PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOMETRI RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Safran STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya
  • Orin Asdarina STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan modul ajar geometri ruang dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah di SD Negeri 10 Susoh. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Berdasarkan penilaian dari tiga validator, modul ajar geometri ruang dengan menggunakan model PjBL ini dinilai valid dari aspek materi dan media, modul ajar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84% dengan kategori sangat valid. Sedangkan dari aspek media, modul ajar mendapatkan nilai sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwasanya modul ajar geometri ruang dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria kevalidan dari kedua aspek yang dievaluasi.

Keywords: Modul Ajar, Geometri Ruang, PjBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381

Azura Arviana, Syahrilfuddin, & Zariul Antosa. (2023). Analisis Penyebab Rendah Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVB SD Negeri 147 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah PGSD, 2(1), 28–34. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582

Cindy Nurul Afwa, Erni Puji Astuti, & Wharyanti Ika Purwaningsih. (2023). PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 78–89. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3406

Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64

Janah, M. C., & Widodo, A. T. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap. 4(2), 2097–2107.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.

Kurka. (2022). Capaian Pembelajaran Matematika, Apa Tujuan dan Karakteristik di Kurikulum Merdeka. In Kurikulum Merdeka.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 39. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.81

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Miller, E. C., & Krajcik, J. S. (2019). Promoting deep learning through project-based learning: a design problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0009-6

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Piu, M. D., Rawa, N. R., & Bela, M. E. (2021). Pengembangan Modul Geometri Ruang

Berbasis Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 216–229. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.228

Prof.Dr.Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1).

Safrina, K., & Ahmad, A. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. 9–20.

Published
2024-05-31
How to Cite
Safran, & Orin Asdarina. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOMETRI RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 98-110. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3815
Abstract viewed = 61 times
PDF downloaded = 24 times