PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi matematis peserta didik kelas 2 SMPN 2 Bangkinang. Penelitian Quasi VIII A menggunakan desain Nonequivalent control group design dilakukan. Peserta penelitian ini melibatkan seluruh anak didik kelas 2 SMPN 2 Bangkinang dalam tahun ajaran 2022/2023. Peserta penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII Adan kelas VIII B. Setelah menganalisis data dengan uji t, ditemukan bahwa nilai thitung adalah 5,328. Sementara, angka ditabel sig5% adalah 0.833. Tentunya nilai t hitung lebih tinggi dari nilai t tabel karena 5,333, p lebih besar daripada 0.833. Karenanya, hipotesis nol telah ditolak dan hipotesis alternatif telah diterima. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematisanak didik di kelas VIII SMPN 2 Bangkinang dibanding kegiatan belajar biasanya.
Downloads
References
Chotimah, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Kota Bandung Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations Pada Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Didaktik, 9(1), 26–32.
Hervina, Tri Arisma. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checkpada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Lestari, Karunia Eka, & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. (P. D. H. M. W. Zarkasyi, Ed.) (2015th Ed.).Karawang: -. Https://Doi.Org/-
Ni Luh Widiani (2021) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”, Vol. 5, No. 2, Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jear/Index
Margono. (2010). Metodologi Peneletian Pendidikan : Komponen Mkdk / S. Margono. (R. Cipta, Ed.). Jakarta: Jakarta : Rineka Cipta , 2005.
Rinaldi, A., Novalia, & Syazali, M. (2022). Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Bogor: Pt Penerbit Ipb Press
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Salsabila, Yoli, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik, Vol 7, No.2,9599, Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Students/Index.Php/Pmat/Article/Vie W/5594.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.