PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

  • Dian Purnamasari Universitas Indraprasta PGRI
  • Supardi U.S. Universitas Indraprasta PGRI
  • Yesi Ismawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurul Arfinanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur'Afianti Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran aritmetika sosial yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Modul ini dapat memenuhi standar validitas dan kepraktisan sebagai media pembelajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penilaian terhadap modul melibatkan lima ahli sebagai subjek uji coba untuk mengevaluasi validitasnya. Sementara itu, uji lapangan dilaksanakan pada siswa kelas VII A di MTsN 5 Sleman untuk menilai kepraktisan modul dalam penggunaan nyata. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yang berfokus pada evaluasi aspek-aspek yang terkait dengan validitas dan kepraktisan modul. Berdasarkan hasil penilaian para ahli, modul tersebut dinilai valid dengan nilai rata-rata keseluruhan 194,6 dan persentase keidealan 90,51% yang tergolong dalam kategori "sangat baik". Uji kepraktisan melalui angket siswa juga menyatakan hasil positif, yakni rata-rata nilai 70,93 dan persentase keidealan mencapai 80,61%, yang juga masuk dalam kategori "sangat baik". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran aritmetika sosial yang terintegrasi nilai keislaman dan menggunakan pendekatan RME telah memenuhi kriteria ketercapaian yang diharapkan, baik dari segi validitas maupun kepraktisan, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Keywords: Integrasi Nilai Keislaman, Modul Pembelajaran, Kemampuan Penalaran Matematis, RME

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Amir, Z., & Risnawati. (2015). PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (I). Aswaja Pressindo.

Andani, L. N., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Rebana Sebagai Media Pembelajaran dalam Konsep Luas Lingkaran dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Polynom : Journal in Mathematics Education, 1(1), 8.

Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Unsika: Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 1(1), 824–828.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (IV). Pustaka Pelajar.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Fadhlun. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. IAIN Raden Intan Lampung.

Fahrurozi, Hayati, N., & Rohmi, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Pokok Bilangan Bulat dan Pecahan. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 124–132. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2648

Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan.

Nu’man, M. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS INTEGRASI- INTERKONEKSI UNTUK MEMFASILITASI PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH. 4(2), 12.

OECD. (2019). PISA 2018 results. Oecd.Org. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Özdemir, B. G. (2017). MATHEMATICAL PRACTICES IN A LEARNING ENVIRONMENT DESIGNED BY REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION: TEACHING EXPERIMENT ABOUT CONE AND PYRAMID. European Journal of Education Studies, 3(5), 405431. https://doi.org/10.5281/zenodo.54659

Resi, B. B. F. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 [Universitas Sanata Dharma]. http://repository.usd.ac.id/31270/2/161442023_full.pdf

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Sukiman. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (I). Pustaka Insan Madani.

Suparni. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2). https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11427

Victoria, R. I. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientificberbasis Realistic Mathematics Education (RME)Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 4(2), 49–55. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v4i2.987

Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Jurnal Equation, 3, 15.

Published
2024-11-26
How to Cite
Dian Purnamasari, Supardi U.S., Yesi Ismawati, Nurul Arfinanti, & Nur’Afianti. (2024). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 112-125. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4228
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 10 times