ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan literasi statistika siswa dalam kaitannya dengan antusiasmenya mempelajari konsep statistika. Pekerjaan ini diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Strategi pemilihan subjek memanfaatkan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tes literasi statistik, survei motivasi belajar, dan wawancara untuk menilai kemampuan literasi statistik peserta. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari 22 siswa yang mengikuti tes, peneliti memilih 3 siswa untuk dijadikan subjek penelitian. Siswa-siswa tersebut dipilih berdasarkan kategori motivasi belajarnya, yaitu 3 siswa memiliki motivasi belajar tinggi, 1 siswa memiliki motivasi belajar sedang, dan 1 siswa memiliki motivasi belajar rendah. Seleksinya dilakukan dengan menganalisis jawaban siswa dan melakukan wawancara yang efektif guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai kemampuan literasi statistikanya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kecenderungan belajar yang kuat mampu memenuhi seluruh kriteria yaitu memahami data, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan data secara efektif. Meskipun siswa dengan motivasi belajar yang tinggi menunjukkan kemahiran dalam pemahaman data dan interpretasi data, mereka gagal memenuhi kriteria komunikasi data. Sebaliknya siswa yang motivasi belajarnya rendah hanya menemui satu tanda yaitu pemahaman data.
Downloads
References
Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 31–44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.
Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 033–046.
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.
Masfingatin, T., & Suprapto, E. (2020). Student’s Statistical Literacy skills Based on the Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 273–286. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6902
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384
Ramayana, K., Oktaviana, D., & ... (2023). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahaan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Motivasi Belajar …. Student Scientific …, 2. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/view/1063%0Ahttps://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/download/1063/861
Sardiman, A. . (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (1st ed.). PT. Rajagrafindo Persada.
Siregar, R. S. (2022). Peranan motivasi dalam meningkatkan pemahaman statistik. 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.v6i2.2458
Syam, S., Maret, U. S., Kristianto, S., Wijaya, U., Surabaya, K., Chamidah, D., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2022). Belajar dan Pembelajaran (Issue March).
Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya (1st ed.). Bumi Aksara.
Utomo, D. P. (2021). An analysis of the statistical literacy of middle school students in solving timss problems. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 181–197. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1552
Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. 2, 41–60.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.