ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

  • Julie Haryanie Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Asma Riani Siregar Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Mariyanti Elvi Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bintan Timur, yaitu satu siswa dengan gaya kognitif field dependent dan satu siswa dengan gaya kognitif field independent yang memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes GEFT, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian yaitu triangulasi teknik dengan membandingkan hasil tes kemampuan representasi matematis dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung menggunakan bentuk representasi visual dan persamaan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent dapat menggunakan tiga representasi matematis yaitu visual, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau kalimat.

Keywords: Analisis, Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Kognitif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitria, M. (2019). Deskripsi Disposisi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Universitas Islam Majapahit.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854

Hasan, B. (2020). Proses kognitif siswa field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 323–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Mataheru, E. E., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi program linear. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 55–67. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp55-67

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH.

Minarni, A., Napitupulu, E. E., Lubis, S. D., & Annajmi. (2020). Kemampuan berfikir matematis dan aspek afektif siswa. Medan: HC Publisher.

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48

Ningtiyas, H. A., & Rosyidi, A. H. (2020). Representasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MATHEdunesa), 9(3), 579–588. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p579-588

Onyekuru, B. U. (2015). Field Dependence-Field Independence Cognitive Style , Gender , Career Choice and Academic Achievement of Secondary School Students in Emohua Local Government Area of Rivers State. Journal of Education and Practice, 6(10), 76–86.

Patingki, A., Mohidin, A. D., & Resmawan. (2022). Hubungan Gaya Kognitif Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15412

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supandi, S., Waluya, S., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-Talk-Write Model for Improving Students ’ Abilities in Mathematical Representation Think-Talk-Write Model for. 11(3), 77–90. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1136a

Suryanti, N. (2014). Pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406. https://doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4601

Tyas, W. H., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial dan perbandingan ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 781–792.

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data di desa Bungbulang. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1025

Published
2024-05-31
How to Cite
Haryanie, J., Siregar, N. A. R., & Elvi, M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 60-84. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3684
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 30 times