PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran aritmetika sosial yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Modul ini dapat memenuhi standar validitas dan kepraktisan sebagai media pembelajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penilaian terhadap modul melibatkan lima ahli sebagai subjek uji coba untuk mengevaluasi validitasnya. Sementara itu, uji lapangan dilaksanakan pada siswa kelas VII A di MTsN 5 Sleman untuk menilai kepraktisan modul dalam penggunaan nyata. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yang berfokus pada evaluasi aspek-aspek yang terkait dengan validitas dan kepraktisan modul. Berdasarkan hasil penilaian para ahli, modul tersebut dinilai valid dengan nilai rata-rata keseluruhan 194,6 dan persentase keidealan 90,51% yang tergolong dalam kategori "sangat baik". Uji kepraktisan melalui angket siswa juga menyatakan hasil positif, yakni rata-rata nilai 70,93 dan persentase keidealan mencapai 80,61%, yang juga masuk dalam kategori "sangat baik". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran aritmetika sosial yang terintegrasi nilai keislaman dan menggunakan pendekatan RME telah memenuhi kriteria ketercapaian yang diharapkan, baik dari segi validitas maupun kepraktisan, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Amir, Z., & Risnawati. (2015). PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (I). Aswaja Pressindo.
Andani, L. N., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Rebana Sebagai Media Pembelajaran dalam Konsep Luas Lingkaran dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Polynom : Journal in Mathematics Education, 1(1), 8.
Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Unsika: Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 1(1), 824–828.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (IV). Pustaka Pelajar.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.
Fadhlun. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. IAIN Raden Intan Lampung.
Fahrurozi, Hayati, N., & Rohmi, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Pokok Bilangan Bulat dan Pecahan. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 124–132. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2648
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan.
Nu’man, M. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS INTEGRASI- INTERKONEKSI UNTUK MEMFASILITASI PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH. 4(2), 12.
OECD. (2019). PISA 2018 results. Oecd.Org. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Özdemir, B. G. (2017). MATHEMATICAL PRACTICES IN A LEARNING ENVIRONMENT DESIGNED BY REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION: TEACHING EXPERIMENT ABOUT CONE AND PYRAMID. European Journal of Education Studies, 3(5), 405431. https://doi.org/10.5281/zenodo.54659
Resi, B. B. F. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 [Universitas Sanata Dharma]. http://repository.usd.ac.id/31270/2/161442023_full.pdf
Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255
Sukiman. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (I). Pustaka Insan Madani.
Suparni. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2). https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11427
Victoria, R. I. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientificberbasis Realistic Mathematics Education (RME)Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 4(2), 49–55. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v4i2.987
Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Jurnal Equation, 3, 15.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.