PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

  • Cindy Nurul Afwa Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Erni Puji Astuti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Wharyanti Ika Purwaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah modul ajar matematika berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan koneksi matematis siswa memadahi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data memakai wawancara tidak terstruktur, angket dan tes. Instrumen yang dipakai yaitu lembar validasi modul ajar untuk mengetahui kevalidan modul ajar, lembar angket respon guru dan siswa guna mengukur kepraktisan modul ajar, dan soal pre-test serta post-test guna mengukur keefektifan modul ajar dengan menerapkan uji normalitas gain. Berdasarkan hasil analisis, modul ajar berbasis PjBL dikatakan valid berdasarkan rata-rata skor sebesar 3,83. Memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata angket respon siswa 3,09 dengan presentase 77,55%. Sementara hasil rata-rata angket respon guru sebesar 3,5 dengan presentase 87,5%. Serta keefektifan modul ajar berbasis PjBL ditunjukkan dengan hasil N-gain 0,36 pada uji coba luas. Sehingga modul ajar matematika berbasis PjBL untuk meningkatkan koneksi matematis siswa kelas 7 SMP valid, praktis, dan efektif diterapkan pada pembelajaran matematika khususnya statistika.

 

Keywords: Modul Ajar, Project Based Learning, PjBL, Koneksi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Makrufi, A, D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV Literasi Nusantara Abadi.

Khristiani, H., Susan, E., Purnamasari, N., Purba, M., Anggraeni, & Saad, Y. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Kemdikbud.

Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.

Maisyarah, R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 5(2), 130–138.

Miller, E. C., & Krajcik, J. S. (2019). Promoting Deep Learning Through Project-based Learning: a Design Problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–10. Tersedia: https://doi.org/10.1186/s43031-019-0009-6

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Patmala, K., Nuraeni, Z., & Rahmawati, I. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(2), 89–94.

Rodriguez-Nieto, C. A., Rodriguez-Vasquez, F. M., & Garcia-Garcia, J. (2021). Pre-service Mathematics Teachers’ Mathematical Connections in the Context of Problem-Solving About the Derivative. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(1), 202–220. Tersedia: https://doi.org/10.16949/turkbilmat.797182

Suciati, D. R., & Hakim, D. L. (2019). Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1155–1165. Tersedia: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanty, A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM Siswa SMA Kelas X IPA pada Materi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusai. Tersedia: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/35

Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Deepublish.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 534–549.

Published
2023-11-02
How to Cite
Cindy Nurul Afwa, Erni Puji Astuti, & Wharyanti Ika Purwaningsih. (2023). PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 78-89. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3406
Abstract viewed = 563 times
PDF downloaded = 518 times