LEVEL BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS SEGITIGA PADA TRIGONOMETRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan level berpikir 2 siswa laki-laki dan 2 perempuan kelas 10 Nautika SMK Negeri 5 Tanjungpinang tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri berdasarkan 5 level berpikir geometri Van Hiele. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes tingkat berpikir geometri pada materi luas segitiga menggunakan konsep trigonometri dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Dari 26 siswa yang mengerjakan tes, peneliti memilih 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan untuk dijadikan subjek yang diambil berdasarkan jawaban terbanyak siswa dari soal tes luas segitiga menggunakan konsep trigonometri, tahap selanjutnya subjek dilakukan wawancara untuk mengetahui level berpikir siswa. Hasil penelitian di dapat level berpikir dengan teori Van Hiele 2 siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri mencapai tahap 4 (rigor), sedangkan 2 siswa perempuan mencapai tahap 2 (deduksi informal), sehingga level berpikir geometri 2 siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri lebih baik dari pada 2 siswa perempuan.
Downloads
References
Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTS Iskandar Muda Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. Retrieved from https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/966/839
Azisah, S., Mustari, A., Himayah, & Masse, A. (2016). Buku saku: konstekstualisasi gender islam dan budaya. https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289
Ibrahim, A., Alang, H. A., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metogologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Kemdikbud. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan: Capaian pembelajaran mata pelajaran matematika. Jakarta: kemdikbud.
Kemdikbud. (2022). Kurikulum merdeka, membangun potensi siswa sesuai fitrahnya. Retrieved February 18, 1BC, from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-membangun-potensi-siswa-sesuai-fitrahnya
Kurnia, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis kemampuan berpikir geometri berdasarkan tahap berpikir van Hiele pada pembelajaran matematika siswa SMP. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 419–430.
Moru, E. K., Malebanye, M., Morobe, N., & George, M. J. (2021). A Van Hiele theory analysis for teaching volume of three- dimensional geometric shapes. JRAMathEdu: Journal of Research and Advences in Mathematics Education, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i1.11744
Mulyadi, I., & Muhtadi, D. (2019). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori van Hiele ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1–8.
Musa, L. A. D. (2016). Level berpikir geometri menurut teori van Hiele berdasarkan kemampuan geometri dan perbedaan gender siswa kelas VII SMPN 8 Pare-pare. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103–116.
MZ, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah, 12(1), 14–31.
Nurani, I. F., Irawan, El. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level berpikir geometri van Hiele berdasarkan gender pada siswa kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 978–983.
Pertiwi, M., & Sudihartinih, E. (2020). Analisis kemampuan berpikir geometri van Hiele siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari perspektif gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 86–94.
Rahmatina, D. (2018). Application of confirmatory factor analysis for correlate of students attitude, self-belief, students engagement in mathematics lessons and mathematics achievement. International Journal of Engineering & Technology, 7, 535–539.
Sa’o, S., Naja, F. Y., & Mei, A. (2020). Tingkat berpikir geometri Van Hiele ditinjau dari perbedaan gender dan kemampuan matematika. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 171–182.
Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1934/1462
Zahrok, A. N. (2021). Skripsi. Level berpikir geometri siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan tahap berpikir van Hiele. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.