EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian mengevaluasi seberapa besar hubungan efektivitas penggunaan website sebagai media pembelajaran terhadap meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan bagi guru dalam memanfaatkan website untuk pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Kuningan, dengan metode pengambilan Purposive Sampling, sehingga sampel yang dipilih adalah XI AKL 1 dan XI AKL 3 sesuai dengan kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan minat belajar antara kedua kelas sampel, di mana kelas eksperimen menunjukkan minat belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada setiap pertemuannya dikatakan positif. Pemanfaatan website sebagai alat/media pengajaran matematika terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Oleh sebab itu, diharapkan guru dapat memanfaatkan website untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik, dan sekolah dapat mendukung dengan menyediakan fasilitas yang memadai untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa
Downloads
References
Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464
Dwi Susanti, W., & Suripah, S. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 78–83.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hermawan, R. M., Yuspriyati, D. N., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Aplikasi Geogebra. PRISMA, 11(1), 203. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1982
Jannah, M., Isnaniah, I., & Effendi, R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI DI MAN. ADIBA: JOURNAL OF …. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/569
Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1410
Masruroh, S. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Di MTs Bustanul Ulum Panti … [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/9217/1/Skripsi Siti Habibatul Masruroh.pdf
Mas’ ud, S. (2024). Persiapan ONMIPA-PT 2023 Bidang Matematika untuk Mahasiswa Perwakilan Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 25–31.
Rasyid, M. N., Maheswari, L. L., & ... (2024). Wordwall: Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 06 Bandung Pada Materi SPLDV. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu …. https://journal.aripi.or.id/index.php/Nakula/article/view/572
Sari, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141–152.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.
Sitorus, R. S. P. (2021). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Selama Proses Pembelajaran Online Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Universitas Batanghari Jambi.
Syachruroji, A., Mahtuh, N. A., Andriani, N., Raya, J. C., Serang, K., Serang, K., Samuan, J., Lopang, B., Serang, K., & Serang, K. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar peserta didik kelas 3 muatan pelajaran ipa di sdn kebaharan 2. 2(1), 13–21.
Triono, A., Hamdani, H., & Fitriawan, D. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Website pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–36. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2924
Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Pertama). Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang. https://books.google.co.id/books?id=HWIXEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=true
Zahro, N. A. Q., & others. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(2), 6596–6604.
Zulfa, A. L. (2022). Penerapan Media Scramble Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV MI Manbaul Khoirot Desa Surat. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1). Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.