PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Pemahaman konsep merupakan syarat yang wajib diraih oleh siswa. Sebuah model yang dianggap dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep suatu materi adalah model discovery learning. Discovery learning adalah sebuah model yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat memahami materi melalui proses menemukan, menyelidiki serta menyimpulkan sendiri dari sebuah permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika. Bentuk penelitian ini adalah pre-experimental designs jenis rancangan one-group pretest-posttest. Alat pengumpulan data berupa: lembar pre-test dan post-test, lembar observasi, lembar angket, serta intrumen pendukung berupa: RPP dan LKPD. Metode analisis data berupa: analisis deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil pencapaian seluruh siswa pada pemahaman konsep bangun datar segiempat yaitu: indikator “menyatakan ulang sebuah konsep” dari data pre-test tergolong kategori kurang dan dari data post-test tergolong kategori baik. Indikator “mengklasifikasikan objek menurut sifat – sifat tertentu” dari data pre-test tergolong kategori sangat baik dan dari data post-test tergolong kategori sangat baik, Indikator “mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah” dari data pre-test tergolong kategori kurang sekali dan dari data post-test tergolong kategori kurang, terdapat peningkatan antara sebelum dan setelah menggunakan model discovery learning, dan terjadi peningkatan dengan nilai n-gain 0,53 kategori sedang.
Downloads
References
Arvianto, I. R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Upaya Menuju Era Industri 4.0. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 93–102. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.52
Asmedy. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 1, 69–75.
Bargi. (2019). Efektivitas Metode Discovery dan Media Youtube Terhadap Siswa Kelas V SD N Tlahap Dalam Materi Fotosintesis. Priceeding of Biology Education, 3(1), 121–133.
Bernard, M., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 233–242.
Crismono, P. C. (2018). Pengaruh Possing Problem Berkelompok Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 45–53.
Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Jurnal Didactical Mathematics. Jurnal Didactical Mathematics, 4(April), 23–30.
Hartono, Firdaus, M., & Sipriyanti. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi FUngsi dengan Pendekatan open Ended pada Siswa Kelas VIII. Eksponen Jurnal, 44(12), 2–8.
Hayati, K., Muhammad, I., & Isfayani, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas Ix Smp Negeri 2 Bireuen. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1), 219. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7461
Hidayah, U. L., Rohman, N., & Utami, A. D. (2020). Pelevelan Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo (Structure of Observes Learning Outcomes). Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 95–102. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.162
Marniati, M., & Tahir, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kalaboratif MURDER. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9(2), 28. https://doi.org/10.26714/jkpm.9.2.2022.28-32
Musafaah, R. Y., & Wahidin, W. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal AKM berdasarkan Motivasi Belajar dan Rumpun Bidang Ilmu Siswa SMA. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.8314
Musnaini, Khairiani, & Nurul Akmal. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.183
Razi, Z., & Mirunnisa. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 520–527.
Rohman, H. A., Juandi, D., & Jupri, A. (2021). Berpikir Geometri Level Visualisasi Siswa SMP Melalui Topik Segiempat Menurut Teori Van Hiele. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i2.133-144
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
Sidki, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. 2, 75–84.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.