ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GENDER SELAMA PANDEMI
Abstract
Riset ini dilakukan karena adanya permasalahan pada kurangnya pemahaman konsep mathematics peserta didik. Riset ini adalah riset kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui kriteria pemahaman konsep mathematics peserta didik berdasarkan kemandirian belajar dan gender selama masa pandemi. SMP Negeri 8 Singkawang merupakan tempat dilakukannya riset dengan melibatkan peserta didik kelas VII. Tes pemahaman konsep mathematics, kuisioner, dan interview merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Sedangkan reduksi data, presentasi data, dan penarikan konklusi merupakan teknik analisis data yang dilakukan. Hasil dari riset ini mengindikasikan (1) rata-rata pemahaman konsep mathematics peserta didik saat belajar daring selama pandemi menyandang kriteria tinggi untuk seluruh kriteria kemandirian belajar, baik dari segi sedang, rendah ataupun tinggi, (2) rata-rata peserta didik dengan gender perempuan menyandang pemahaman konsep mathematics saat belajar daring yakni sebesar 77,8 sedangkan rata-rata peserta didik dengan gender laki-laki menyandang pemahaman konsep saat belajar daring yakni sebesar 72,8. Adapun konklusi dari hasil riset ini yaitu (1) peserta didik yang menyandang kriteria kemandirian belajar tinggi, sedang, maupun rendah yang belajar daring saat pandemi menyandang pemahaman konsep mathematics yang tinggi. (2) Peserta didik dengan gender perempuan menyandang kriteria pemahaman konsep mathematics yang unggul daripada peserta didik dengan gender laki-laki saat belajar daring selama pandemi.
Downloads
References
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Aji Pangestu, K., Laela Ramadhina, A., Faradillah, A., Dwi Siswanto, R., & Muhammadiyah HAMKA, U. D. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gender pada Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasioanal Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2, 22–34.
Azizah, N. R., Imamuddin, M., Aniswita, A., & Rahmat, T. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 199–206. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.19105
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Haswati, D., & Dian Nopitasari. (2019). Implementasi Bahan Ajar Persamaan Diferensial dengan Metode Guided Discovery Berbantuan Software Mathematica untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97–102. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1358
Hidayat, D.R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Program Studi Bimbingan dan Konseling. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.
Jati, H. S., Amalia, H., Putri, A. A., Faradillah, A., & Siswanto, rizki D. (2021). Ananlisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2, 1–8.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Mamik Syamsiyah. (2018). Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Pada Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Jurnal On Education, 01(02), 288–296.
Putri, N. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik SMA Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Dan Kemandirian Belajar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rena, L. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaiakan soal pemahaman konsep matematika ditinjau dari perbedaan gender di kelas XII IPA 2 SMAN 2 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Sumadi, I. P., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2022). Understanding Mathematical Concepts in Cartesian Coordinate Material in Terms of Gender. AIP Conference Proceedings, 2566(November). https://doi.org/10.1063/5.0116824
Syaiful, S., Aprillya, S., & Anggraeni, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1562
Yuliana, Surahmat, & Fathani, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Peserta Didik Kelas Viii Mts Ash-Sholihuddin Dampit. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(12), 64–73.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.