ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GENDER SELAMA PANDEMI

  • Nadiya Eka Suryani ISBI Singkawang
  • Evi Susanti ISBI Singkawang
  • Nur' Aisha ISBI Singkawang
  • Puput Safitri Wijaya ISBI Singkawang
  • Citra Utami ISBI Singkawang

Abstract

Riset ini dilakukan karena adanya permasalahan pada kurangnya pemahaman konsep mathematics peserta didik. Riset ini adalah riset kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui kriteria pemahaman konsep mathematics peserta didik berdasarkan kemandirian belajar dan gender selama masa pandemi. SMP Negeri 8 Singkawang merupakan tempat dilakukannya riset dengan melibatkan peserta didik kelas VII. Tes pemahaman konsep mathematics, kuisioner, dan interview merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Sedangkan reduksi data, presentasi data, dan penarikan konklusi merupakan teknik analisis data yang dilakukan. Hasil dari riset ini mengindikasikan (1) rata-rata pemahaman konsep mathematics peserta didik saat belajar daring selama pandemi menyandang kriteria tinggi untuk seluruh kriteria kemandirian belajar, baik dari segi sedang, rendah ataupun tinggi, (2) rata-rata peserta didik dengan gender perempuan menyandang pemahaman konsep mathematics saat belajar daring yakni sebesar 77,8 sedangkan rata-rata peserta didik dengan gender laki-laki menyandang pemahaman konsep saat belajar daring yakni sebesar 72,8. Adapun konklusi dari hasil riset ini yaitu (1) peserta didik yang menyandang kriteria kemandirian belajar tinggi, sedang, maupun rendah yang belajar daring saat pandemi menyandang pemahaman konsep mathematics yang tinggi. (2) Peserta didik dengan gender perempuan menyandang kriteria pemahaman konsep mathematics yang unggul daripada peserta didik dengan gender laki-laki saat belajar daring selama pandemi.

Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Gender, Pandemi, Kemandirian Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Aji Pangestu, K., Laela Ramadhina, A., Faradillah, A., Dwi Siswanto, R., & Muhammadiyah HAMKA, U. D. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gender pada Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasioanal Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2, 22–34.

Azizah, N. R., Imamuddin, M., Aniswita, A., & Rahmat, T. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 199–206. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.19105

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Haswati, D., & Dian Nopitasari. (2019). Implementasi Bahan Ajar Persamaan Diferensial dengan Metode Guided Discovery Berbantuan Software Mathematica untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97–102. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1358

Hidayat, D.R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Program Studi Bimbingan dan Konseling. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.

Jati, H. S., Amalia, H., Putri, A. A., Faradillah, A., & Siswanto, rizki D. (2021). Ananlisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2, 1–8.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Mamik Syamsiyah. (2018). Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Pada Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552

Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Jurnal On Education, 01(02), 288–296.

Putri, N. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik SMA Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Dan Kemandirian Belajar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rena, L. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaiakan soal pemahaman konsep matematika ditinjau dari perbedaan gender di kelas XII IPA 2 SMAN 2 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Sumadi, I. P., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2022). Understanding Mathematical Concepts in Cartesian Coordinate Material in Terms of Gender. AIP Conference Proceedings, 2566(November). https://doi.org/10.1063/5.0116824

Syaiful, S., Aprillya, S., & Anggraeni, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1562

Yuliana, Surahmat, & Fathani, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Peserta Didik Kelas Viii Mts Ash-Sholihuddin Dampit. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(12), 64–73.

Published
2024-05-31
How to Cite
Nadiya Eka Suryani, Evi Susanti, Nur’ Aisha, Puput Safitri Wijaya, & Citra Utami. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GENDER SELAMA PANDEMI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 85-97. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3691
Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 52 times