PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN UNITY

  • Arneta Desriyani Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Desi Rahmatina Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Metta Liana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran menggunakan Unity pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis untuk SMP kelas 8. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Model pengembangan dengan melalui tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan tampilan produk, dan uji lapangan serta revisi produk. Sumber data penelitian yaitu 20 siswa kelas VII SMP De Green Camp untuk uji praktikalitas dan 2 orang ahli untuk pengujian validitas. Data penelitian dijaring dengan menggunakan instrumen pengujian meliputi pengujianvaliditas dan pengujian praktikalitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan media pembelajaran menggunakan Unity pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis untuk SMP kelas 8 dilakukan dengan beberapa tahap meliputi: tahap penelitian dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan tampilan produk, dan uji lapangan serta revisi produk. Media pembelajaran berbasis Unity menampilkan materi gambar banun ruang sisi datar, kuis, dan fitur keluar dari aplikasi. (2) Media pembelajaran interaktif menggunakan unity pada materi bangun ruang sisi datar kelas VII SMP dinyatakan telah memenuhi kevalidan dan kepraktisan. Hal tersebut berdasarkan hasil pada uji validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas dari ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,94 dengan kategori sangat valid dan ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 4 dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas mendapatkan rata-rata skor sebesar 3.84 dengan kategori sangat praktis.

Keywords: Media Pembelajaran, Unity 3D, Bangun Ruang Sisi Datar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindhita, Nur Arif. 2014. “Pengembangan Gamer Berbasis Unity 3D Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Musik Di SMP Negeri 4 Purworejo.” 12(19):75–76.
Arvianto, Ilham Rais, and Budi Murtiyasadan Masduki. 2011. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dengan Pendekatan Instruksional Concrete Representational Abstract (CRA) (PTK Pada Siswa Kelas Xi SMKN 1 Banyudono).” Prosiding Seminar Nasional Matematika Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta 170–79.
Carin, A. A., R. .. Sund, and Bhrigu K. Lahkar. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Untuk Platform Android Pada Pembelajaran Gambar Teknik Kelas X DI SMK Nasional Berbah.” Journal of Controlled Release 11(2):430–39.
Etnanta, Yunar, and Ana Irhandayaningsih. 2017. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 1 Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(1):371–80.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. 2021. Media Pembelajaran.
Kamarullah, Kamarullah. 2017. “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 1(1):21. doi: 10.22373/jppm.v1i1.1729.
Khauro, Khulalil, Agung Setiyawan, and Tyasmiarni Citrawati. 2020. “Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1.” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1(1):667–71.
Kusumaningrum, Rafi Ayu, Iranita, and M.Syuzairi. 2021. “Online) ISSN.” Soj Umrah 2(2):1348–57.
Lambertus. 2009. “Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SD.” Forum Pendidikan 28(2):136–42.
Manumpil, Beauty, Yudi Ismanto, and Franly Onibala. 2019. “Hubungan Penggunaan Sistem.” Ejoural Keperawatan (e-Kep) 3(April):15–30.
Maryani, Dwi. 2015. “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika.” 12(1):18–24.
Permana, Putri Intan, and Sibuea Abdul Muin. 2014. “Pengemagan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Fisika.” World Health Organization, World Bank Group, OECD 1(July):1–100.
Pratiwi, Indah Riezky, and Parulian Silalahi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Model Blended Learning Berbasis Moodle.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(1):206. doi: 10.24127/ajpm.v10i1.3240.
Prima Rias Wana. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V.” Jurnal Pendidikan Modern 6(2):100–107. doi: 10.37471/jpm.v6i2.207.
pujawan kadek agus hendra. 2012. “Pengemangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Animasi Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja.” 1–16.
Salam, Nurfadilah, Safei, and Jamilah. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf.” Al-Ahya 1(pengembangan media pembelajaran ular tangga pada materi sistem saraf):18.
Saluky, Saluky. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress.” Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 5(1):80–90. doi: 10.24235/eduma.v5i1.685.
Suendarti, Mamik, and Hawa Liberna. 2021. “Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5(2):326. doi: 10.33603/jnpm.v5i2.4917.
Sutriyono, Nur Fitriyana, and Idul Adha. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Macromedia Flash Berbasis Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 11(1):2599–2600.
Published
2024-05-31
How to Cite
Desriyani, A., Desi Rahmatina, & Metta Liana. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN UNITY . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 142-164. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3592
Abstract viewed = 86 times
PDF downloaded = 9 times