KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA

  • Mutiara Ranum Rasdindra Universitas Tanjungpura
  • Ahmad Yani T Universitas Tanjungpura
  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura

Abstract

Terdapat banyak aspek pengajaran dan pembelajaran yang dapat meningkatkan serta mendukung peserta didik selama studi mereka. Potensi yang perlu dimiliki perserta didik yaitu kemampuan komunikasi matematis yang tinggi harus didukung dengan pendekatan yang tepat sesuai dengan proses pembelajaran di sekolah. Ketika mereka mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang baik maka ia akan mampu menyajikan ide-ide mereka secara efektif dan akurat yang bertujuan untuk mendukung keseluruhan suatu pendekatan pembelajaran misalnya pendekatan pembelajaran konstruktivis. Pendekatan kontruktivisme merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada peserta didik sebagai partisipan aktif ketika menemukan ide-ide baru baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui pengalaman sehari-hari, dan dalam hal ini pendidik sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah inferensi kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran pra eksperimen atau desain kelompok untuk mengungkap dan menjelaskan bagaiman perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan yang digunakan oleh guru atau konvensional relative rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil pra riset. Sebelum menerapkan pendekatan kontruktivis terlebih dahulu dilakukan pre-test bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal komunikasi matematis peserta didik, dan setelah menerapkan pendekatan konstruktivis dilakukan post-test untuk mengetahu derajat komunikasi matematis peserta didik yang dilakukan pada bagian akhir. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan kontruktivis yang berdampak positif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Keywords: Integral Tak Tentu, Pendekatan Kontruktivisme, Komunikasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217

Harahap, A. R., & Harahap, M. S. (2018). Efektivitas Penggunaan Constructivism Approach Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal MathEdu, 1(2), 1–6.

Hidayati, F., Arnawa, I. M., & Bahri, S. (2021). Development of constructivism-based mathematics learning tools for eleventh graders. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012035

Martiani, M., Lestari, S., & Sri Hertinjung, W. (2021). Improving the Quality of Mother-Adolescent Relationship Through Communication Skills Training. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 13(1), 47–62. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss1.art5

Muhammad Yahya, Sidin, U. S., & Wahyudi. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMK Produktif Kota Makassar. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 292–297. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.964

Nopriadi. (2016). Analisa Pengaruh Google Apps for Education. Processor, 11(1), 720–730.

Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.

Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46–59. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23025

Sujarwanto, -. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup Di Kelas Iii a Sd Negeri Keputran. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2357

Sundari, S., & Chairunisa, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Sejarah) Kelas Vii Di Smp Negeri 15 Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2443

Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar. Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) , 9(1), 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123

Yati, A. A., & Marzal, J. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dan Self- Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pendahuluan. 4185, 20–29. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11019

Published
2024-06-08
How to Cite
Mutiara Ranum Rasdindra, Ahmad Yani T, & Dona Fitriawan. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 190-200. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3806
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 7 times