UJI VALIDITAS LKPD BERDIFERENSIASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan juga belum mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning pada materi statistika kelas VIII Fase D SMP Negeri 12 Padang yang valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa daftar checklist, pedoman wawancara dan angket karakteristik siswa serta angket validasi. Berdasarkan hasil validasi LKPD Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning diperoleh nilai akhir yaitu 83,31% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning pada materi statistika dinyatakan valid.
Downloads
References
Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Open-Ended Problem Pada. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4318.47-62
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1),95–101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960
Asmaranti, W., Sasmita Pratama, G., & Wisniarti. (2020). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia Current Archives About, 07(6), 639–646.
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022a). pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 1–11. https://doi.org/10.46306/Ib.v3i3.180
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Gorontalo, 1(1), 68–74.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/LECTURA.V12I1.5813
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Plomp, T. dkk. (2013) Educational Design Research Educational Design Research, Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. Diedit oleh Tjreerd Plomp dan N. Nieveen. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.59397
Yusuf, Y., R, N. T., & W, T. Y. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. 8(1), 76–86. http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.