ANALISIS KUALITAS SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan mengevaluasi kualitas butir-butir soal dengan mempertimbangkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, tingkat daya pembeda, serta efektivitas pengecohnya. Selain itu, penelitian ini juga memaparkan dan menguraikan pemetaan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan yang didasarkan pada taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini menggunakan metodologi campuran (mixed methods) yang mengintegrasikan teknik kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi 218 lembar jawaban siswa serta butir-butir soal matematika dari Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2022-2023 di SMPN 5 Pontianak. Untuk menentukan jumlah sampel yang representatif dari populasi tersebut, peneliti mengumpulkan 141 lembar jawaban siswa dengan menerapkan rumus Slovin. Pedoman penilaian dan tabel yang berisi klasifikasi butir-butir pertanyaan yang dipetakan ke dalam pemetaan ranah kognitif merupakan instrumen yang digunakan. Teknik analisis data dilakukan secara bertahap, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa soal-soal yang digunakan memiliki tingkat validitas yang cukup baik, reliabilitas yang baik, dan sebagian besar memiliki tingkat kesulitan sedang. Soal-soal juga mampu membedakan siswa dengan kemampuan yang berbeda, serta memiliki tingkat efektivitas pengecoh yang baik. Namun, pada aspek proses kognitif belum dipetakan secara proporsional. Soal hanya memetakan tingkatan C1, C2, dan C3. Dengan demikian, kemampuan proses kognitif tingkat tinggi belum dapat diukur dengan soal-soal tersebut. Pemetaan tingkat dimensi pengetahuan telah memuat secara proporsional.
Downloads
References
Ahmad, N. (2015). Buku Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena.
Arbiatin, E., & Mulabbiyah. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PGMI, 12(2), 146-171. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i2.2627
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Astuti, M. (2022). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Azizah, N., Hanifah, & Sumardi, H. (2021). Analisis Kualitas Dan Tingkat Kognitif Soal Matematika Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Kelas IX di SMPN 10 Kota Bengkulu Tahun 2020/2021. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(2). https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7936
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Giani, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 66, 37-39.
Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Journal of Islamic Education, 1(1), 11-17.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herawati, N. (2021). Kemampuan Guru Dalam Membuat Soal HOTS Dalam Ujian Tengah Semester. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1689–1694.
Himmah, W. I. (2019). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 55. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698
Iskandar, Nehru, & Riantoni, C. (2021). Metode Penelitian Campuran. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan penilaian pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. Magetan: CV Ae Media Grafika.
Mansyur. (2015). Asesmen Pembelajaran Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nenty, H. J., Adedoyin, O. O., Odili, J. N., & Major, T. E. (2007). Primary Teachers’ Perceptions of Classroom Assessment Practices as Means of Providing Quality Primary/Basic Education in Botswana and Nigeria. Educational Research and Review, 2.
Nurrada, A. (2021). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIA SMA Di Kabupaten Kotawaringin Barat Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 47–55. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.121
Oktafiana, L., Holsin, I., & Mursyidah, H. (2020). Analisis Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Tingkat SMP. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 112–129. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.24
Oktavia, A. P. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Matematika pada Ujian Akhir Semester Gasal Berdasarkan Taksonomi Bloom Kelas VIII SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Pancor: Universitas Hamzanwadi Press.
Rurisfiani, Ramly, & Sultan. (2019). Level Berpikir Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 111–119. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i2.37
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sopiah, A., Sidauruk, S., & Asi, N. (2020). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIA SMA di Kabupaten Kota Waringin Barat Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(2), 110-126.
Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Subang: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukiman. (2017). Sistem Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Sunaga, E. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Melalui Workshop Di Madrasah Binaan Min 2 Simalungun. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru, 169–181.
Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. (2020). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA kelas XI program IPA dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.16049
Suryanto, A. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Tangerang: CV. Gerina Prima.
Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 203–217.
Wahyuni, S., & Dinisa Putri, N. (2020). Karakteristik Instrumen Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Di Smkn 1 Braja Selebah. Journal of Mathematics Education, 1(2), 126. https://doi.org/10.32332/linear.v1i2.2958
Waty, E. R. K. (2017). Menelaah Kualitas Soal Ujian Sekolah Buatan Guru Pada Pencapaian Kelulusan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 11–17.
Wulandari, A. R., & Pramusinto, H. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 366–378. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39000
Zainuddin. (2021). Pengembangan dan Evaluasi Pendidikan. Lombok: CV. Alliv Renteng Mandiri.
Zein, A., Fadillah, M., & Novianti, R. (2013). Hubungan Antara Validitas Butir, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas Xi SMA / MA Negeri Di Kota Padang Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Semirata 2013 FMIPA Unila, 2009, 39–47.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.