7402002

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004),hlm.73.

Evandio, A. (2022). Darurat Speech Delay, 20 persen Anak RI Alami Terlambat Bicara. Diakses tanggal 10 November 2022 dari https://lifestyle.bisnis.com/read/20220520/106/1535165/darurat-speech-delay-20-persen-anak-ri-alami-terlambat-bicara

Habib, Z., & Hidayati, L. (2013). Intervensi Psikologis Pada Pendidikan Anak Dengan Keterlambatan Bicara. Madrasah, 5(1), 76–93. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2235

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Hoover, J. R., Sterling, A. M., & Storkel, H. L. (2011). Speech and language development. Handbook of Pediatric Neuropsychology., 71–78.

Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary, Vol. 2(Pengembangan Bahasa), 35–44.

Liansari, V. (2017). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Usia Dini dengan Speech Delay di TK Aisiyah Rewwin Waru Vevy Liansari ( Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman p. Kanal (Jurnal Ilmu Komunikasi), 5(2), 159–164.

Masitoh. (2008). GANGGUAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN BICARA ANAK. Jurnal Elsa, Volume 17 Nomor 1, April 2019, 76(3), 61–64.

Moreno, M. A. (2015). Speech and language delays in young children. JAMA Pediatrics, 169(8), 796. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2014.2146

Nunzairina, N., Rusman, A. A., & Pertiwi, D. (2021). Strategi Guru Dalam Menangani Anak Yang Hiperaktif Melalui Terapi Permainan Puzzle Pada Kelompok A di Tk Swasta It Jabal Noor Medan Krio. Jurnal Raudhah, 9(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1301

Pratiwi, G., , Iman Sumargono, S.Sn., M. S., & M.Sn3, M. H. (2018). PERANCANGAN KAMPANYE “ SPEECH DELAYED PADA ANAK UNTUK ORANG TUA DI KOTA BANDUNG ” CAMPAIGN DESIGN "SPEECH DELAYED IN CHILDREN FOR PARENTS IN BANDUNG ". E-Proceeding of Art & Design : Vol.5, No.2 Agustus 2018, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Ria, B. D. R., Fadillah, & Yuniarni, D. (2013). Faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan berinteraksi sosial (studi kasus anak yang bermasalah di tk). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 1(1), 1–15. https://www.neliti.com/publications/215201/faktor-dominan-yang-mempengaruhi-kemampuan-berinteraksi-sosial-studi-kasus-anak

Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.519

Tjandrajani, A., Dewanti, A., Burhany, A. A., & Widjaja, J. A. (2016). Keluhan Utama pada Keterlambatan Perkembangan Umum di Klinik Khusus Tumbuh Kembang RSAB Harapan Kita. Sari Pediatri, 13(6), 373. https://doi.org/10.14238/sp13.6.2012.373-7

Tsuraya, I. (Universitas N. S. (2013). Kecemasan Pada Orang Tua Yang Memliki Anak Terlambat Bicara ( Speech Delay ). In Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/18524/1/1550408058.pdf

Published
2022-12-25
Abstract viewed = 1691 times
pdf downloaded = 795 times