PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

  • Hardiwan Universitas Tanjungpura
  • Asep Nursangaji Universitas Tanjungpura
  • Munaldus Universitas Tanjungpura
  • Halini Universitas Tanjungpura
  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa yang dikarenakan belum terbiasanya siswa menyelesaikan soal-soal literasi numerasi dan soal-soal literasi numerasi masih belum banyak tersedia sehingga guru kesulitan untuk memberikan soal literasi numerasi kepada siswa. Oleh sebab itu, perlu untuk dikembangkan soal matematika yang mampu mengukur kemampuan literasi numerasi siswa. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) tanpa menjalankan tahap keempat dan kelima. Proses pengembangan dimulai dari tahap analisis, yang meliputi analisis kurikulum, kebutuhan, serta materi dan soal. Setelah itu, pada tahap desain dirancang prototipe produk, kemudian pada tahap pengembangan produk tersebut dikonsultasikan kepada tiga orang ahli sebagai validator. Selanjutnya dilaksanakan uji coba produk kepada siswa untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh soal mempunyai koefisien validitas lebih besar dari 0,6 yang berarti kategori seluruh soal yang dikembangkan tergolong valid. Soal-soal yang dikembangkan juga sangat reliabel karena mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,853. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan lima butir soal berbasis AKM untuk mengukur kemampuan literasi numerasi siswa materi statistika yang valid dan reliabel.

Keywords: Pengembangan Soal, Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Numerasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472-483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Aulia, M. P., & Mutaqin, A. (2022). Pengembangan Instrumen Numerasi pada Konteks Pertanian untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2454-2466. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1562

Fiangga, S., Amin, S.M., Khabibah, S., Ekawati, R. & Prihartiwi, N.R. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1). http://dx.doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Gurria, A. (2016). PISA 2015 results in focus. PISA in Focus, (67), 1. https://doi.org/10.1787/22260919

Hadi, Samsul, & Alpi Zaidah. 2021. Analisa Kemampuan Literasi Numerasi Dan Self-Efficacy Siswa Madrasah Dalam Pembelajaran Matematika Realistikal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP 7(7):295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119

Hairunnisa, F., & Izzati, N. (2022). Pengembangan Soal Model AKM Pada Konten Geometri Volume Bangun Ruang Sisi Datar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(3), 167-174. https://doi.org/10.32938/jipm.7.3.2022.167-174

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(1), 35-42. https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000

Mansur, N. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 140-144.

Marta, K., Yensy, N. A., & Agustinsa, R. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Statistika pada Buku Teks Matematika Kelas VIII Semester 2 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 296-307. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.296-307

Mohayat, N., & Netriwati, N. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Berbasis PISA untuk Melatih Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Tatsqif, 16(1), 93-107. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.135

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang KI dan KD.

Purnamasari, R., Safitri, N., & Kurnia, D. (2023). Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 787-797. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4591

Pusmenjar. (2021). Lembar Tanya Jawab Asesmen Nasional. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmi, Z. (2022). Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi untuk Siswa SMP.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022, January). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 351-360).

Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan Ed. 1, Cet. 14. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Thirafi, G. (2017). Analisis tingkat literasi statistik pada siswa kelas IX MTs. Alaziziyah Putra Gunung Sari tahun pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi tersedia di Docplayer Universitas Mataram.

Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jakarta: Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Published
2024-05-28
How to Cite
Hardiwan, Asep Nursangaji, Munaldus, Halini, & Dona Fitriawan. (2024). PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 34-46. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3708
Abstract viewed = 222 times
PDF downloaded = 128 times