Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Pecahan Peserta Kelas V Sekolah Dasar

  • Lintang Kusumawardani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus
  • Silvia Berliana Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis berbasis persoalan di peserta didik SD kelas V menggunakan materi pecahan di SD N Mlatiharjo 2. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui taraf kemampuan permasalahan penalaran matematis peserta didik pada pembelajaran matematika ada 36 peserta didik dan kami menggunakan 2 peserta didik yang dijadikan informan pada pilih berdasarkan kriteria yang memiliki kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah dengan menyampaikan soal penalaran matematis lalu di analisis .hasil dan jawaban yang dikerjakan oleh beberapa peserta didik, berasal soal yang telah dikerjakan 2 peserta didik kelas V diperoleh akibat dengan kreteria kemampuan tinggi diperoleh 1 peserta didik serta kemampuan rendah diperoleh 1 peserta didik, Metode yang digunakan merupakan metode kualitatif melalui partisipasi siswa kelas V SD N Mlatiharjo 2. Data dikumpulkan melalui tes penalaran matematis dan dianalisis untuk menginterprestasikan pemahaman materi dan implikasi terhadap pembelajaran matematika peserta didik. Penelitian ini menyajikan informasi krusial bagi pengembangan pembelajaran matematika peserta didik SD Kelas V dan memberikan rekomendasi untuk memperkuat kemampuan penalaran matematika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Riswari, Lovika Ardana dan Diana Ermawati.(2022). Penalaran Pemecahan Masalah Matematis. Kudus : Badan penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 233-242.

Astiana, Y., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 54-59.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17.

U Atiyah, M Mawardi, N Hasan (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Online Learning System SD Negeri Kutabumi II. YASIN, ejournal.yasin-alsys.org, cited by 2 (1.00 per year)

L Leonard. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Penalaran pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, ejournal.upi.edu.

Napitupulu, S. (2023). Analisis Soal Cerita Materi Pecahan dalam Buku Matematika Kelas V SD Menurut Newman. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 122-128.

ELISKA, V. I. (2023). ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SD NEGERI 5 METRO UTARA.

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36.

Diana, W. N., Sukamto, S., & Rahmawati, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESULITAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 3 KALIREJO KABUPATEN KENDAL. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(2).

Ode, R. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Pecahan BerdasarkanTaksonomi Bloom dan Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Negeri Rappocini. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 172-183.

Haji, S. (2013). Pendekatan iceberg dalam pembelajaran pembagian pecahan di sekolah dasar. Infinity Journal, 2(1), 75-84.

Halimah, I. N. (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas Iv Sdn 5 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/2013.

Kusumaningtyas, W. K. Wardono, & Sugiarto (2012). Penerapan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Alat Peraga Materi Pecahan. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).

Riswari, Lovika Ardana dan Diana Ermawati.(2022). Penalaran Pemecahan Masalah Matematis. Kudus : Badan penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 233-242.

Astiana, Y., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 54-59.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17.

U Atiyah, M Mawardi, N Hasan (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Online Learning System SD Negeri Kutabumi II. YASIN, ejournal.yasin-alsys.org, cited by 2 (1.00 per year)

L Leonard. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Penalaran pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, ejournal.upi.edu.

Napitupulu, S. (2023). Analisis Soal Cerita Materi Pecahan dalam Buku Matematika Kelas V SD Menurut Newman. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 122-128.

ELISKA, V. I. (2023). ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SD NEGERI 5 METRO UTARA.

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36.

Diana, W. N., Sukamto, S., & Rahmawati, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESULITAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 3 KALIREJO KABUPATEN KENDAL. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(2).

Ode, R. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Pecahan BerdasarkanTaksonomi Bloom dan Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Negeri Rappocini. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 172-183.

Haji, S. (2013). Pendekatan iceberg dalam pembelajaran pembagian pecahan di sekolah dasar. Infinity Journal, 2(1), 75-84.

Halimah, I. N. (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas Iv Sdn 5 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/2013.

Kusumaningtyas, W. K. Wardono, & Sugiarto (2012). Penerapan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Alat Peraga Materi Pecahan. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).

Riswari, Lovika Ardana dan Diana Ermawati.(2022). Penalaran Pemecahan Masalah Matematis. Kudus : Badan penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 233-242.

Astiana, Y., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 54-59.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17.

U Atiyah, M Mawardi, N Hasan (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Online Learning System SD Negeri Kutabumi II. YASIN, ejournal.yasin-alsys.org, cited by 2 (1.00 per year)

L Leonard. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Penalaran pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, ejournal.upi.edu.

Napitupulu, S. (2023). Analisis Soal Cerita Materi Pecahan dalam Buku Matematika Kelas V SD Menurut Newman. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 122-128.

ELISKA, V. I. (2023). ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SD NEGERI 5 METRO UTARA.

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36.

Diana, W. N., Sukamto, S., & Rahmawati, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESULITAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 3 KALIREJO KABUPATEN KENDAL. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(2).

Ode, R. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Pecahan BerdasarkanTaksonomi Bloom dan Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Negeri Rappocini. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 172-183.

Haji, S. (2013). Pendekatan iceberg dalam pembelajaran pembagian pecahan di sekolah dasar. Infinity Journal, 2(1), 75-84.

Halimah, I. N. (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas Iv Sdn 5 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/2013.

Kusumaningtyas, W. K. Wardono, & Sugiarto (2012). Penerapan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Alat Peraga Materi Pecahan. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).

Riswari, Lovika Ardana dan Diana Ermawati.(2022). Penalaran Pemecahan Masalah Matematis. Kudus : Badan penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 233-242.

Astiana, Y., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 54-59.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17.

U Atiyah, M Mawardi, N Hasan (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Online Learning System SD Negeri Kutabumi II. YASIN, ejournal.yasin-alsys.org, cited by 2 (1.00 per year)

L Leonard. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Penalaran pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, ejournal.upi.edu.

Napitupulu, S. (2023). Analisis Soal Cerita Materi Pecahan dalam Buku Matematika Kelas V SD Menurut Newman. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 122-128.

ELISKA, V. I. (2023). ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SD NEGERI 5 METRO UTARA.

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36.

Diana, W. N., Sukamto, S., & Rahmawati, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESULITAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 3 KALIREJO KABUPATEN KENDAL. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(2).

Ode, R. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Pecahan BerdasarkanTaksonomi Bloom dan Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Negeri Rappocini. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 172-183.

Haji, S. (2013). Pendekatan iceberg dalam pembelajaran pembagian pecahan di sekolah dasar. Infinity Journal, 2(1), 75-84.

Halimah, I. N. (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas Iv Sdn 5 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/2013.

Kusumaningtyas, W. K. Wardono, & Sugiarto (2012). Penerapan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Alat Peraga Materi Pecahan. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).

Published
2024-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 73 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 160 times