PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN GAME INTERAKTIF QUIZIZZ

  • Savira Ananda Fitria Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Saminem SDN Bantul Timur
  • Rasidi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Tria Mardiana Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan tujuan guna meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD N Bantul Timur pada materi perkalian bilangan cacah sampai 100 menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game interaktif quizizz. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), serta refleksi (reflecting). Subjek penelitian yang digunakan adalah 28 peserta didik kelas IV SD N Bantul Timur. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan tes evaluasi. Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar. Hal tersebut dilihat dari presentase yang menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar peserta didik. Presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dapat dilihat di setiap tahap pelaksanaan. Pada tahap pra-siklus hasil belajar peserta diidk sebesar 25% (7 anak) kemudian meningkat 57% (16 anak) pada siklus I, dan meningkat lagi sebesar 89% (25 anak) pada siklus II. Sehigga presentase Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dari keseluruhan peserta didik meningkat sebesar 64%.

Keywords: Pembelajaran Team Games Tournament, Hasil Belajar Matematika, Quizizz

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). PermendiknasNomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Effrata, E. (2021). Landasan Hukum Pendidikan di Indonesia. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 113-120.

Eka Suryani, N., Utami, C., & Husna, N. (2023). Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 21–39. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2820

Hafiyya, N., & Sofian, M. H. (2023). IMPLEMENTASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION GAME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Communnity Development Journal, 4 (2), 1646–1652.

Halimah, Mawardi, & Widi Wardani, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Sd N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt ). Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319

Irmawati, D. A. (2020). Media Pembelajaran Matematika: Cara Gembira Belajar Matematika. Pemeral Edukreatif.

Junior, J. B. B. (2020). Assesment for Learning With Mobile Appsn: Exploring the Potential of Quizizz in the Educational Context. International Journal of Development Research, 1, 10.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1 (1), 21. https://doi.org/10.22373/Jppm.V1i1.1729.

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Wordwall Sebagai Media PembelajaranDigital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. 2, 41–47.

Khemaswati, D. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berstandar NCTM Dengan Nuansa Cognitive Load Theory Pada Siswa SMK Kelas XI.

Muchammad Imron, & Arief Agoestanto. (2023). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Literasi Matematis Siswa: Tinjauan Pustaka Sistematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 40–61. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2799

Rolina, D., & Efendi, R. (2023). Korelasi Aplikasi Quizizz pada Minat Belajar Siswa di SMK Kristen Bisnis dan Manajemen Salatiga. Jurnal Pendidikan, 32(1). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3307

Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Ability of mathematical problem solving on junior high school students with field dependent cognitive learning style. Math Didactic. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 198–211.

Roudhotus, S. (2017). Implementation of Cooperative Learning Model with Teams Games Tournament (TGT) Method to Improve Interests and Learning Outcomes. Classroom Action Research Journal, I(2), 65–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um013v1i22017p65

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 23–27.

Published
2023-11-30
How to Cite
Savira Ananda Fitria, Saminem, Rasidi, & Tria Mardiana. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN GAME INTERAKTIF QUIZIZZ. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 163-174. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3472
Abstract viewed = 110 times
PDF downloaded = 74 times