EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Melalui penggunaan kelas eksperimen teknik kinestetik visual auditori dan kelas kontrol metode pembelajaran langsung, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan keterampilan siswa dengan menggunakan dua pendekatan yang berbeda. Untuk mengumpulkan data primer untuk penelitian ini, 22 siswa dari kelas 9 C di SMP 8 Negeri Singkawang Utara diberikan posttest. Penelitian ini berbentuk eksperimen kuantitatif. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran VAK dengan pendekatan kontekstual sudah mencapai KKM dengan ketuntasan individual banyak siswa yang memperoleh nilai lebih dari 65 atau KKM dan ketuntasan klasikal memperoleh 77% dari 75% kriteria ketuntasan. nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,00 dan mencapai KKM dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 42. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dapat dilihat dari perbandingan kelas eksperimen dan kelas control dengan uji normalitas menghasilkan data yang normal dan uji homogenitas menghasilkan data yang homogen
Downloads
References
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2)
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Awal, R., & Sutriana, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) Berbasis Lingkungan terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMAN 13 Pekanbaru TA 2016/2017. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia
dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 101-110.
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18.
Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik menggunakan konteks permainan tradisional dengklaq untuk meningkatkan keterampilan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
Lestari, N. R. (2019). Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Lindquist, MM (1996). Komunikasi-Imperatif untuk Perubahan: Percakapan dengan Mary Lindquist. Dalam PC Elliot dan MJ Kenney (Eds). Komunikasi Buku Tahunan dalam Matematika K12 dan Seterusnya.
Lubis, R. A., Fitriani, N., & Sariningsih, R. (2023). Penerapan model discovery learning berbantuan E-LKPD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MA pada materi SPLTV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4).
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266-277.
Nurahman, I. (2011). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Pasundan Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (1).
Prayitno, S. dkk. 2013.“Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika”. ISBN (pp. 978-979).
Rahmawati, S. (2011). Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Skripsi S-1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak dipublikasikan.
Rasyid, MA (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Studi Pendidikan , 5 (1), 77-86.
Setiawan, A. S., & Alimah, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran visual auditory kinesthetic (VAK) terhadap keaktifan siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 81-90.
Siswono, TYE (2008). Mempromosikan kreativitas dalam pembelajaran matematika menggunakan masalah open-ended. Dalam The 3 International Conference on Mathematics and Statistics (ICoMS-3) Institut Pertanian Bogor, Indonesia (pp. 5-6).
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.