PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN UNITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran menggunakan Unity pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis untuk SMP kelas 8. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Model pengembangan dengan melalui tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan tampilan produk, dan uji lapangan serta revisi produk. Sumber data penelitian yaitu 20 siswa kelas VII SMP De Green Camp untuk uji praktikalitas dan 2 orang ahli untuk pengujian validitas. Data penelitian dijaring dengan menggunakan instrumen pengujian meliputi pengujianvaliditas dan pengujian praktikalitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan media pembelajaran menggunakan Unity pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis untuk SMP kelas 8 dilakukan dengan beberapa tahap meliputi: tahap penelitian dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan tampilan produk, dan uji lapangan serta revisi produk. Media pembelajaran berbasis Unity menampilkan materi gambar banun ruang sisi datar, kuis, dan fitur keluar dari aplikasi. (2) Media pembelajaran interaktif menggunakan unity pada materi bangun ruang sisi datar kelas VII SMP dinyatakan telah memenuhi kevalidan dan kepraktisan. Hal tersebut berdasarkan hasil pada uji validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas dari ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,94 dengan kategori sangat valid dan ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 4 dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas mendapatkan rata-rata skor sebesar 3.84 dengan kategori sangat praktis.
Downloads
References
Arvianto, Ilham Rais, and Budi Murtiyasadan Masduki. 2011. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dengan Pendekatan Instruksional Concrete Representational Abstract (CRA) (PTK Pada Siswa Kelas Xi SMKN 1 Banyudono).” Prosiding Seminar Nasional Matematika Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta 170–79.
Carin, A. A., R. .. Sund, and Bhrigu K. Lahkar. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Untuk Platform Android Pada Pembelajaran Gambar Teknik Kelas X DI SMK Nasional Berbah.” Journal of Controlled Release 11(2):430–39.
Etnanta, Yunar, and Ana Irhandayaningsih. 2017. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 1 Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(1):371–80.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. 2021. Media Pembelajaran.
Kamarullah, Kamarullah. 2017. “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 1(1):21. doi: 10.22373/jppm.v1i1.1729.
Khauro, Khulalil, Agung Setiyawan, and Tyasmiarni Citrawati. 2020. “Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1.” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1(1):667–71.
Kusumaningrum, Rafi Ayu, Iranita, and M.Syuzairi. 2021. “Online) ISSN.” Soj Umrah 2(2):1348–57.
Lambertus. 2009. “Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SD.” Forum Pendidikan 28(2):136–42.
Manumpil, Beauty, Yudi Ismanto, and Franly Onibala. 2019. “Hubungan Penggunaan Sistem.” Ejoural Keperawatan (e-Kep) 3(April):15–30.
Maryani, Dwi. 2015. “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika.” 12(1):18–24.
Permana, Putri Intan, and Sibuea Abdul Muin. 2014. “Pengemagan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Fisika.” World Health Organization, World Bank Group, OECD 1(July):1–100.
Pratiwi, Indah Riezky, and Parulian Silalahi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Model Blended Learning Berbasis Moodle.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(1):206. doi: 10.24127/ajpm.v10i1.3240.
Prima Rias Wana. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V.” Jurnal Pendidikan Modern 6(2):100–107. doi: 10.37471/jpm.v6i2.207.
pujawan kadek agus hendra. 2012. “Pengemangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Animasi Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja.” 1–16.
Salam, Nurfadilah, Safei, and Jamilah. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf.” Al-Ahya 1(pengembangan media pembelajaran ular tangga pada materi sistem saraf):18.
Saluky, Saluky. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress.” Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 5(1):80–90. doi: 10.24235/eduma.v5i1.685.
Suendarti, Mamik, and Hawa Liberna. 2021. “Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5(2):326. doi: 10.33603/jnpm.v5i2.4917.
Sutriyono, Nur Fitriyana, and Idul Adha. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Macromedia Flash Berbasis Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 11(1):2599–2600.
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.