Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kosakata bahasa inggris dan sejauh mana pengingkatan kosakata bahasa inggris menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi kelompok B RA Nurul Ilmi Sampora dengan dua kelas sampel. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling, kelompok B.1 sebagai kelas kontrol dan kelompok B.2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24. Semester II tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 48 siswa Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan (uji t). Berdasarkan hasil statistik diperoleh thit > ttab maka Ho ditolak pada taraf signifikan 0,05. Karena 2,68 > 1,68 maka data kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak sama baiknya. Kesimpulannya bahwa kelas ekperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol pada pembelajaran peningkatan kosakata Bahasa Inggris di Kelompok B RA Nurul Ilmi Sampora, maka terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap hasil
belajar dalam peningkatan kosakata Bahasa Inggris.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi.(2010), Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Chaer. (2009), Psikolinguistik, Jakarta: Rineka Cipta
Fadlillah. (2014), Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hardhika Wisnu Arifin, Upaya Meningkatkan Kemampuan MengingatUrutan Kata Melalui Metode Bernyanyi pada Siswa Kelas B TK Baiturrahman Karangasem, Laweyan Surakarta. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. http://melyloelhabox.blogspot.co.id/2013/05/gerak-anak-usia-dini.html. diunduh tanggal 13 Feb 2017 15:43
Madyawati. (2016), Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Marliana, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa menggunakan Metode Bernyanyi pada Siswa Kelompok B TK Alhikmah Cigadung. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini.
Meity, (2015), Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan, Jakarta: Luxima Metro Media.
Sri Widayati, Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Ibu Melalui Penerapan Metode Bernyanyi pada Anak Kelompok A TK 17 Agustus Gedeg Mojokerto.
Sugiyono,(2015), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratna. (2014), Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru.
Susanto, Ahmad. (2011), Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Wiyani, Barnawi. (2014), Format PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusuf, Syamsu.(2011), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosda
Copyright (c) 2017 Anggia Ayu Lestari, Erik Erik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.