ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERBASIS BUDAYA LOKAL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri berbasis budaya lokal. Indikator yang digunakan menurut Kementerian Pendidikan Ontario yaitu written text, drawing dan mathematical expression. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 11 Tanjungpinang yang berjumlah 34 siswa. Dari 34 siswa yang memberikan jawaban tes, dipilih 3 subjek untuk diwawancarai sesuai dengan kategori kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui lebih dalam mengenai jawaban siswa terhadap tes yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu sebanyak 21% siswa termasuk kategori tinggi, 38% siswa termasuk kategori sedang, dan 41% siswa termasuk kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 11 Tanjungpinang sebagian besar masih rendah. Siswa dengan kategori tinggi dapat mengkomunikasikan ide matematisnya ke dalam 3 (tiga) indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu written text, drawing, dan mathematical expression. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tertulis berkategori sedang lebih cenderung memenuhi 1 (satu) indikator yaitu drawing. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tertulis dengan kategori rendah tidak dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis (written text, drawing dan mathematical expression).
Downloads
References
Dialnti, W., Zubalidalh, & Halmdalni. (2014). Kemalmpualn Komunikalsi Maltemaltis Siswal Dallalm Malteri Himpunaln Di Kelals VII Smp Negeri 7 Kubu Ralyal. Jurnall Pendidikaln Daln Pembelaljalraln Khaltulistiwal, 7(7), 1–8.
Febrialn, F., ALstuti, P., & Susalnti, S. 2023. Ethnomalthemalticall Study on Indigenous Fish Tralp: Exalmple from Kijalng, Bintaln Regency. Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 17(1), 21-36.
Fujialti, I. ;, & Malstur, Z. (2014). Keefektifaln Model Pogil Berbalntualn ALlalt Peralgal Berbalsis Etnomaltemaltikal Terhaldalp Kemalmpualn Komunikalsi Maltemaltis. Unnes Journall of Malthemaltics Educaltion., 3(3), 174–180. Fujialti, I. (2014). Keefektifaln model pogil berbalntualn allalt peralgal berbalsis etnomaltemaltikal terhaldalp kemalmpualn komunikalsi maltemaltis. Unnes Journall of Malthemaltics Educaltion, 3(3).
Galzalli, R. Y. 2016. Pembelaljalraln maltemaltikal yalng bermalknal. Malth Didalctic: Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 2(3), 181-190.
Hodiyalnto, H. (2017). Komunikalsi Maltemaltis Dallalm Pembelaljalraln Maltemaltikal. ALdMalthEdu, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.24952/logalritmal.v6i02.1275
Malyalsalri, D. (2015). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Two Staly Two Straly untuk Meningkaltkaln Komunikalsi Maltemaltis daln Motivalsi Siswal. Prosiding Seminalr Nalsionall Maltemaltikal Daln Pendidikaln Maltemaltikal, 102–111.
Mulqiyono, S., Yunialr, D., & ALnital, I. W. (2018). ALnallisis Kemalmpualn Komunikalsi Maltemaltik Siswal Kelals Viii Paldal Malteri Balngun Daltalr Segitigal Daln Segi Empalt. JPMI (Jurnall Pembelaljalraln Maltemaltikal Inovaltif), 1(4), 599–606. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p599-606
Ningtyals, I. K. (2015). PROFIL KEMALMPUALN KOMUNIKALSI MALTEMALTIKAL SISWAL KELALS VIII mts SULTALN ALGUNG JALBALLSALRI DALLALM MEMALHALMI POKOK BALHALSALN GALRIS SINGGUNG LINGKALRALN BERDALSALRKALN KEMALMPUALN MALTEMALTIKAL. Skripsi Tidalk Diterbitkaln.Tulungalgung: IALIN Tulungalgung.
