PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA
Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa yang dikarenakan belum terbiasanya siswa menyelesaikan soal-soal literasi numerasi dan soal-soal literasi numerasi masih belum banyak tersedia sehingga guru kesulitan untuk memberikan soal literasi numerasi kepada siswa. Oleh sebab itu, perlu untuk dikembangkan soal matematika yang mampu mengukur kemampuan literasi numerasi siswa. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) tanpa menjalankan tahap keempat dan kelima. Proses pengembangan dimulai dari tahap analisis, yang meliputi analisis kurikulum, kebutuhan, serta materi dan soal. Setelah itu, pada tahap desain dirancang prototipe produk, kemudian pada tahap pengembangan produk tersebut dikonsultasikan kepada tiga orang ahli sebagai validator. Selanjutnya dilaksanakan uji coba produk kepada siswa untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh soal mempunyai koefisien validitas lebih besar dari 0,6 yang berarti kategori seluruh soal yang dikembangkan tergolong valid. Soal-soal yang dikembangkan juga sangat reliabel karena mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,853. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan lima butir soal berbasis AKM untuk mengukur kemampuan literasi numerasi siswa materi statistika yang valid dan reliabel.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472-483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Aulia, M. P., & Mutaqin, A. (2022). Pengembangan Instrumen Numerasi pada Konteks Pertanian untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2454-2466. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1562
Fiangga, S., Amin, S.M., Khabibah, S., Ekawati, R. & Prihartiwi, N.R. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1). http://dx.doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631
Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Gurria, A. (2016). PISA 2015 results in focus. PISA in Focus, (67), 1. https://doi.org/10.1787/22260919
Hadi, Samsul, & Alpi Zaidah. 2021. Analisa Kemampuan Literasi Numerasi Dan Self-Efficacy Siswa Madrasah Dalam Pembelajaran Matematika Realistikal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP 7(7):295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119
Hairunnisa, F., & Izzati, N. (2022). Pengembangan Soal Model AKM Pada Konten Geometri Volume Bangun Ruang Sisi Datar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(3), 167-174. https://doi.org/10.32938/jipm.7.3.2022.167-174
Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(1), 35-42. https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000
Mansur, N. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 140-144.
Marta, K., Yensy, N. A., & Agustinsa, R. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Statistika pada Buku Teks Matematika Kelas VIII Semester 2 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 296-307. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.296-307
Mohayat, N., & Netriwati, N. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Berbasis PISA untuk Melatih Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Tatsqif, 16(1), 93-107. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.135
Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang KI dan KD.
Purnamasari, R., Safitri, N., & Kurnia, D. (2023). Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 787-797. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4591
Pusmenjar. (2021). Lembar Tanya Jawab Asesmen Nasional. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmi, Z. (2022). Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi untuk Siswa SMP.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022, January). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 351-360).
Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan Ed. 1, Cet. 14. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Thirafi, G. (2017). Analisis tingkat literasi statistik pada siswa kelas IX MTs. Alaziziyah Putra Gunung Sari tahun pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi tersedia di Docplayer Universitas Mataram.
Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jakarta: Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.