ARTIKEL PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI MATRIKS KELAS XI SMA

  • Anggi Hidayahtulloh Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Mirta Fera Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Izzati Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul dengan pendekatam kontekstual dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi Operasi matriks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Karena keterbatasan kemampuan dan waktu yang dimiliki sehingga peneliti hanya sampai pada tahap uji validitas dan uji praktikalitas saja. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata penilaian 77.50% dengan
kriteri valid, validasi ahli media memperoleh rata-rata penilaian 97,50 % dengan kriteria sangat valid, maka hasil uji praktikalitas penggunaan guru memperoleh rata-rata 90.00%, sedangkan hasil uji coba penggunaan siswa memperoleh rata-rata 89,22%.

 

Keywords: E-modul, Pendekatan Kontekstual, Operasi Matriks

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat
Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan
dan Pemikiran Islam, 1(2).
Lesmana, D. (2018). Kandungan nilai dalam
tujuan pendidikan nasional (Core ethical
values). Kordinat: Jurnal Komunikasi
antar Perguruan Tinggi Agama
Islam, 17(1), 211-126.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran.
Deepublish.
Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. N. P. K.
(2011). Taksonomi Bloom. Jurnal:
Pusdiklat KNPK, 766(1), 1-7.
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., &
Kartono, K. (2018, February).
Pentingnya penalaran matematika dalam
meningkatkan kemampuan literasi
matematika. In Prisma, prosiding
seminar nasional matematika (Vol. 1, pp.
588-595).
8
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi
matematik dalam pembelajaran
matematika. MES: Journal of
Mathematics Education and
Science, 2(1).
Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A.
(2015). Analisis kesulitan siswa
menyelesaikan soal cerita materi sistem
persamaan linear dua variabel di
smp. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(5).
Panggabean, R. S. B., & Tamba, K. P. (2020).
Kesulitan belajar matematika: analisis
pengetahuan awal [difficulty in learning
mathematics: prior knowledge
analysis]. JOHME: Journal of Holistic
Mathematics Education, 4(1), 17-30.
Khodijah, K. (2015). Analisis kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal-soal matriks
pada siswa kelas XI IPA-2 di SMA Negeri
2 Padangsidimpuan (Doctoral
dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan
pendekatan kontekstual dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi
perbandingan dan skala terhadap siswa
SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan
Matematika, 9(2), 347-358.
Afriani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual
(cotextual teaching and learning) dan
pemahaman konsep siswa. Jurnal AlMutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80-88.
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., &
Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model
Pembelajaran Kontekstual Berbasis
Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa
Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa
Kelas Iv. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-
79.
Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan emodul project based learning pada mata
pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal
Imiah Pendidikan Dan
Pembelajaran, 3(3), 306-315.
Fausih, M., & Danang, T. (2015).
Pengembangan media e-modul mata
pelajaran produktif pokok bahasan
“instalasi jaringan lan (local area
network)” untuk siswa kelas xi jurusan
teknik komputer jaringan di smk nengeri
1 labang bangkalan madura. Jurnal
Unesa, 1(01), 1-9.
Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A.
(2021). Studi Fenomenologi
Penggunaan E-Modul Dalam
Pembelajaran Daring Muatan IPA Di SD
Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 74-
88.
Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan
E-Modul Dengan Sistem Project Based
Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-
25.
Arifin, Z. (2012). Model penelitian dan
pengembangan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Siang, J. L., Hasan, B., & Tamhir, L. (2019).
Video Development as Supporting
Learning Media for Teachers at SMP
Negeri 5 Tidore Islands [Pengembangan
Video Sebagai Penunjang Media
Pembelajaran Bagi Guru di SMP Negeri
5 Tidore Kepulauan]. Proceeding of
Community Development, 2, 111-118.
Putri, F. M. (2016). Pengembangan bahan ajar
matematika dasar layanan jurusan non
eksak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan
Matematika dan Matematika, 2(1), 44-
52.
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul
Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum
2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa,
Tanah Datar. JMKSP (Jurnal
Manajemen, Kepemimpinan, dan
Supervisi Pendidikan), 2(2), 156-172.
Fausih, M., & Danang, T. (2015).
Pengembangan media e-modul mata
pelajaran produktif pokok bahasan
“instalasi jaringan lan (local area
network)” untuk siswa kelas xi jurusan
teknik komputer jaringan di smk nengeri
Published
2024-05-31
How to Cite
Anggi Hidayahtulloh, Fera, M., & Izzati, N. (2024). ARTIKEL PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI MATRIKS KELAS XI SMA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 165-176. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3620
Abstract viewed = 12 times