UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Engkos Kosim Abdullah MTs Negeri 3 Kuningan
  • Reza Muhamad Zaenal

Abstract

Asesmen kompetensi minimum adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur literasi, numerasi dan karakter siswa. Rendahnya tingkat kemampuan numerasi menjadi persoalan yang sangat penting untuk perkembangan pendidikan khusus bagi siswa sekolah dasar sampai atas. Perlu adanya solusi untuk peningkatan kemampuan literasi numerasi matematika siswa ini, dan model Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Selanjutnya tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) ini mampu membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika siswa sekolah menengah pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan bahwa hanya dua siswa yang telah mencapai nilai ketuntasan atau sekitar 6,3% dengan rata-rata nilai numerasi 41,4. Selanjutnya setelah diberikan tindakan kelas  pada siklus I, siswa yang tuntas mengalami kenaikan menjadi 10 siswa atau 31% siswa telah tuntas dengan nilai rata-rata 55,8. Karena belum mencapai indikator keberhasilan, dilakukan tindakan siklus II, didapat 24 siswa dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata 74,9 atau 75% siswa telah tuntas. Dengan demikian indikator keberhasilan tindakan terpenuhi yaitu lebih atau sama dengan 75% siswa mencapai ketuntasan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa model PBL dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika siswa.

Keywords: Numerasi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Cahyanovianty, alda D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam DAFTAR PUSTAKA

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Cahyanovianty, alda D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31–39. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352

Eka Suryani, N., Utami, C., & Husna, N. (2023). Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 21–39. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2820

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 310–317. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Oktagina, Galuh Puadi, E. F. W. P., & Umbara, U. (2017). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik yang Pembelajarannya Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Discovery Learning. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(2), 903–904.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Puadi, E. F. W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah matematis mahasiswa PTIK Melalui Pembelajaran Berbasisis Masalah. Correspondencias & Análisis, 2(2), 1–23.

Ramadhani, Z., N, O. R., Saputra, D. P. J., Afifulah, M. Y., & Darmadi, D. (2021). Analisis Penerapan Asessmen Kompetensi Minimum (Akm) Terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Magetan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 342–345. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2959

Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. H. (2018). Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. 5(1), 39–50.

Sutarna, N., Zaenal, R. M., & Manan, N. A. (2021). The effectiveness of E-learning based learning models to improve primary school students’ numeracy ability during the Covid-19 pandemic. AIP Conference Proceedings, 2438(October). https://doi.org/10.1063/5.0071603

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia, 9(1), 110–121. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/148/136

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Wulandari, N. F. (2022). Pengembangan Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP Kelas VII Bertipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk Konten Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2833–2845. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.858

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452

Yusritawati, I., Zakiyah, K., & Zaenal, R. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 144–156.

Zaenal, R. M., Suryaman, O., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning " Numet " Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2725–2739.

Published
2023-11-30
How to Cite
Kosim Abdullah, E., & Muhamad Zaenal, R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 128-138. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3454
Abstract viewed = 330 times
PDF downloaded = 176 times