KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA
Abstract
Terdapat banyak aspek pengajaran dan pembelajaran yang dapat meningkatkan serta mendukung peserta didik selama studi mereka. Potensi yang perlu dimiliki perserta didik yaitu kemampuan komunikasi matematis yang tinggi harus didukung dengan pendekatan yang tepat sesuai dengan proses pembelajaran di sekolah. Ketika mereka mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang baik maka ia akan mampu menyajikan ide-ide mereka secara efektif dan akurat yang bertujuan untuk mendukung keseluruhan suatu pendekatan pembelajaran misalnya pendekatan pembelajaran konstruktivis. Pendekatan kontruktivisme merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada peserta didik sebagai partisipan aktif ketika menemukan ide-ide baru baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui pengalaman sehari-hari, dan dalam hal ini pendidik sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah inferensi kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran pra eksperimen atau desain kelompok untuk mengungkap dan menjelaskan bagaiman perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan yang digunakan oleh guru atau konvensional relative rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil pra riset. Sebelum menerapkan pendekatan kontruktivis terlebih dahulu dilakukan pre-test bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal komunikasi matematis peserta didik, dan setelah menerapkan pendekatan konstruktivis dilakukan post-test untuk mengetahu derajat komunikasi matematis peserta didik yang dilakukan pada bagian akhir. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan kontruktivis yang berdampak positif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Downloads
References
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217
Harahap, A. R., & Harahap, M. S. (2018). Efektivitas Penggunaan Constructivism Approach Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal MathEdu, 1(2), 1–6.
Hidayati, F., Arnawa, I. M., & Bahri, S. (2021). Development of constructivism-based mathematics learning tools for eleventh graders. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012035
Martiani, M., Lestari, S., & Sri Hertinjung, W. (2021). Improving the Quality of Mother-Adolescent Relationship Through Communication Skills Training. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 13(1), 47–62. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss1.art5
Muhammad Yahya, Sidin, U. S., & Wahyudi. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMK Produktif Kota Makassar. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 292–297. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.964
Nopriadi. (2016). Analisa Pengaruh Google Apps for Education. Processor, 11(1), 720–730.
Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.
Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46–59. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23025
Sujarwanto, -. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup Di Kelas Iii a Sd Negeri Keputran. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2357
Sundari, S., & Chairunisa, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Sejarah) Kelas Vii Di Smp Negeri 15 Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2443
Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar. Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) , 9(1), 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123
Yati, A. A., & Marzal, J. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dan Self- Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pendahuluan. 4185, 20–29. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11019
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.