IDENTIFIKASI BENTUK-BENTUK ETNOMATEMATIKA PADA POLA LANTAI TARI TRADISI ZAPIN ALON PESISIR
Abstract
Tari Zapin Alon Pesisir merupakan jenis tarian adat yang berasal dari kebudayaan melayu Lingga, tepatnya di Sanggar Seni Langgam Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji etnomatematika yang terdapat pada pola lantai tari tradisi zapin alon pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pegiat seni di Dabo Singkep sekaligus pemilik dari Sanggar Seni Langgam Selatan yang bernama Boy Andika S.Pd.SD yang menjabat sebagai Guru di SDN 002 Singkep. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan peneliti sebagai instrument utama. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Hasil penelitian didapati aktivitas mengukur yang terdapat pada saat penari memasuki pentas dan melakukan perpindahan pada pola yang sudah ditetapkan oleh koreografer. Penari menggunakan alat ukur tidak baku yaitu langkah kaki, sehingga ditemukan konsep matematika berupa satuan tidak baku. Aktivitas mendesain terdapat pada gerak alif, dimana posisi tangan dan kaki penari membentuk sudut dan pada bentuk pola lantai tari Zapin Alon Pesisir, sehingga ditemukan konsep geometri berupa sudut, garis dan bangun datar seperti jajargenjang, lingkaran, persegi.
Downloads
References
Fauzan, W. M. A. W. M., & Husain, S. K. S. (2018). Geometri dalam Tarian Zapin. Asian Journal of Environment, HisFauzan, W. M. A. W. M., & Husain, S. K. S. (2018). Geometri Dalam Tarian Zapin. Asian Journal of Environment, History and Heritage, 2(2), 331–342.Tory and Heritage, 2(2), 331–342.
Fitrah, M., & Ruslan, R. (2020). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178–187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.639
Kurniawan, A., & Hidayati, Y. M. (2022). Studi Eksplorasi Industri Mebel Mojolaban dan Integrasinya dalam Materi Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6695–6702. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3342
Melinda, M., & Septianawati, D. (2023). Etnomatematika Pada Tarian Dayak Totokng Di Sanggar Seni Nyiur Singkawang. Al-Adad: Jurnal Tadris Matematika, 2(June), 1–8.
Mukarromah, N. A., & Darmawan, P. (2022). Etnomatematika pada pola lantai tari gandrung banyuwangi. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1).
Ningsih, M. P., Maulani, C. Y., Setyadi, T., & Arum, D. P. (2022). Potensi Lingkungan sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2825–2833.
Nurjamila, D., & Nurhayati, E. (2019). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Pembuatan Batik Khas Tasikmalaya. Jumlahku, 5(2), 111–119.
Rahmawati, S. T. (2023). Konsep Pendidikan Komunikasi dan Kebudayaan. Journal on Education, 5(4), 14762–14776. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2543
Sarmila, Y. Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Tari Rampak Bedug Banten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1695–1707.
Taupik, R. P., Qhairum, V., & Utami, N. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyusun Pola Lantai Pada Pembelajaran Seni Tari. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 343–351.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 1(1), 113–118.
Yasir, M. (2022). Peran Pentingnya Pendidikan dalam Perubahan Sosial di Masyarakat. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 1(1), 122–132.
Yuristia, A. (2020). Keterkaitan Pendidikan, Perubahan Sosial Budaya, Modernisasi dan Pembagunan. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 1–17. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98077985952806906
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.