Implementasi Program Pengembangan Literasi Bagi AUD di Komunitas Sekolah Literasi Wadas Kelir

  • Triyana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Raden Rachmy Diana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Budaya Literasi Masyarakat Indonesia yang tergolong masih sangat rendah sangat miris jika tidak melibatkan banyak pihak untuk bersama meningkatkannya. Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang diserukan pemerintah belum juga menunjukkan perubahan yang signifikan di lapangan. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk membentuk budaya literasi melalui gerakan nyata oleh para pegiat literasi, komunitas-komunitas, dan pemerhati masyarakat untuk dapat melihat bagaimana tingkat literasi di masyarakat melalui kegiatan Sekolah Literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe fenomenologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak dan orangtua sebagai warga sekitar Sekolah Literasi Wadas Kelir. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan literasi di masyarakat melalui rangkaian kegiatan Sekolah Literasi Wadas Kelir memberikan pengaruh yang baik untuk meningkatkan minat baca masyarakat mulai dari anak usia dini hingga orangtua. Sekolah Literasi Wadas Kelir sebuah komunitas literasi yang unggul dan kreatif.

Keywords: Kegiatan Literasi, Masyarakat, Pengembangan Literasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan Hana Yunansah. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggrayni, M., and Ayu Mustika Sari. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Dengan Menggunakan Media Papan Flanel. Jurnal Pelita PAUD, 4 (1), 22–28.

Anisatul Laely, Titi. (2019). Penguatan Keterampilan Berbahasa Krama Inggil Melalui Kegiatan Sekolah Literasi Wadas Kelir. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebahasaan), tanggal 6-7 November 2019. Semarang: Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ekawati, Mursia, and Asri Wijayanti. (2017). Peran Media Massa Meningkatkan Daya Literasi Masyarakat Di Era Global. Pibsi Xxxix, no. November: 736–743.

Fitriani, Agisty, Nahrowi Adjie, Finita Dewi, and Risty Risty Justicia. (2019). Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Bercerita. Jurnal Pelita PAUD, 4 (1), 29–37.

Friantary, Heny. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1 (1), 66–70.

Ikawati, Erna. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1 (02).

Kurniawan, Heru dan Supriyono. (2019). Pengembangan Litera-Preneur Buku Bacaan Anak Di Komunitas Wadas Kelir Purwokerto (Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebahasaan), tanggal 6-7 November 2019. Semarang: Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, Ni Gusti Ayu Made Yeni. (2019). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2).

Majid, Abdul Aziz Abdul. (2013). Mendidik Dengan Cerita. Bandung: Rosdakarya Offset.

Mardliyah, Sjafiatul, Hotman Siahaan, and Tuti Budirahayu. (2020). Pengembangan Literasi Dini Melalui Kerjasama Keluarga Dan Sekolah Di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 892–899.

Latifah, Atik. (2019). Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca, VI (2) , 141-155.

Saepudin, Encang, Sukaesih Sukaesih, and Agus Rusmana. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5 (1), 1–12.

Samiaji, Mukhamad Hamid, Imam Hidayat, and Safinatun Najah. (2021). Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5 (2), 184-192.

Sari, Dianti Yunia. (2017). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2).

Suwandi, Sarwiji. (2019). Pendidikan LiterasiNo Title. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Haerudin, Dodi Ahmad. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Melengkapi Huruf Menjadi Kata. Jurnal Pelita PAUD, 167-174.

Wigati, Mukti, dan Novan Ardy Wiyani. (2020). Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 43.

Yansyah, Yansyah, Jamiatul Hamidah, and Lita Ariani. (2021). Pengembangan Big Book Story Telling Dwibahasa Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (3), 1449–1460.

Yunus, Syarif. (2020). Budaya Literasi Masyarakat Indonesia Rendah, Inilah 6 Dampak Mengenaskan. Diakses tanggal 12 Maret 2020. https://kumparan.com/syarif-yunus/budaya-literasi-masyarakat-indonesia-rendah-inilah-6-dampak-mengenaskan-1tTiZc5cDeT.

Published
2021-12-23
Abstract viewed = 508 times
pdf downloaded = 310 times