EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • Vina Rima Melati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Uba Umbara STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis yang menemukan bahwa kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika masih rendah karena kesulitan mengerti dengan apa yang disampaikan oleh pendidik di kelas. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas suatu model pembelajaran yaitu guided discovery learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk Quasi-Eksperimental: Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Cigugur dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu kelas VII A dan VII B sebagai kelas eksperimen serta kelas VII C dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian yang dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabel. Hasil uji hipotesis terhadap nilai N-Gain menggunakan uji beda diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model guided discovery learning berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya diharapkan model guided discovery learning berbasis etnomatematika dapat terus dikembangkan dan dijadikan sebagai salah satu alat untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Keywords: Guided Discovery Learning, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. 1–7.

Arwanto, Sunandar, A., & Sumaliyah. (2021). Analisis Pemahaman Matematis Terhadap Disposisi Matematis Melalui Soal Etnomatematika. Jurnal Integral, 12(1), 26–35.

Endramawati, T. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Percaya Diri Siswa Melalui Model Guided Discovery Learning. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27(2), 144. https://doi.org/10.30587/didaktika.v27i2.2261

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761/4795

Hasanah, B. S. F. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gemarang Melalui Model Discovery Learning. Seminar Nasional Sosial Sains (SENASSDRA), 1, 1182–1193.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1tukka. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 70–77.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Manduapessy, I. W. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Lengkong. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 227–233. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Maula, I. (2019). Pembelajaran Matematika Guided Discovery (Z. Ulfah (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Muhammad, G. M., & Karso, K. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 108. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/213

Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966

Sukenda, Umbara, U., & Puadi, E. F. W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Metoda Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Geometri Kelas 8. JuMlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(1), 38–49.

Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083

Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.19517

Published
2023-11-01
How to Cite
Melati, V. R., & Umbara, U. (2023). EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 29-38. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3279
Abstract viewed = 152 times
PDF downloaded = 141 times