SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KESULITAN BELAJAR PADA MATERI MATRIKS TINGKAT SMA SAMPAI PERGURUAN TINGGI

  • Rahmi Nur'aini Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Didi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Pada tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi sering kali terjadi kesulitan belajar dalam memahami konsep-konsep abstrak seperti matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan belajar pada materi matriks sehingga bisa mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih baik terhadap konsep matriks di Indonesia. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) menggunakan langkah-langkah PRISMA dengan website Covidence. Sumber literatur diperoleh dari Google Scholar melalui PoP (Publish or Perish) dengan menggunakan kata kunci “kesulitan belajar”, “matriks”, dan “pendidikan matematika” yang mencakup total 200 artikel.  Setelah melalui langkah-langkah PRISMA diperoleh 18 artikel untuk dikaji. Berdasarkan hasil kajian menggunakan SLR terdapat total 6 artikel penelitian tentang kesulitan belajar pada materi matriks dari tahun 2019 hingga 2024 yang diterbitkan pada tahun 2023. Jawa Barat merupakan daerah yang sangat produktif dengan minat yang besar terhadap bidang ini, sebanyak 6 artikel. Jenjang pendidikan yang dijadikan sampel terbanyak adalah pada jenjang SMA sebanyak 13 artikel. Artikel yang paling banyak dikutip berjudul Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks dan kaitannya dengan motivasi belajar matematika pada kelas XI dari Jurnal Euclid yaitu sebanyak 34 kali. Sedangkan kesulitan belajar yang sering terjadi adalah kesulitan belajar dalam menggunakan konsep sebesar 46,875% atau yang ditemukan pada 15 artikel.

Keywords: Kesulitan Belajar, Matriks, Systematic Literature Review

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Didi Suryadi, Universitas Pendidikan Indonesia

Department of Mathematics Education

Nurjanah, Universitas Pendidikan Indonesia

Department of Mathematics Education

References

Ainin, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 137-147. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3122

Aminullah, A. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Ganec Swara, 14(2), 793-797. https://doi.org/10.35327/gara.v14i2.167

Arista, A., & Karimah, S. (2023). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Ma’arif Nu Doro. In ProSANDIKA UNIKAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 4(1), 3-24. Diakses dari https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1150/751

Djafar, D., Wahyuni, E. I., & Reziyustikha, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linear (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Informatika Akademi Manajemen Belitung). Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 2(1), 29-33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.38

Fatah, A., & Novaliyosi, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Matriks. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(4), 328-335. https://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.20820

Feigenbaum, M. S., & Simon, H. A. (1984). EPAM-like models of recognition and learning. Cognitive Science, 8(3), 305-336. https://doi.org/10.1016/S0364-0213(84)80005-1

Griffin, P., & Care, E. (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7

Handayani, R., Purnamasari, R., & Sudarjat, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika melalui Perkuliahan Learning Management System. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 17-33. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i02.24355

Hanifah, A. I., & Nawafilah, N. Q. (2021). Analisis kesulitan belajar mahasiswa teknik informatika pada mata kuliah aljabar linier. J-PiMat, 3(1), 437297. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1182

Hermanto, B. D., & Susilawati, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(1), 22-32. https://doi.org/10.61553/abjme.v1i1.15

Mutmainah, D. S., & Sari, P. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis SMK Bina Insan Bangsa. Journal On Education, 1(2), 430-439. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1440

Putri, D. P., Manfaat, B., & Haqq, A. A. (2020). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi hambatan belajar pada materi matriks. Jurnal Analisa, 6(1), 56-68. Diakses dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/5694/4176

Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 9-17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091

Pratami J. W., & Nabila N. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 11. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 65-71. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.272

Ruswana, A. M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah aljabar linier elementer. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 293-299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.111

Sari, S. W., Rismen, S., & Suryani, M. (2023). Analysis Of Students' Difficulties In Solving Matrix Problems. Journal Of Humanities And Social Studies, 1(02), 333-340. Diakses dari https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/article/view/108#google_vignette

Sitepu, E., Vega, R. R., Mardiati, M., Sitepu, D. R., & Afni, K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Matriks Siswa Kelas XI SMK Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 133-141. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.696

Sudarsana, I. N. G., Sridana, N., Lu’luilmaknun, U., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X TITL Dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Matriks di SMKN 2 Gerung Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 654-664. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1318

Supiati, A. C. A., & Hamdani, H. M. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Invers Matriks di Kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya (Doctoral disertation, Universitas Palangka Raya)

Valentina, B . K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berdasarkan Minat Belajar Kelas VII di SMP N 03 Tirto. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan. Vol 3, 67-72. Diakses dari https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/download/1142/743/

Veenman, M. V. J., & Spaans, M. A. (2005). Relation between intellectual and metacognitive skills: Age and task differences. Learning and Individual Differences, 15(2), 159-176. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2005.01.002

Wanahari, M., Dewi, S. R., & Gunarto, B. (2024). Analysis of Student Learning Difficulties in Class XI Matrix Material at SMA Negeri 2 Kisaran. Holistic Science, 4(1), 48-54. https://doi.org/10.56495/hs.v4i1.499

Yanti, S. A., Rismen, S., & Lovia, L. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(2), 158-167. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2005.01.002

Published
2024-11-15
How to Cite
Rahmi Nur’aini Azzahra, Suryadi, D., & Nurjanah. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KESULITAN BELAJAR PADA MATERI MATRIKS TINGKAT SMA SAMPAI PERGURUAN TINGGI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 68-80. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.3963
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 4 times