PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan berbantuan LKS dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII SMPN 1 Selakau Timur; 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching yang didukung dengan LKS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 1 Selakau Timur; 3) Untuk menganalisis keaktifan belajar siswa pada waktu diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan LKS untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VII SMPN 1 Selakau Timur. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen serta penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental atau eksperimen semu dengan rancangan desain yang digunakan Nonequivalent Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Selakau Timur. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII dibagi menjadi kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pengukuran, tes, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Ada perbedaan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar dengan model reciprocal teaching yang didukung LKS dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, khususnya pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP Negeri 1 Selakau Timur. 2) Model pembelajaran reciprocal teaching yang didukung LKS memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 1 Selakau Timur. 3) Aktivitas belajar siswa dikategorikan dalam kategori sangat aktif saat diterapkannya model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan LKS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Selakau Timur pada komponen bangun datar segi empat
Downloads
References
Busa, E. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 114-122.
Dinata, K. B. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Dalam Matematika. Dalam Eksponen, (Daring), Vol.7(2): 54≤60
Halim, A., & Hadi, M. S. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Peserta Didik Kelas X Ma Al-Azhaar Ummu Suwanah.
Hamidah, Z. (2017). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTS Ma’arif Udanawu tahun ajaran 2016/2017.
Johnson, Elaine B. 2014. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa Learning.
Ketong, S., Burhanuddin, B., & Asri, W. K. (2018). Keefektifan model pembelajaran reciprocal teaching dalam kemampuan membaca memahami siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 2 No. 1 Maret 2018, 45-54.
Kholifah, S. N., Sasomo, B., & Mashuri, A. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Matriks. Jurnal Jendela Matematika, 2(01), 55-66.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineca Cipta.
Munthe, Sri Rahmadewi (2021) Kesulitan Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X Di SMA Negeri 1 Na. IX-X Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. American: Library of Congress Cataloguing in Publication.
Nisa, I. (2023). Pengembangan LKS Berbasis Stem Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Memfasilitasi Berpikir Kritis Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Pulungan, N. (2021). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa pada materi peluang di kelas VIII Pondok Pesantren Ja’fariyah Hutaibus Padang Lawas (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Rahing, N., Raziq, I. K., & Rehardian, A. PENGEMBANGAN BAHAN CETAK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.
Septiasari, P., Dantes, N., & Suastra, W. (2020). Pengaruh model reciprocal teaching berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ipa kelas v. Jurnal PENDASI, 4(1), 85-94.
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2006. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika.
Sitinjak, B. J. P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI 124398 PEMATANG SIANTAR. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(2), 16-25.
Suseno, N. S. (2019). Pengaruh gender, motivasi eksternal dan internal terhadap persepsi mahasiswa akuntansi dalam memilih karier sebagai akuntan publik. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 4(2), 75-98.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.