PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Pendekatan pembelajaran yang bersifat lugas dapat mengakibatkan pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 2 Gebog kurang memadai. Evaluasi awal pemahaman konsep menunjukkan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 43,03. Riset ini bertujuan untuk (1) menganalisis variasi pemahaman konsep matematika siswa mengenai pengetahuannya sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi media video etnomatematika, (2) mengevaluasi apakah rata-rata pemahaman konsep matematika siswa cukup baik. yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melebihi yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video etnomatematika. Pembelajaran berbasis masalah melibatkan penyajian kepada siswa beragam skenario masalah yang otentik dan signifikan yang berfungsi sebagai landasan untuk riset dan penyelidikan mereka. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Riset ini dilaksanakan di kelas VII F dan VII I SMP Negeri 2 Gebog. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kemiripan rata-rata, serta analisis akhir meliputi uji satu sampel, uji t sampel independen, uji t sampel berpasangan, dan analisis N-Gain. Hasil riset menunjukkan bahwa: (1) Terdapat variasi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari pengetahuan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi media video etnomatematika. (2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih unggul bila menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. (3) Terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi dengan media video etnomatematika.
Downloads
References
Ambarwati, D., dan Kurniasih, M. D. 2021. Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia, 5(3): 2857-2868. Tersedia di: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829. Diakses Desember 2023.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. 2021. Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. Ariyani et al. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Andhini, D.P., Wanabuliandari. S., & Purwaningrum, J.P. 2023. Pengaruh model problem-based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2);889.
Binjai, S. B. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salapian Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1): 53-58. Tersedia di: https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.154.
Corebima, M. A. Y., Garak, S. S., dan Samo, D. D. 2020. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 56-65. Tersedia di: https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569.
Kamid., Anggereini, Evita,. & Muhtadin. 2018. Penerapan Model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika ditujau dari multiple intelligences siswa. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(2); 193-194.
Layliyyah, R., dan Wisudaningsih, E. T. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4): 345-351. 64 Tersedia di : https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5231.
Masruroh, Siti Habibatul. 2022. Pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education terhdap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTs Bustanul Ulum panti Jember tahun pelajaran 2021/2022. (skripi, a Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember).
Ramadhani. D. P., & Dona. D. P.. 2016. Pengaruh pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Ajabar: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. 2021. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
UU Sisdiknas No . 20 Tahun 2003.
Wahyuni, S. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2): 151-165. Tersedia di: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i2.5043.
Widiasworo. 2018. Problem based learning terhadap prestasi belajar. Belajar Mengambdi Surakarta, 4(pendidikan), 149–150.
Widiyatmoko, F. dan. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.