EFEKTIVITAS PBL TERINTEGRASI STEM DITINJAU KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

  • Rahmi Hidayati Universitas Borneo Lestari
  • Firda Halawati Universitas Al-Ihya Kuningan
  • Hedawati SMA Darul Hijrah Puteri Martapura

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna membandingkan keefektifan antara PBL yang terintegrasi STEM dengan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen semu. Seluruh siswa kelas XI SMA Darul Hijrah Puteri Martapura merupakan populasi dalam penelitian ini, sedangkan untuk sampel dilakukan secara acak didapatkan yakni kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI C sebagai kelas kontrol. Analisis uji yang digunakan adalah uji manova T2 Hotelling dan uji t-test dua sampel. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: 1) Adanya perbedaan keefektifan pembelajaran matematika model PBL terintegrasi STEM dengan pembelajaran secara konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa 2) model PBL terintegrasi STEM lebih efektif daripada konvensional dilihat dari kemampuan pemecahan masalah siswa, 3) untuk tingkat kepercayaan diri siswa model PBL terintegrasi STEM lebih efektif dibandingkan secara konvensional.

Keywords: STEM, PBL, Pemecahan Masalah, Kepercayaan Diri Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, I. Richard. 2010. Learning To Teach. 9th ed. New York: Mcgraw-Hill.

Arifin, Nurdin, Universitas Widya, and Gama Mahakam. 2019. “Upaya Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning.” Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar 3(3): 255–66. file:///C:/Users/USER/Downloads/293-Article Text-960-1-10-20190422.pdf.

Arifin, Z. 2012. “Evaluasi Pembelajaran.” Bandung: Remaja Rosdakarya.

Delaney, Judith M., and Paul J. Devereux. 2019. “Understanding Gender Differences In STEM: Evidence From College Applications.” Economics of Education 72.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Green, L. Satasha. 2014. STEM Education How To Train 21st Century Teachers. New York: Nova Science Publishers.

Haataja, Eeva et al. 2019. “Teacher’s Visual Attention When Scaffolding Collaborative Mathematical Problem Solving.” Teaching and Teacher Education 86.

Indarwati, Desi, Wahyudi, and Novisita Ratu. 2020. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD.” The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning 30(1): 17–27.

John, Mativo, Smith Bettye, Thompson Ezra, and Wicklein Robert. 2016. “A Formative Evaluation Of A Southeast High School Integrative Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Academy.” Technology In Society 45.

Kandemir, Mehmet Ali, and Hülya Gür. 2009. “The Use of Creative Problem Solving Scenarios in Mathematics Education: Views of Some Prospective Teachers.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 1(1).

Kazemi, Farhad, Mohammad Reza, and Sahar Bayat. 2010. “A Subtle View to Metacognitive Aspect of Mathematical Problems Solving.” 8: 420–26.

Khoiri, Wafik, Rochmad, and Adi Nur Cahyono. 2013. “Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Unnes Journal of Mathematics Education 2(1).

Nur, Muhammad, Scolastika Mariani, and Kristina Wijayanti. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Setting Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM.” 2: 540–50.

Nurdin A, Agus Maman A. 2018. “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN DISCOVERY LEARNING BERORIENTASIKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS.” Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar 3(2): 125–38. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/216/142.

Polya, G. 1973. How to Solve It Mathematical Method. Princeton: NJ: Princeton University Press.

Sariningsih, Ratna, and Ratni Purwasih. 2017. “PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF.” 1(1): 163–77.

Published
2024-06-08
How to Cite
Rahmi Hidayati, Firda Halawati, & Hedawati. (2024). EFEKTIVITAS PBL TERINTEGRASI STEM DITINJAU KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 201-212. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3763
Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 8 times