ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SISWA SMP

  • Alfan Rido Hutapea Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Linda Rosmery Tambunan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Mariyanti Elvi Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan literasi statistika siswa dalam kaitannya dengan antusiasmenya mempelajari konsep statistika. Pekerjaan ini diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Strategi pemilihan subjek memanfaatkan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tes literasi statistik, survei motivasi belajar, dan wawancara untuk menilai kemampuan literasi statistik peserta. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari 22 siswa yang mengikuti tes, peneliti memilih 3 siswa untuk dijadikan subjek penelitian. Siswa-siswa tersebut dipilih berdasarkan kategori motivasi belajarnya, yaitu 3 siswa memiliki motivasi belajar tinggi, 1 siswa memiliki motivasi belajar sedang, dan 1 siswa memiliki motivasi belajar rendah. Seleksinya dilakukan dengan menganalisis jawaban siswa dan melakukan wawancara yang efektif guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai kemampuan literasi statistikanya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kecenderungan belajar yang kuat mampu memenuhi seluruh kriteria yaitu memahami data, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan data secara efektif. Meskipun siswa dengan motivasi belajar yang tinggi menunjukkan kemahiran dalam pemahaman data dan interpretasi data, mereka gagal memenuhi kriteria komunikasi data. Sebaliknya siswa yang motivasi belajarnya rendah hanya menemui satu tanda yaitu pemahaman data.

Keywords: Kemampuan Literasi Statistis, Motivasi Belajar, Statistika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 31–44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.

Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 033–046.

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.

Masfingatin, T., & Suprapto, E. (2020). Student’s Statistical Literacy skills Based on the Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 273–286. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6902

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384

Ramayana, K., Oktaviana, D., & ... (2023). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahaan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Motivasi Belajar …. Student Scientific …, 2. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/view/1063%0Ahttps://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/download/1063/861

Sardiman, A. . (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (1st ed.). PT. Rajagrafindo Persada.

Siregar, R. S. (2022). Peranan motivasi dalam meningkatkan pemahaman statistik. 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.v6i2.2458

Syam, S., Maret, U. S., Kristianto, S., Wijaya, U., Surabaya, K., Chamidah, D., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2022). Belajar dan Pembelajaran (Issue March).

Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya (1st ed.). Bumi Aksara.

Utomo, D. P. (2021). An analysis of the statistical literacy of middle school students in solving timss problems. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 181–197. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1552

Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. 2, 41–60.

Published
2024-05-30
How to Cite
Alfan Rido Hutapea, Linda Rosmery Tambunan, & Mariyanti Elvi. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 47-59. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3617
Abstract viewed = 57 times
PDF downloaded = 30 times