SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: SATU DEKADE PENELITIAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN ICT

  • Desy Lusiyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Kemampuan spasial merupakan kemampuan untuk memanipulasi, memutar, membalik, atau memutar secara mental stimuli yang disajikan secara gambaran. Tujuan penelitian ini yaitu menelusuri metode penelitian yang sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial dan teknologi yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan spasial. Metode yang digunakan yaitu systematic literatur review dengan langkah prisma yang menggunakan aplikasi covidence. Langkah yang dilakukan yaitu mencari sumber literatur. Pada penelitian ini sumber literatur yang digunakan yaitu artikel dengan terindeks Scopus. Diperoleh 138 artikel terindeks scopus yang diperoleh dengan kata kunci spatial ability, ICT dan geometri. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan covidence menggunakan langkah PRISMA. Langkah-langkah tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu identification, screen, dan Included. Terdapat 47 artikel dengan kriteria terdapat kemampuan spasial pada materi geometri. Populasi/sampelnya pada siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Hasil analisis data diperoleh selama 10 tahun terdapat 33 artikel yang mengkaji kemampuan spasial pada pembelajaran matematika dengan artikel terpublish terbanyak yaitu pada tahun 2021 sebanyak 7 artikel dan media pembelajaran yang sering digunakan yaitu Augmented RealityKemampuan spasial merupakan kemampuan untuk memanipulasi, memutar, membalik, atau memutar secara mental stimuli yang disajikan secara gambaran. Tujuan penelitian ini yaitu menelusuri metode penelitian yang sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial dan teknologi yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan spasial. Metode yang digunakan yaitu systematic literatur review dengan langkah prisma yang menggunakan aplikasi covidence. Langkah yang dilakukan yaitu mencari sumber literatur. Pada penelitian ini sumber literatur yang digunakan yaitu artikel dengan terindeks Scopus. Diperoleh 138 artikel terindeks scopus yang diperoleh dengan kata kunci spatial ability, ICT dan geometri. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan covidence menggunakan langkah PRISMA. Langkah-langkah tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu identification, screen, dan Included. Terdapat 47 artikel dengan kriteria terdapat kemampuan spasial pada materi geometri. Populasi/sampelnya pada siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Hasil analisis data diperoleh selama 10 tahun terdapat 33 artikel yang mengkaji kemampuan spasial pada pembelajaran matematika dengan artikel terpublish terbanyak yaitu pada tahun 2021 sebanyak 7 artikel dan media pembelajaran yang sering digunakan yaitu Augmented Reality.

Keywords: Spatial ability, Geometry, Systematic Literatur Review

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desy Lusiyana, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

Nurjanah, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

References

Amir, M. F., Fediyanto, N., Rudyanto, H. E., Nur Afifah, D. S., & Tortop, H. S. (2020). Elementary students’ perceptions of 3Dmetric: A cross-sectional study. Heliyon, 6(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04052

Casey, B. M., & Ganley, C. M. (2021). An examination of gender differences in spatial skills and math attitudes in relation to mathematics success: A bio-psycho-social model. Developmental Review, 60. https://doi.org/10.1016/j.dr.2021.100963

de Ravé, E. G., Jiménez-Hornero, F. J., Ariza-Villaverde, A. B., & Taguas-Ruiz, J. (2016). DiedricAR: a mobile augmented reality system designed for the ubiquitous descriptive geometry learning. Multimedia Tools and Applications, 75(16), 9641–9663. https://doi.org/10.1007/s11042-016-3384-4

Faizal Amir, M., Fediyanto, N., Chotimah, C., & Rudiyanto, H. E. (2018). Developing 3Dmetric media prototype through a hypothetical learning trajector to train students spatial skill. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 10(2 Special Issue), 1537–1542. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85051064541&partnerID=40&md5=b3b8cbc0991afff4c6bd8368f72dcc4e

Fikrati, A. N., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2021). Dynamic geometry environment to enhance high school students spatial skill: A study based on sex and gender diversities perspective. New Educational Review, 63, 111–122. https://doi.org/10.15804/tner.2021.63.1.09

Gilligan-Lee, K. A., Hodgkiss, A., Thomas, M. S. C., Patel, P. K., & Farran, E. K. (2021). Aged-based differences in spatial language skills from 6 to 10 years: Relations with spatial and mathematics skills. Learning and Instruction, 73. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101417

Hauptman, H., & Cohen, A. (2011). The synergetic effect of learning styles on the interaction between virtual environments and the enhancement of spatial thinking. Computers & Education, 57(3), 2106–2117. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.05.008

Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108

Kaufmann, H., & Schmalstieg, D. (2003). Mathematics and geometry education with collaborative augmented reality. Computers & Graphics, 27(3), 339–345. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0097-8493(03)00028-1

Khine, M. S. (2016). Visual-spatial ability in STEM education: Transforming research into practice. In Visual-spatial Ability in STEM Education: Transforming Research into Practice. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-44385-0

Koparan, T., Dinar, H., Koparan, E. T., & Haldan, Z. S. (2023). Integrating augmented reality into mathematics teaching and learning and examining its effectiveness. Thinking Skills and Creativity, 47. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101245

Mcgee, M. G. (1979). Psychological Bulletin Human Spatial Abilities: Psychometric Studies and Environmental, Genetic, Hormonal, and Neurological Influences.

Rohendi, D., & Wihardi, Y. (2020). Learning three-dimensional shapes in geometry using mobile-based augmented reality. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(9), 48–60. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i09.13035

Published
2024-05-31
How to Cite
Lusiyana, D., & Nurjanah. (2024). SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: SATU DEKADE PENELITIAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN ICT. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 177-189. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3692
Abstract viewed = 95 times
PDF downloaded = 57 times