SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KESULITAN BELAJAR PADA MATERI MATRIKS TINGKAT SMA SAMPAI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Pada tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi sering kali terjadi kesulitan belajar dalam memahami konsep-konsep abstrak seperti matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan belajar pada materi matriks sehingga bisa mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih baik terhadap konsep matriks di Indonesia. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) menggunakan langkah-langkah PRISMA dengan website Covidence. Sumber literatur diperoleh dari Google Scholar melalui PoP (Publish or Perish) dengan menggunakan kata kunci “kesulitan belajar”, “matriks”, dan “pendidikan matematika” yang mencakup total 200 artikel. Setelah melalui langkah-langkah PRISMA diperoleh 18 artikel untuk dikaji. Berdasarkan hasil kajian menggunakan SLR terdapat total 6 artikel penelitian tentang kesulitan belajar pada materi matriks dari tahun 2019 hingga 2024 yang diterbitkan pada tahun 2023. Jawa Barat merupakan daerah yang sangat produktif dengan minat yang besar terhadap bidang ini, sebanyak 6 artikel. Jenjang pendidikan yang dijadikan sampel terbanyak adalah pada jenjang SMA sebanyak 13 artikel. Artikel yang paling banyak dikutip berjudul Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks dan kaitannya dengan motivasi belajar matematika pada kelas XI dari Jurnal Euclid yaitu sebanyak 34 kali. Sedangkan kesulitan belajar yang sering terjadi adalah kesulitan belajar dalam menggunakan konsep sebesar 46,875% atau yang ditemukan pada 15 artikel.
Downloads
References
Ainin, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 137-147. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3122
Aminullah, A. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Ganec Swara, 14(2), 793-797. https://doi.org/10.35327/gara.v14i2.167
Arista, A., & Karimah, S. (2023). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Ma’arif Nu Doro. In ProSANDIKA UNIKAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 4(1), 3-24. Diakses dari https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1150/751
Djafar, D., Wahyuni, E. I., & Reziyustikha, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linear (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Informatika Akademi Manajemen Belitung). Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 2(1), 29-33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.38
Fatah, A., & Novaliyosi, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Matriks. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(4), 328-335. https://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.20820
Feigenbaum, M. S., & Simon, H. A. (1984). EPAM-like models of recognition and learning. Cognitive Science, 8(3), 305-336. https://doi.org/10.1016/S0364-0213(84)80005-1
Griffin, P., & Care, E. (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7
Handayani, R., Purnamasari, R., & Sudarjat, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika melalui Perkuliahan Learning Management System. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 17-33. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i02.24355
Hanifah, A. I., & Nawafilah, N. Q. (2021). Analisis kesulitan belajar mahasiswa teknik informatika pada mata kuliah aljabar linier. J-PiMat, 3(1), 437297. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1182
Hermanto, B. D., & Susilawati, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(1), 22-32. https://doi.org/10.61553/abjme.v1i1.15
Mutmainah, D. S., & Sari, P. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis SMK Bina Insan Bangsa. Journal On Education, 1(2), 430-439. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1440
Putri, D. P., Manfaat, B., & Haqq, A. A. (2020). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi hambatan belajar pada materi matriks. Jurnal Analisa, 6(1), 56-68. Diakses dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/5694/4176
Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 9-17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091
Pratami J. W., & Nabila N. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 11. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 65-71. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.272
Ruswana, A. M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah aljabar linier elementer. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 293-299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.111
Sari, S. W., Rismen, S., & Suryani, M. (2023). Analysis Of Students' Difficulties In Solving Matrix Problems. Journal Of Humanities And Social Studies, 1(02), 333-340. Diakses dari https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/article/view/108#google_vignette
Sitepu, E., Vega, R. R., Mardiati, M., Sitepu, D. R., & Afni, K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Matriks Siswa Kelas XI SMK Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 133-141. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.696
Sudarsana, I. N. G., Sridana, N., Lu’luilmaknun, U., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X TITL Dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Matriks di SMKN 2 Gerung Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 654-664. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1318
Supiati, A. C. A., & Hamdani, H. M. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Invers Matriks di Kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya (Doctoral disertation, Universitas Palangka Raya)
Valentina, B . K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berdasarkan Minat Belajar Kelas VII di SMP N 03 Tirto. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan. Vol 3, 67-72. Diakses dari https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/download/1142/743/
Veenman, M. V. J., & Spaans, M. A. (2005). Relation between intellectual and metacognitive skills: Age and task differences. Learning and Individual Differences, 15(2), 159-176. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2005.01.002
Wanahari, M., Dewi, S. R., & Gunarto, B. (2024). Analysis of Student Learning Difficulties in Class XI Matrix Material at SMA Negeri 2 Kisaran. Holistic Science, 4(1), 48-54. https://doi.org/10.56495/hs.v4i1.499
Yanti, S. A., Rismen, S., & Lovia, L. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(2), 158-167. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2005.01.002
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.