LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dalam menjelaskan literasi numerasi siswa ketika menuntaskan soal PISA dilihat dari resiliensi matematis. Metode yang dipakai berupa metode deskriptif kualitatif dengan teknik mengumpulkan datanya memakai tes PISA konten uncertainty and data, angket resiliensi matematis serta pedoman wawancara. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batu Ampar. Dari 25 siswa dipilih 1 siswa yang memilikii tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang dan rendah untuk diwawancarai guna mengetahui lebih dalam jawaban siswa dari tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh subjek pada saat wawancara mengaku belum mengetahui simbol matematika dasar, walaupun begitu siswa yang mempunyaitingkat resiliensi matematis tinggi dapat menganalisa informasi yang terdapat dalam tabel dan grafik, kemudian menggunakan hasil analisis tersebut untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, dapat memakai angka dan simbol dengan cermat untuk menyelesaikan masalah dengan efektif serta mampu mengambil kesimpulan dari analisa yang sudah dijalankan. Sedangkan, siswa dengan tingkat resiliensi matematis sedang cenderung dapat menganalisa informasi yang terdapat dalam tabel dan grafik, kemudian menggunakan hasil analisis tersebut untuk menuntaskan persoalan yang diberikan, dapat memakai angka dan simbol untuk menyelesaikan masalah dengan baik, serta mampu mengambil kesimpulan dari analisa yang sudah dijalankan. Namun, terdapat beberapa kekeliruan karena kurangnya ketelitian. Dan siswa yang memiliki tingkat resiliensi matematis rendah cenderung dapat meganalisa informasi yang terdapat dalam tabel dan grafik, kemudian menggunakan hasil analisis tersebut dalam memecahkan persoalan yang diberikan, serta mampu memakai angka dan simbol untuk menyelesaikan persoalan dengan baik.
Downloads
References
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
’Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh Mathematical Resilience terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 223–234.
Attami, D., Budiyono, B., & Indriati, D. (2019). Mathematical Resilience and Mathematical Problem-Solving Ability in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012028
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resilensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpiki Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129–136. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306
Hafiz, M., Darhim, D., & Dahlan, J. A. (2017). Comparison of Mathematical Resilienece Among Students with Problem Based Learning and Guided Discovery Learning Model. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012098
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Harsela, K., & Asih, E. C. M. (2020). The Level of Mathematical Resilience and Mathematical Problem-Solving Abilities of 11th Grade Sciences Students in A Senior High School. Journal of Physics: Conference Series. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1521/3/032053/pdf
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Hidayat, W. (2017). Dversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argment Driven Inquiry pada materi Turunan Fungsi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28
Idhartono, A. R. (2023). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 91–96. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i.6150
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 247–267.
Insafi, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI LINGKARAN KELAS VI SDN PANDANREJO 01 KOTA BATU TAHUN 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPWTH), 2(2), 877–902.
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2017). The Construct Mathematical Resilience. In Xolocotzin Eligio Understanding Emotions in Mathematical Thinking and Learning, 269–291. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-802218-4.00010-8
Kaka, A. E. L., Ate, D., & Making, S. rex M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Negeri 1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(2), 88–96. https://doi.org/10.53395/jppms.v3i2
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP ditinjau dari Resiliensi Matematik. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p933-940
Matsubara, S. A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Peluang Peserta Didik Kelas XI Tata Boga 1 Smk Negeri 1 Tarakan. Mathematic Education And Application Journal (META), 2(2). https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1830
Nahdi, D. S. (2020). Mathematical Resilience dalam Memecahkan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1000–1009.
Ndakularak, I. L., Randjawali, E., Nggaba, M. E., Bima, S. A., Ina, Y. T., Ishak, D. D., & Rinawati, Y. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Malumbi Kabupaten Sumba Timur. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2383
Noviani, J., Hilda, H., & Jarwandi, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Peluang Di Kelas Ix Smp Negeri 1 Takengon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1604
Nurfitri, R. A., & Jusra, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1943–1954. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.723
Nurmasari, N. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Peluang ditinjau dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
OECD. (2022). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Praneswari, P. M., & Amidi, A. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematika pada Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7, 119–128.
Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhufurrohamah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153
Putri, E. S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Dikaji dari Kecerdasan Emosional. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2). https://dx.doi.org/10.26418/ja.v2i2.51508
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Rohmah, S., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020). Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed by Mathematical Resilience. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3026–3033. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080731
Rosa, V., Hamdani, H., & Halini, H. (2021). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Resiliensi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 101–112. https://dx.doi.org/10.26418/ja.v2i1.48050
Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 39–46. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1569
Setiawan, A., Sukestiyarno, YL., & Junaedi, I. (2022). Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Literasi Matematika Peserta Didik MA Nudia Semarang. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2431–2440. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5441
Setiawati, R., Aminudin, M., & Basir, M. A. (2023). Analisis Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Uncertainty And Data. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 123–133. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.123-133
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sumarmo, U. (2015). Resiliensi Matematik (Mathematical Resilience). STKIP Siliwangi Bandung. Retrieved from utari-sumarmo@dosen.stkipsiliwangi.ac.id.
Tobondo, Y. V. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Kelas VIIIB di SMP Kalam Kudus Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sanata Dharma.
Wardhani, A. K., Haerudin, H., & Ramlah, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Materi Geometri. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 49–103. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017
Yansen, D. (2022). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Dengan Konteks Cabang Olahraga Bulu Tangkis. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 209–216. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1295
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Matakuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 71(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.477
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.