PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE NUMERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA

  • Ukti Lutvaidah Universitas Indraprasta PGRI
  • Ryan Hidayat Universitas Indraprasta PGRI
  • Prima Pantau Putri Santosa Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together (NHT) terhadap penguasaan konsep matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Bina Sejahtera Depok dengan populasi kelas VIII di mana terdiri dari 2 kelas dan populasi tersebut juga sebagai sampel dengan jumlah rata-rata perkelasnya 30 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.  Instrumen penelitian berupa soal essay sebanyak 4 soal dalam waktu 60menit. Instrumen dikatakan valid dan reabilitas setelah diuji cobakan di kelas uji coba. Uji prasyarat analisis menunjukan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together (NHT).

Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Numered Head Together (NHT), Penguasaan Konsep Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryana, I. G. M. R., Al Idrus, A., & Harjono, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif nht dan stad terhadap hasil belajar sikap siswa sma negeri 2 gerung. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

Dewi, A. P. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Penguasaan Konsep Matematika pada Materi Perbandingan terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Faridloh, F., & Maarif, S. (2018). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JOURNAL PROCEEDING, 4(1).

Fatma, M., Wahyuni, M., & Witarsa, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3373-3381.

Gusniwati, M., & Rahmawati, E. Y. (2021, July). Pengaruh Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) terhadap Penguasaan Konsep Matematika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).

Halimah, N. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 267-275.

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.

Indriastuti, N. (2016). Studi Komparasi Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Siswodipuran Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhamadiyah Surakarta).

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).

Jampel, I. N., Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Studying Natural Science In Elementary School Using Nos-Oriented Cooperative Learning Model With The NHT Type. 7(2), 140. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863

Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204-210.

Nurwadani, P. A., Syarifuddin, S., Gunawan, G., & Dusalan, D. (2021). Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 25-38.

Seruni, S. (2015). Pengaruh Penguasaan Konsep Matematika dan Kreativitas Belajar terhadap Perilaku Disiplin. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).

Published
2023-11-30
How to Cite
Lutvaidah, U., Hidayat, R., & Santosa, P. P. P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE NUMERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 139-150. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3241
Abstract viewed = 111 times
PDF downloaded = 72 times