ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MENGGUNAKAN RASCH MODEL KELAS X SMA NEGERI 2 BUNGURAN TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal matematika dengan mengukur reliabilitas, tingkat kesulitan (item dan person measure) dan tingkat kesesuaian (item dan person fit) menggunakan Rasch model. Responden pada penelitian ini berjumlah 77 peserta didik dengan 40 soal berupa pilihan ganda. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil analisis reliabilitas menggunakan bantuan software Winsteps 3.73, diperoleh reliabilitas dilihat dari Alpha Cronbach KR 20 sebesar 0,82 dengan person reliability 0,80 dan item reliability 0,90. Hasil analisis tingkat kesulitan, item measure diperoleh 12 soal sangat sulit, 3 soal sulit, 19 soal mudah dan 6 soal sangat mudah. Sedangkan person measure diperoleh 36 peserta didik abilitas tinggi, 33 peserta didik abilitas sedang dan 8 peserta didik abilitas rendah. Hasil analisis tingkat kesesuaian, item fit diperoleh 1 soal tidak fit dan 39 soal fit. Sedangkan person fit diperoleh 8 peserta didik mengalami pola respon berbeda (misfit) dan 69 peserta didik dengan pola respon ideal. Pola respon berbeda dikarenakan peserta didik tidak berhasil menjawab soal sangat mudah dengan benar, namun mampu menjawab soal sangat sulit dengan benar. Berdasarkan analisis tersebut, penggunaan Rasch model sangat dianjurkan untuk digunakan oleh guru agar dapat membantu guru dalam mengetahui kualitas alat penilaian dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.
Downloads
References
Abdullah, N., Jahja, M., & Setiawan, D. G. E. (2022). Analisis kualitas butir soal pada mata pelajaran fisika di jurusan fisika fakultas mipa universitas negeri gorontalo tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(1), 44–52. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32358
Alam, S. (2017). Analisis soal matematika ujian akhir semester genap di kelas VIII SMPN 1 sinjai timur. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Amelia, N., Paridjo, & Sina, I. (2021). Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan software anates. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 447–456. https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8356
Amelia, R. N. (2021). Identifikasi item fit dan person fit dalam pengukuran hasil belajar kimia. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), 13–26.
Anekawati, A., Rofik, M., & Isyanto. (2023). Pelatihan analisis rasch untuk MGMP guru matematika kabupaten sumenep. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Anggraini, W. (2021). Analisis butir soal pada pembelajaran e-learning mata pelajaran ipa kelas iv (alat indera pada manusia) di 3 sekolah kabupaten seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek (Edisi Revi). Rineka Cipta.
Astuti. (2020). Analisis soal ujian akhir semester genap mata pelajaran matematika siswa SD negeri 005 binuang ajaran 2017/2018. Jurnal Pendiidikan Tambusai, 4(1), 867–880.
Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan model rasch untuk analisis instrumen tes pada mata kuliah matematika aktuaria. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp45-50
Febrian, & Fera, M. (2019). Kualitas perangkat dan keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah micro teaching menggunakan analisis model rasch. Jurnal Gantang, 4(1), 87–95. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1065
Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis butir soal ujian matematika kelas vii semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459
Irwan, A. (2024). Pengertian sekolah beserta unsur, fungsi, dan jenjang pendidikan. Maxmanroe.Com.
Marjiastuti, K., & Wahyuni, S. (2014). Analisis kemampuan peserta didik dengan model racsh. Jurnal Indonesia, 121–128.
Mirunnisa. (2019). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah atas dengan model discovery learning. Jurnal Numeracy, 6(1), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i1.434
Nudin, I., & Hidayatullah, R. S. (2023). Analisis butir soal penilaian tengah semester mengunakan model Rasch di SMK Negeri 5 Surabaya. JPTM, 12(2), 132–139.
Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis iteman dan model Rasch pada pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224–233. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi
Purnomo, S. (2016). Pengembangan soal matematika model pisa konten space and shape untuk mengetahui level kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan analisis model rasch. Universitas Jember.
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis kualitas soal pra ujian nasional mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 85–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370
Sopian, A. (2016). Tugas, peran, danfungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Suaedi, M. (2016). Analisis terhadap kualitas butir soal buatan guru ipa kelas viii mts negeri slawi tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Kamil, 3, 1–23.
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (deskriptif kuantitatif) motivasi belajar siswa dengan model blended learning di masa pandemi covid19. Kadikma, 13(1), 68–73. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan (Cetakan I). Trim Komunikata.
Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis validitas reabilitas tingkat kesukaran dan daya beda pada butir soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran matematika. Aljabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–217.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.