PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

  • Riski Yusri Farmansyah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang
  • Zulfah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang
  • Kasman Edi Putra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi matematis peserta didik kelas 2 SMPN 2 Bangkinang. Penelitian Quasi VIII A menggunakan desain Nonequivalent control group design dilakukan. Peserta penelitian ini melibatkan seluruh anak didik kelas 2 SMPN 2 Bangkinang dalam tahun ajaran 2022/2023. Peserta penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII Adan kelas VIII B. Setelah menganalisis data dengan uji t, ditemukan bahwa nilai thitung adalah 5,328. Sementara, angka ditabel sig5% adalah 0.833. Tentunya nilai t hitung lebih tinggi dari nilai t tabel karena 5,333, p lebih besar daripada 0.833. Karenanya, hipotesis nol telah ditolak dan hipotesis alternatif telah diterima. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematisanak didik di kelas VIII SMPN 2 Bangkinang dibanding kegiatan belajar biasanya.

Keywords: Tipe Pair Check, Kemampuan Komunikasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armiati.2009. Komunikasi Matematis Dan Kecerdasan Emosional. Http://Eprints.Uny.Ac.Id/7030/1/P16-Armiati.Pdf (Diakses Pada Tanggal 28 Desember 2020).
Chotimah, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Kota Bandung Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations Pada Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Didaktik, 9(1), 26–32.
Hervina, Tri Arisma. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checkpada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Lestari, Karunia Eka, & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. (P. D. H. M. W. Zarkasyi, Ed.) (2015th Ed.).Karawang: -. Https://Doi.Org/-
Ni Luh Widiani (2021) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”, Vol. 5, No. 2, Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jear/Index
Margono. (2010). Metodologi Peneletian Pendidikan : Komponen Mkdk / S. Margono. (R. Cipta, Ed.). Jakarta: Jakarta : Rineka Cipta , 2005.
Rinaldi, A., Novalia, & Syazali, M. (2022). Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Bogor: Pt Penerbit Ipb Press
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Salsabila, Yoli, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik, Vol 7, No.2,9599, Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Students/Index.Php/Pmat/Article/Vie W/5594.
Published
2024-11-30
How to Cite
Riski Yusri Farmansyah, Zulfah, & Kasman Edi Putra. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 169-180. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4238
Abstract viewed = 16 times
PDF downloaded = 4 times