EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Reka Kurnia Sukmawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Tio Heriyana STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN

Abstract

Penelitian mengevaluasi seberapa besar hubungan efektivitas penggunaan website sebagai media pembelajaran terhadap meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan bagi guru dalam memanfaatkan website untuk pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Kuningan, dengan metode pengambilan Purposive Sampling, sehingga sampel yang dipilih adalah XI AKL 1 dan XI AKL 3 sesuai dengan kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan minat belajar antara kedua kelas sampel, di mana kelas eksperimen menunjukkan minat belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada setiap pertemuannya dikatakan positif. Pemanfaatan website sebagai alat/media pengajaran matematika terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Oleh sebab itu, diharapkan guru dapat memanfaatkan website untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik, dan sekolah dapat mendukung dengan menyediakan fasilitas yang memadai untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa

Keywords: website, minat belajar, matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Dwi Susanti, W., & Suripah, S. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 78–83.

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Hermawan, R. M., Yuspriyati, D. N., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Aplikasi Geogebra. PRISMA, 11(1), 203. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1982

Jannah, M., Isnaniah, I., & Effendi, R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI DI MAN. ADIBA: JOURNAL OF …. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/569

Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1410

Masruroh, S. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Di MTs Bustanul Ulum Panti … [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/9217/1/Skripsi Siti Habibatul Masruroh.pdf

Mas’ ud, S. (2024). Persiapan ONMIPA-PT 2023 Bidang Matematika untuk Mahasiswa Perwakilan Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 25–31.

Rasyid, M. N., Maheswari, L. L., & ... (2024). Wordwall: Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 06 Bandung Pada Materi SPLDV. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu …. https://journal.aripi.or.id/index.php/Nakula/article/view/572

Sari, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141–152.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Sitorus, R. S. P. (2021). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Selama Proses Pembelajaran Online Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Universitas Batanghari Jambi.

Syachruroji, A., Mahtuh, N. A., Andriani, N., Raya, J. C., Serang, K., Serang, K., Samuan, J., Lopang, B., Serang, K., & Serang, K. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar peserta didik kelas 3 muatan pelajaran ipa di sdn kebaharan 2. 2(1), 13–21.

Triono, A., Hamdani, H., & Fitriawan, D. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Website pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–36. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2924

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Pertama). Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang. https://books.google.co.id/books?id=HWIXEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=true

Zahro, N. A. Q., & others. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(2), 6596–6604.

Zulfa, A. L. (2022). Penerapan Media Scramble Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV MI Manbaul Khoirot Desa Surat. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1). Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri.

Published
2024-10-28
How to Cite
Reka Kurnia Sukmawati, & Tio Heriyana. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 19-30. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4070
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 2 times