Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek

  • Enok Dedeh STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Permainan tradisional punya potensi yang besar untuk menumbuhkan 18 nilai karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan nilai penanaman karakter cinta tanah air pada anak usia dini melalui permainan tradisional engklek di TK Khoridatulhuda, untuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai penanaman karakter cinta tanah air pada anak usia dini melalui permainan tradisional engklek di TK Khoridatulhuda, serta untuk mendeskripsikan evaluasi nilai penanaman karakter cinta tanah air pada anak usia dini melalui permainan tradisional engklek di TK Khoriidatul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data-data yang disajikan berupa pernyataan dan bukan sajian dalam bentuk angka. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan telaah pustaka. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data yang bersifat induktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan diawali dengan memasukkan ke delapan belas nilai-nilai karakter ke dalam program semester kemudian ke dalam RPPM dan RPPH. Pelaksanaan pembentukan nilai karakter cinta tanah air di TK Khoriidatul Huda ini terdapat dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembudayaan serta pembiasaan. Sedangkan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di TK Khoriidatul Huda dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, dan periodik.

Keywords: karakter, cinta tanah air, anak usia dini, permainan tradisional, engklek

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyyah, Anisa dan Siti Apsoh. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terintegrasi Self – Confidence pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Vol. 11, No. 2.

Ali, Aisyah M. 2018. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Andriani, Tuti. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya. Vol. 9, No. 1.

Ardiyanto, Asep. 2017. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga. Vol. 2, No. 2

Arismantoro. 2008. Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Atika, Nur Tri, dkk. 2019. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 24 No. 1.

Aulina, Choirun Nisak. 2015. Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Journal Pedagogia. Vol. 4, No. 1.

Chairiyah. 2014. Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan The Education Character In Education World. Jurnal Literasi. Vol. 4, No. 1.

Danarti, D. 2010. Menjadi Orang Tua Pintar Agar Anak Sukses. Yogyakarta : Smart Parenting

Darmiyati, Zuhdi. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Pres Depdiknas. (2003).

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Mitra Karya.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional.

Farida, Niken, dkk. (2022). Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Mendongeng. Jurnal Abdimas Mutiara. Vol. 3, No. 1.

Published
2022-12-28
Abstract viewed = 527 times
pdf downloaded = 245 times