PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Silviana Universitas Tanjungpura
  • Yulis Jamiah Universitas Tanjungpura
  • Bistari Universitas Tanjungpura
  • Sugiatno Universitas Tanjungpura
  • Revi Lestari Pasaribu Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, untuk menganalisis perubahan kemampuan siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi TTW. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas X di SMKN 2 Pontianak yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pemilihan sampel ini didasarkan pada pertimbangan tertentu yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan instrumen yang telah valid dan reliabel. Tes ini diberikan dua kali, yaitu pretest dan posttest penerapan strategi TTW dalam pembelajaran materi barisan dan deret aritmatika. Teknik analisis data penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, paired sample T-Test, dan uji N-Gain dengan menggunakan SPSS dan excel pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi TTW secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data menunjukkan rata-rata skor posttest meningkat dari kategori rendah menjadi sedang setelah penerapan strategi. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa strategi TTW efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam konteks matematika, khususnya pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa strategi TTW merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Strategi TTW direkomendasikan bagi guru matematika karena dapat memperkuat kemampuan berpikir kritis siswa, mengembangkan pemahaman konsep matematika, dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kompleks.

Keywords: Strategi Think Talk Write, Keterampilan berpikir kritis matematis, Barisan dan Deret Aritmatika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematika siswa: Studi pada siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 65–74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143

Aini, N. R. (2020). Desain penelitian mixed method (metodologi penelitian). ResearchGate. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12586.03524

Amir, A. (2019). Penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika (Studi kasus di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanuli Selatan). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 7(1), 41. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1663

Ansari, Bansu I dan Martinis Yamin (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press Group.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 2007(1), 1-23.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Iskandar, Nehru, & Riantoni, C. (2021). Metode penelitian campuran: Konsep, prosedur dan contoh penerapan. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Nasrulloh, M. F., & Umardiyah, F. (2020). Efektivitas strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.18269/mercumatika.v5i1.1322

Nuroniyah, A., Kosasih, U., Saputra, S., & Nusantara, U. I. (2022). Analisis terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran logaritma melalui permainan pembelajaran Tic-Tac-Log. Jurnal Dimensi Matematika, 5(1), 435–443.

Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Purwanto, A. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas untuk penelitian ekonomi syariah. Dalam A. Saifudin (Ed.), Staiapress (Cetakan pertama, Vol. 13, Issue 1).

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M.A.(2020). Metode penelitian pendidikan: Penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas. Dalam E. Munastiwi & H. Ardi (Eds.), Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Saleh, S.(2017). Analisis data kualitatif. Dalam H.Upu (Ed.), Pustaka Ramadha (Cetakan pertama). Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sani, L.(2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP.Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 1–18.

Schleicher, A.(2019). PISA 2018: Insights and interpretations.Japanese Journal of Anesthesiology, 24(1), 12–17.

Simanjuntak, R.(2012). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan Think-Talk-Write (TTW) berbantuan garis bilangan 2011/2012.Nucl Phys., 13(1), 104–116.

Sitoyo, S., & Sodik, M.A.(2015). Dasar metodologi penelitian.Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Wulandari,M.,& Setiawan,W.(2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan pada siswa SMA.Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif,4(3),571–578.http://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.

Published
2024-11-26
How to Cite
Silviana, Yulis Jamiah, Bistari, Sugiatno, & Revi Lestari Pasaribu. (2024). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 99-111. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4241
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 2 times