PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

  • Dian Maharani Universitas Muria Kudus
  • Henry Suryo Bintoro Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang bersifat lugas dapat mengakibatkan pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 2 Gebog kurang memadai. Evaluasi awal pemahaman konsep menunjukkan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 43,03. Riset ini bertujuan untuk (1) menganalisis variasi pemahaman konsep matematika siswa mengenai pengetahuannya sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi media video etnomatematika, (2) mengevaluasi apakah rata-rata pemahaman konsep matematika siswa cukup baik. yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melebihi yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video etnomatematika. Pembelajaran berbasis masalah melibatkan penyajian kepada siswa beragam skenario masalah yang otentik dan signifikan yang berfungsi sebagai landasan untuk riset dan penyelidikan mereka. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Riset ini dilaksanakan di kelas VII F dan VII I SMP Negeri 2 Gebog. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kemiripan rata-rata, serta analisis akhir meliputi uji satu sampel, uji t sampel independen, uji t sampel berpasangan, dan analisis N-Gain. Hasil riset menunjukkan bahwa: (1) Terdapat variasi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari pengetahuan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi media video etnomatematika. (2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih unggul bila menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. (3) Terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi dengan media video etnomatematika.

Keywords: Problem Based Learning, Video Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep

Downloads

Download data is not yet available.

References

ABI, F. P.. 2016. Semakin Dekat dengan Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta: Deepublish - CV Budi Utama.
Ambarwati, D., dan Kurniasih, M. D. 2021. Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia, 5(3): 2857-2868. Tersedia di: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829. Diakses Desember 2023.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. 2021. Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. Ariyani et al. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Andhini, D.P., Wanabuliandari. S., & Purwaningrum, J.P. 2023. Pengaruh model problem-based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2);889.
Binjai, S. B. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salapian Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1): 53-58. Tersedia di: https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.154.
Corebima, M. A. Y., Garak, S. S., dan Samo, D. D. 2020. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 56-65. Tersedia di: https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569.
Kamid., Anggereini, Evita,. & Muhtadin. 2018. Penerapan Model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika ditujau dari multiple intelligences siswa. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(2); 193-194.
Layliyyah, R., dan Wisudaningsih, E. T. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4): 345-351. 64 Tersedia di : https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5231.
Masruroh, Siti Habibatul. 2022. Pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education terhdap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTs Bustanul Ulum panti Jember tahun pelajaran 2021/2022. (skripi, a Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember).
Ramadhani. D. P., & Dona. D. P.. 2016. Pengaruh pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Ajabar: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. 2021. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
UU Sisdiknas No . 20 Tahun 2003.
Wahyuni, S. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2): 151-165. Tersedia di: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i2.5043.
Widiasworo. 2018. Problem based learning terhadap prestasi belajar. Belajar Mengambdi Surakarta, 4(pendidikan), 149–150.
Widiyatmoko, F. dan. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2.
Published
2024-11-30
How to Cite
Dian Maharani, Henry Suryo Bintoro, & Jayanti Putri Purwaningrum. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4232
Abstract viewed = 6 times