ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bintan Timur, yaitu satu siswa dengan gaya kognitif field dependent dan satu siswa dengan gaya kognitif field independent yang memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes GEFT, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian yaitu triangulasi teknik dengan membandingkan hasil tes kemampuan representasi matematis dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung menggunakan bentuk representasi visual dan persamaan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent dapat menggunakan tiga representasi matematis yaitu visual, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau kalimat.
Downloads
References
Fitria, M. (2019). Deskripsi Disposisi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Universitas Islam Majapahit.
Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854
Hasan, B. (2020). Proses kognitif siswa field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 323–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332
Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539
Mataheru, E. E., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi program linear. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 55–67. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp55-67
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH.
Minarni, A., Napitupulu, E. E., Lubis, S. D., & Annajmi. (2020). Kemampuan berfikir matematis dan aspek afektif siswa. Medan: HC Publisher.
NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48
Ningtiyas, H. A., & Rosyidi, A. H. (2020). Representasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MATHEdunesa), 9(3), 579–588. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p579-588
Onyekuru, B. U. (2015). Field Dependence-Field Independence Cognitive Style , Gender , Career Choice and Academic Achievement of Secondary School Students in Emohua Local Government Area of Rivers State. Journal of Education and Practice, 6(10), 76–86.
Patingki, A., Mohidin, A. D., & Resmawan. (2022). Hubungan Gaya Kognitif Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15412
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supandi, S., Waluya, S., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-Talk-Write Model for Improving Students ’ Abilities in Mathematical Representation Think-Talk-Write Model for. 11(3), 77–90. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1136a
Suryanti, N. (2014). Pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406. https://doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4601
Tyas, W. H., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial dan perbandingan ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 781–792.
Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data di desa Bungbulang. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1025
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.