LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

  • Vira Savitri Universitas Tanjungpura
  • Edy Yusmin Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Mikraj Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura
  • Dian Ahmad BS Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam menjelaskan literasi numerasi siswa ketika menuntaskan soal PISA dilihat dari resiliensi matematis. Metode yang dipakai berupa metode deskriptif kualitatif dengan teknik mengumpulkan datanya memakai tes PISA konten uncertainty and data, angket resiliensi matematis serta pedoman wawancara. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batu Ampar. Dari 25 siswa dipilih 1 siswa yang memilikii tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang dan rendah untuk diwawancarai guna mengetahui lebih dalam jawaban siswa dari tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh subjek pada saat wawancara mengaku belum mengetahui simbol matematika dasar, walaupun begitu siswa yang mempunyaitingkat resiliensi matematis tinggi dapat menganalisa informasi yang terdapat dalam tabel dan grafik, kemudian menggunakan hasil analisis tersebut untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, dapat memakai angka dan simbol dengan cermat untuk menyelesaikan masalah dengan efektif serta mampu mengambil kesimpulan dari analisa yang sudah dijalankan. Sedangkan, siswa dengan tingkat resiliensi matematis sedang cenderung dapat menganalisa informasi yang terdapat dalam tabel dan grafik, kemudian menggunakan hasil analisis tersebut untuk menuntaskan persoalan yang diberikan, dapat memakai angka dan simbol untuk menyelesaikan masalah dengan baik, serta mampu mengambil kesimpulan dari analisa yang sudah dijalankan. Namun, terdapat beberapa kekeliruan karena kurangnya ketelitian. Dan siswa yang memiliki tingkat resiliensi matematis rendah cenderung dapat meganalisa informasi yang terdapat dalam tabel dan grafik, kemudian menggunakan hasil analisis tersebut dalam memecahkan persoalan yang diberikan, serta mampu memakai angka dan simbol untuk menyelesaikan persoalan dengan baik.

Keywords: Literasi Numerasi, Soal PISA, Resiliensi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

’Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh Mathematical Resilience terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 223–234.

Attami, D., Budiyono, B., & Indriati, D. (2019). Mathematical Resilience and Mathematical Problem-Solving Ability in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012028

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resilensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpiki Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129–136. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Hafiz, M., Darhim, D., & Dahlan, J. A. (2017). Comparison of Mathematical Resilienece Among Students with Problem Based Learning and Guided Discovery Learning Model. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012098

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf

Harsela, K., & Asih, E. C. M. (2020). The Level of Mathematical Resilience and Mathematical Problem-Solving Abilities of 11th Grade Sciences Students in A Senior High School. Journal of Physics: Conference Series. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1521/3/032053/pdf

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Hidayat, W. (2017). Dversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argment Driven Inquiry pada materi Turunan Fungsi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28

Idhartono, A. R. (2023). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 91–96. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i.6150

Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 247–267.

Insafi, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI LINGKARAN KELAS VI SDN PANDANREJO 01 KOTA BATU TAHUN 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPWTH), 2(2), 877–902.

Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2017). The Construct Mathematical Resilience. In Xolocotzin Eligio Understanding Emotions in Mathematical Thinking and Learning, 269–291. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-802218-4.00010-8

Kaka, A. E. L., Ate, D., & Making, S. rex M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Negeri 1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(2), 88–96. https://doi.org/10.53395/jppms.v3i2

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP ditinjau dari Resiliensi Matematik. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p933-940

Matsubara, S. A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Peluang Peserta Didik Kelas XI Tata Boga 1 Smk Negeri 1 Tarakan. Mathematic Education And Application Journal (META), 2(2). https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1830

Nahdi, D. S. (2020). Mathematical Resilience dalam Memecahkan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1000–1009.

Ndakularak, I. L., Randjawali, E., Nggaba, M. E., Bima, S. A., Ina, Y. T., Ishak, D. D., & Rinawati, Y. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Malumbi Kabupaten Sumba Timur. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2383

Noviani, J., Hilda, H., & Jarwandi, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Peluang Di Kelas Ix Smp Negeri 1 Takengon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1604

Nurfitri, R. A., & Jusra, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1943–1954. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.723

Nurmasari, N. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Peluang ditinjau dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

OECD. (2022). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Praneswari, P. M., & Amidi, A. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematika pada Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7, 119–128.

Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhufurrohamah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153

Putri, E. S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Dikaji dari Kecerdasan Emosional. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2). https://dx.doi.org/10.26418/ja.v2i2.51508

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rohmah, S., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020). Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed by Mathematical Resilience. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3026–3033. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080731

Rosa, V., Hamdani, H., & Halini, H. (2021). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Resiliensi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 101–112. https://dx.doi.org/10.26418/ja.v2i1.48050

Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 39–46. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1569

Setiawan, A., Sukestiyarno, YL., & Junaedi, I. (2022). Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Literasi Matematika Peserta Didik MA Nudia Semarang. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2431–2440. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5441

Setiawati, R., Aminudin, M., & Basir, M. A. (2023). Analisis Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Uncertainty And Data. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 123–133. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.123-133

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510

Sumarmo, U. (2015). Resiliensi Matematik (Mathematical Resilience). STKIP Siliwangi Bandung. Retrieved from utari-sumarmo@dosen.stkipsiliwangi.ac.id.

Tobondo, Y. V. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Kelas VIIIB di SMP Kalam Kudus Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sanata Dharma.

Wardhani, A. K., Haerudin, H., & Ramlah, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Materi Geometri. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 49–103. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017

Yansen, D. (2022). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Dengan Konteks Cabang Olahraga Bulu Tangkis. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 209–216. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1295

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Matakuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 71(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.477

Published
2024-10-22
How to Cite
Savitri, V., Edy Yusmin, Hamdani Mikraj, Dede Suratman, & Dian Ahmad BS. (2024). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 1-18. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.4052
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 1 times