EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

  • Uray Putri Wulandari ISBI Singkawang
  • Rosmayadi ISBI Singkawang
  • Mariyam ISBI Singkawang

Abstract

Melalui penggunaan kelas eksperimen teknik kinestetik visual auditori dan kelas kontrol metode pembelajaran langsung, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan keterampilan siswa dengan menggunakan dua pendekatan yang berbeda. Untuk mengumpulkan data primer untuk penelitian ini, 22 siswa dari kelas 9 C di SMP 8 Negeri Singkawang Utara diberikan posttest. Penelitian ini berbentuk eksperimen kuantitatif. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran VAK dengan pendekatan kontekstual sudah mencapai KKM dengan ketuntasan individual banyak siswa yang memperoleh nilai lebih dari 65 atau KKM dan ketuntasan klasikal memperoleh 77% dari 75% kriteria ketuntasan. nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,00 dan mencapai KKM dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 42. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dapat dilihat dari perbandingan kelas eksperimen dan kelas control dengan uji normalitas menghasilkan data yang normal dan uji homogenitas menghasilkan data yang homogen

Keywords: Auditori Visual Kinestetik, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Matematis Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95.
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2)
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Awal, R., & Sutriana, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) Berbasis Lingkungan terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMAN 13 Pekanbaru TA 2016/2017. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia

dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 101-110.
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18.
Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik menggunakan konteks permainan tradisional dengklaq untuk meningkatkan keterampilan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
Lestari, N. R. (2019). Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Lindquist, MM (1996). Komunikasi-Imperatif untuk Perubahan: Percakapan dengan Mary Lindquist. Dalam PC Elliot dan MJ Kenney (Eds). Komunikasi Buku Tahunan dalam Matematika K12 dan Seterusnya.
Lubis, R. A., Fitriani, N., & Sariningsih, R. (2023). Penerapan model discovery learning berbantuan E-LKPD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MA pada materi SPLTV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4).
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266-277.

Nurahman, I. (2011). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Pasundan Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (1).
Prayitno, S. dkk. 2013.“Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika”. ISBN (pp. 978-979).
Rahmawati, S. (2011). Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Skripsi S-1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak dipublikasikan.
Rasyid, MA (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Studi Pendidikan , 5 (1), 77-86.
Setiawan, A. S., & Alimah, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran visual auditory kinesthetic (VAK) terhadap keaktifan siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 81-90.
Siswono, TYE (2008). Mempromosikan kreativitas dalam pembelajaran matematika menggunakan masalah open-ended. Dalam The 3 International Conference on Mathematics and Statistics (ICoMS-3) Institut Pertanian Bogor, Indonesia (pp. 5-6).
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.
Published
2024-11-30
How to Cite
Uray Putri Wulandari, Rosmayadi, & Mariyam. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4126
Abstract viewed = 8 times