UJI VALIDITAS LKPD BERDIFERENSIASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA

  • Nurlaili Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sefna Rismen Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Villia Anggraini Universitas PGRI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan juga belum mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning pada materi statistika kelas VIII Fase D SMP Negeri 12 Padang yang valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa daftar checklist, pedoman wawancara dan angket karakteristik siswa serta angket validasi. Berdasarkan hasil validasi LKPD Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning diperoleh nilai akhir yaitu 83,31% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning pada materi statistika dinyatakan valid.

Keywords: Berdiferensiasi, LKPD, Plomp, Problem Based Learning, Statistika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Open-Ended Problem Pada. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4318.47-62

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1),95–101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Asmaranti, W., Sasmita Pratama, G., & Wisniarti. (2020). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia Current Archives About, 07(6), 639–646.

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022a). pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 1–11. https://doi.org/10.46306/Ib.v3i3.180

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Gorontalo, 1(1), 68–74.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/LECTURA.V12I1.5813

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Plomp, T. dkk. (2013) Educational Design Research Educational Design Research, Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. Diedit oleh Tjreerd Plomp dan N. Nieveen. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.59397

Yusuf, Y., R, N. T., & W, T. Y. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. 8(1), 76–86. http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509

Published
2024-11-15
How to Cite
Nurlaili, Sefna Rismen, & Villia Anggraini. (2024). UJI VALIDITAS LKPD BERDIFERENSIASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 31-44. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4125
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 7 times