MERDEKA BELAJAR DALAM KONTEKS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA RESPON TERHADAP REGULASI BARU MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

  • Devi Kusumawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini didasari kemandirian belajar siswa perlu ditingkatkan dikaitkan dengan adanya peraturan baru mengenai merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskripsikan tentang merdeka belajar dalam konteks kemandirian belajar siswa (respon terhadap regulasi baru menteri pendidikan dan kebudayaan di SD Negeri 3 Luragunglandeuh). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Luragunglandeuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa merdeka belajar di sekolah SDN 3 Luragunglandeuh dalam tataran nya sudah berjalan namun masih belum sepenuhnya kearah nuansa merdeka belajar. Diperlukan waktu yang cukup serta kesabaran dalam memfasilitasi, agar anak mampu untuk mengenali potensinya. Kemandirian belajar siswa pun dalam proses pembelajaran masih jauh dari harapan sebagian masih bergantung pada temannya khususnya di kelas IV. Namun, dapat dilihat dari kesehariannya siswa menerapkan kemandiriannya dikehidupan sehari-hari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, Pramana Nanda. 2016. Buku Super Lengkap Evaluasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Kurnia Bagus, dkk. 2020. Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian. Surabaya: Unesa University Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alpabeta. CV
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALPABETA
Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Walidin, dkk. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press
Bachtiar, Israwati, Rafika. 2017. Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1): 115-123
Dasopang DM, Pane Aprida. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2): 333-352
Hendri, Nofri. 2020. Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech. 8(1): 1-29
Mahdi, Asfiati. 2020. Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. Journal Of Islamic Early Childhood Education. 3(1): 59-69
Rahmat, Saeful. 2009. Penelitian Kualitatif. Equilibrium. 5(9): 1-8
Suminarsih, dkk. 2019. Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Talak I dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Penelitian Pendidikan. 6(2): 51-59
Syahputra, Dedi. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth. 11(2): 368-388
Tursinawati, dkk. 2017. Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri I Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 1(5): 70-81
Vitoria, Israwati, Wina. 2017. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Lesson Study di Kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1): 185-192
Ayu, Eka Rahma. 2017. ”Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X MAN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi Mahasiswa Universitas Lampung
Bunandar SE, Ade. 2016. “Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X Mas Al-Mutaqim Kubu Raya”. Skripsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak
Salima, Hafsah. 2019. ”Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SDI Al-Azhar 17 Bintaro”. Skripsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Published
2021-02-26
Section
Articles
Abstract viewed = 589 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1593 times