PENGGUNAAN ALAT PERAGA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

  • Ade Riki STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dalam dua siklus. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan pada siswa kelas III SDN 2 Luragunglandeuh Kecamatan Luragung semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian pada tanggal 14 Maret 2020 untuk siklus pertama sedangkan pada tanggal 30 Maret 2020 adalah pelaksanaan siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian penerapan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 2 Luragunglandeuh Kecamatan Luragung tahun ajaran 2019/2020. Keberhasilan ini disebabkan oleh adanya penggunaan alat peraga yang diterapkan saat proses pembelajaran sehingga aktivitas siswa dalam belajar menjadi lebih aktif. Pada kegiatan pembelajaran siklus satu untuk aktivitas siswa 64,7% sudah di atas KKM sedangkan 35,3% masih di bawah KKM. Sedangkan pada kegiatan pembelajaran siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas siswa, untuk aktivitas siswa meningkat 100% telah mencapai di atas KKM yang berarti masuk dalam kategori sempurna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.
Arliasman. (2018). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains,dan Humaniora , Hal. 859-866.
Fitrah. (2019). Mengembangkan Hasil Belajar Matematika dengan media alat peraga untuk siswa kelas III. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah .
Hariskah. (2016). PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora .
Sinyanyuri, S. (2018). Praja Muda Karana Tema 8 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: PT Thursina Mediana Utama.
Subroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Putra.
Sumanto. (2008). Gemar Matematika 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Syafrion. (2018). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN MEDIA PEMBELAJARAN. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora .
Waryuni, H. (2015). Bina Prestasi Kelas III. Solo: CV Larasukma.
Wasni. (2018). Penggunaan Alat Peraga dan Media Gambar. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains,dan Humaniora , Hal. 883-888.
Published
2020-09-21
Section
Articles
Abstract viewed = 208 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 255 times