PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE) BERBASIS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKAMULYA

  • Ilma Sita Febrianti febrianti STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nunu Nurfirdaus STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dudung Abdu Salam STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa kelas V SDN 1 Sukamulya, dengan melalui pengembangan model pembelajaran Radec berbasis Games Tournament. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Developent). Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkakn rancangan produk baru. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan model pembelajaran radec yang mana sintaks dari model radec terdahulu dirubah menjadi sintaks terbaru dengan games tournament. Penulis menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation) yang mana terdapat lima langkah atau tahapan. Produk yang dihasilkan yaitu keterbaruan sintaks dari model pembelajaran radec berbasis games tournament. Produk ini, diiplementasikan  kepada siswa kelas V SDN 1 Sukamulya yang berjumlah 21 siswa, 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Setelah penerapan terdapat hasil sebelum dan sesudah penerpan yang mana hasilnya menunjukan bahwa kemampuan kolaborasi siswa pada hasil Preetest memiliki rata-rata (mean) sebesar 8,38 dan pada hasil preetest memiliki nilai rata-rata atau (mean) sebesar 11,14 setelah diberikan perlakuan (treatment) dan hasil dari (2-tailed) dengan nilai 0,000. Maka dari itu, apabila nilai signifikansi lebih kecil dari rumus dasar pengambilan keputusan (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh dan terdapat peningkatan.

Keywords: Model, Pembelajaran, Kolaborasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bate’e, A. K., Derana Laoli, J., Rasti, D. S., & Wijaya Lase, I. (2023). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. C.E.S.2023 Confrence Of Elementary Studies, 48.

Febriana, R. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN. In EVALUASI PEMBELAJARAN (p. 142). Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Evaluasi_Pembelajaran/moM_EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Febririzkyani. (2023). Identifikasi pendekatan saintifik pada pembelajaran kimia secara daring. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fitrianingsih, R., & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 3.

Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Setiawan, D., & Suhendra, I. (2019). Dampak Perlakuan Model Pembelajaran Radec Bagi Calon Guru Terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 89. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857

Haryanti, W., Adisel, A., Syafir, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Media Dua Dimensi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 162. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2808

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). MODEL ADDIE ( ANALYSIS , DESIGN , DEVELOPMENT , IMPLEMENTATION AND EVALUATION ) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADDIE ( ANALYSIS , DESIGN , DEVELOPMENT , IMPLEMENTATION AND EVALUATION ) MODEL IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31–33. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jipai/article/download/11042/pdf

Kasih, F., Suryadi, & Triyono. (2021). Kolaborasi pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar pada masa new normal. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5252 PENDAHULUAN

Kholifah, U., Nurulita, I., & Ikhtiari, P. (2022). Implementasi Aplikasi Kontrol Progres Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Kolaborasi. Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 4(2), 51. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/inajet.v4n2.p50-55

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika Dan Aplikasi Decartesian, 7(1), 45. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Mulyoto. (2018). EMPIRISME. In EMPIRISME (p. 54). https://www.google.co.id/books/edition/Jurnal_Pendidikan_Empirisme/2y6DDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview

Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK PRILAKU SOSIAL SISWA. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5 No.2b, 897. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219

Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2020). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 2020: Seminar Daring Internasional Riksa Bahasa XIV, 251. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1354/1231

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI DAN PRAKTEK. In Rokhmawan (Ed.), PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI DAN PRAKTEK (1st ed., p. 40). https://www.google.co.id/books/edition/PENELITIAN_PENGEMBANGAN_MODEL_ADDIE_DAN/pJHcDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Regina, D. A. (2020). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. In D. A. Regina (Ed.), Belajar dan Pembelajaran. Guepedia. https://www.google.co.id/books/edition/BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN/3KJKEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+adalah&printsec=frontcover

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA,cv.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (Sutopo (ed.); Cetakan ke). ALFABETA.

Sugiyono. (2022). MOTODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALTATIF, DAN R&D (26th ed.). Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Published
2024-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 51 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 80 times