Pemahaman Mahasiswa PG-PAUD Semester III Terhadap Kemampuan Menggunakan Aplikasi Blanded Learning dalam Perkuliahan

  • Suharni Universitas Lancang Kuning
  • Sean Marta Efastri Universitas Lancang Kuning
  • Azlin Atika Putri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa PG-PAUD semester III dalam penggunaan aplikasi Blanded Learning. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan pemberian angket kepada mahasiswa sehingga peneliti mengetahui permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam penggunaan aplikasi Blanded Learning pada pembelajaran dimanapun mahasiswa berada. Diharapkan dengan penelitian ini dapat mengetahui pemahaman mahasiswa dalam menggunakan aplikasi Blanded Learning sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa pemahaman sebagian mahasiswa semester III terhadap kemampuan penggunaan aplikasi blanded learning rata-rata baik namun masih ada sebagian kecil yang mengalami kendala yaitu dalam menggunakan metode yang terdapat dalam aplikasi dan masih dibantu dalam mengakses fitur blanded learning sehingga mahasiswa harus tetap didampingi dan diarahkan dalam menggunakan aplikasi blanded learning. Dari hasil penelitian menunjukkan fitur blanded learning merupakan aplikasi yang efektif ketika tidak bertatap muka sehingga sangat membantu mahasiswa maupun dosen ketika tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran dikelas.

Keywords: Pemahaman, Media Pembelajaran, Blanded Learing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Collis, B., & Moonen, J. 2001. Flexible learning in a digital world. London: Kogan Page. distance learning: A technology perspective. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning. 8(1):37-48. Tersedia pada http://www. itdl.org/Journal/jan_11/Jan_11.pdf.

Graham, C. R. 2006. Blended learning systems. In C. J. Bonk & C. R. Graham, The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. Pfeiffer.

Grant Ramsay. 2001. Teaching and Learning With Information and Communication Technology: Succes Through a Whole School Approach. National Educational Computing Conference, July 25-27. Chicago.

Luik, P. 2006. Web based-learning or face-to-face teaching.Preferences of Estonian Students. Tersedia pada www.aare.edu.au/06pap/lui06159.pdf

Marczyk, G., DeMatteo, D., & Festinger, D. 2005. Essentials of research design and methodology. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sahin, M. 2010. Blended learning in vocational education: An experimental study. International Jl of Vocational Education, 2(6), 95-101.Tersedia pada http: //www. Academic journals.org/ijvte /PDF/pdf 2010/October/Sahin.pdf.

Shroff, R.,Vogel,D. 2010. An investigation on individual students’ perceptions of interest utilizing a Blended learning approach. International Jl. on E-Learning 9(2):279-294. Tersedia pada http://edlab.tc.columbia.edu/files/ 29282.pdf.

So, H.-J., & Bonk, C. J. 2010. Examining the roles of blended learning approaches in computer-supported collaborative learning (CSCL) environments: A delphi study. Educational Technology & Society, 13(3),189-200. Tersedia pada http:// www.ifets. info/journals/13_3/17.pdf.

Uzun, A., Senturk, A. 2010. Blending makes the difference: Comparison of blended and traditional instruction on students’ performance and attitudes in computer literacy. Contemporary Educational Technology,1(3), 196-207. Tersedia pada http://cedtech. net/articles/131.pdf.

Yaman, M., Graf, D. 2010.Evaluation of an international blended learning cooperation project in biology teacher education. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 9(2) 89-96. Tersedia pada http :// www. tojet. net/articles /9210. pdf

Yuen, H, K. 2011. Exploring teaching approaches in blended learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning 6(1),3-23. Tersedia pada http: // apsce. net / RPTEL /RPTEL 2011 MarIssue- Article1_(p3-p23)R1.pdf.

Zuvic, M., Roncevic, N., Nemcanin, D. 2011. Blended e-learning in higher education: Research on students’ perspective. Issues in Informing Science and Information Technology.4(8), 410-428. Tersedia pada iisit.org/Vol8 /IISITv8p409-429 Zuvic 247. pdf.

Published
2020-06-30
Abstract viewed = 222 times
pdf downloaded = 194 times