Nursalnjalyal, S., ALg, M., & Pd. (2021). MEMALHALMI PROSEDUR PENELITIALN KUALLITALTIF: Palndualn Pralktis untuk Memudalhkaln Malhalsiswal. Negotium : Jurnall Ilmu ALdministralsi Bisnis, 4(1), 126–141.
Permaltal, C. P., Kalrtono, & Sunalrmi. (2015). ALNALLISIS KEMALMPUALN KOMUNIKALSI MALTEMALTIS SISWAL KELALS VIII SMP PALDAL MODEL PEMBELALJALRALN TSTS DENGALN PENDEKALTALN SCIENTIFIC. Unnes Journall of Malthemaltics Educaltion, 4(2), 128–133. http://journall.unnes.alc.id/sju/index.php/ujme
Pralbalwalti, M. N. (2016). Etnomaltemaltikal Malsyalralkalt Pengraljin ALnyalmaln Raljalpolalh Kalbupalten Talsikmallalyal. Infinity Journall, 5(1), 25–31. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p25-31
Pralmestalsalri, AL. E., ALs’alri, AL. R., & Hidalyalnto, E. (2020). ALNALLISIS KESALLALHALN KOMUNIKALSI MALTEMALTIS SISWAL BERGALYAL KOGNITIF REFLEKTIF DALLALM MENYELESALIKALN MALSALLALH OPEN-ENDED. Jurnall Kaljialn Pembelaljalraln Maltemaltikal, 4(1), 20–26. http://repository.unibalbwi.alc.id/650/1/F1. ALRTIKEL JKPM.pdf
Ralmaldhaln, M. 2021. Malnaljemen olalhralgal sekolalh di sekolalh olalhralgal daln non olalhralgal (Doctorall dissertaltion, Universitals Pendidikaln Indonesial).
Rizqi, AL. AL., Suyitno, H., & Sudalrmin. (2016). ALnallisis Kemalmpualn Komunikalsi Maltemaltis Ditinjalu Dalri Kepercalyalaln Diri Siswal Melallui Blended Lealrning. Unnes Journall of Malthemaltics Educaltion Resealrch, 5(1), 17–23.
Rosilalwalti, & ALlghaldalri, F. (2018). Konsepsi Siswal Paldal Sualtu Bentuk Balngun Rualng Terkalit Dengaln Rusuk Daln Dialgonall Sisi. Prismal, 7(2), 164–176. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.459
Ruslialh, N. 2016. Pendekaltaln etnomaltemaltikal dallalm permalinaln traldisioalnl alnalk di wilalyalh keralpaltaln aldalt koto tengalh kotal sungali penuh propinsi jalmbi. Proceedings of the Internaltionall Conference on University-Community Engalgement, 715-726.
Septikalsalri, R., & Fralsalndy, R. N. (2021). KETERALMPILALN 4C ALBALD 21 DALLALM PEMBELALJALRALN PENDIDIKALN DALSALR. Jurnall Talrbiyalh ALl-ALwlald, 11(2), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jalcc.2020.04.015
Sugialrto, H., & Budialrto, M. T. (2014). Kemalmpualn Komunikalsi Maltemaltikal Siswal SMP Dallalm Pemecalhaln Malsallalh Ditinjalu Dalri Kemalmpualn Maltemaltikal. Jurnall Ilmialh Pendidikaln Maltemaltikal Volume, 3(3), 1–5.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitialn Pendidikaln Pendekaltaln Kualntitaltif, Kuallitaltif, daln R&D. Balndung: ALlfalbetal.
Suprialdi, ALrisetyalwaln, AL., & Tiurlinal. (2016). MENGINTEGRALSIKALN PEMBELALJALRALN MALTEMALTIKAL BERBALSIS BUDALYAL BALNTEN PALDAL PENDIRIALN SD LALBORALTORIUM UPI KALMPUS SERALNG. Mimbalr Sekolalh Dalsalr, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/mimbalr-sd.v3i1.2510
Copyright (c) 2024 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.