LEVEL BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS SEGITIGA PADA TRIGONOMETRI

  • Rizka Amelia Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Izzati Pendidikan Matematika UMRAH
  • Linda Rosmery Tambunan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan level berpikir 2 siswa laki-laki dan 2 perempuan kelas 10 Nautika SMK Negeri 5 Tanjungpinang tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri berdasarkan 5 level berpikir geometri Van Hiele. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes tingkat berpikir geometri pada materi luas segitiga menggunakan konsep trigonometri dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Dari 26 siswa yang mengerjakan tes, peneliti memilih 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan untuk dijadikan subjek yang diambil berdasarkan jawaban terbanyak siswa dari soal tes luas segitiga menggunakan konsep trigonometri, tahap selanjutnya subjek dilakukan wawancara untuk mengetahui level berpikir siswa. Hasil penelitian di dapat level berpikir dengan teori Van Hiele 2 siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri mencapai tahap 4 (rigor), sedangkan 2 siswa perempuan mencapai tahap 2 (deduksi informal), sehingga level berpikir geometri 2 siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri lebih baik dari pada 2 siswa perempuan.

Keywords: Level Berpikir Geometri, Gender, Trigonometri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTS Iskandar Muda Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. Retrieved from https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/966/839

Azisah, S., Mustari, A., Himayah, & Masse, A. (2016). Buku saku: konstekstualisasi gender islam dan budaya. https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289

Ibrahim, A., Alang, H. A., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metogologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Kemdikbud. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan: Capaian pembelajaran mata pelajaran matematika. Jakarta: kemdikbud.

Kemdikbud. (2022). Kurikulum merdeka, membangun potensi siswa sesuai fitrahnya. Retrieved February 18, 1BC, from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-membangun-potensi-siswa-sesuai-fitrahnya

Kurnia, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis kemampuan berpikir geometri berdasarkan tahap berpikir van Hiele pada pembelajaran matematika siswa SMP. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 419–430.

Moru, E. K., Malebanye, M., Morobe, N., & George, M. J. (2021). A Van Hiele theory analysis for teaching volume of three- dimensional geometric shapes. JRAMathEdu: Journal of Research and Advences in Mathematics Education, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i1.11744

Mulyadi, I., & Muhtadi, D. (2019). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori van Hiele ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1–8.

Musa, L. A. D. (2016). Level berpikir geometri menurut teori van Hiele berdasarkan kemampuan geometri dan perbedaan gender siswa kelas VII SMPN 8 Pare-pare. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103–116.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah, 12(1), 14–31.

Nurani, I. F., Irawan, El. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level berpikir geometri van Hiele berdasarkan gender pada siswa kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 978–983.

Pertiwi, M., & Sudihartinih, E. (2020). Analisis kemampuan berpikir geometri van Hiele siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari perspektif gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 86–94.

Rahmatina, D. (2018). Application of confirmatory factor analysis for correlate of students attitude, self-belief, students engagement in mathematics lessons and mathematics achievement. International Journal of Engineering & Technology, 7, 535–539.

Sa’o, S., Naja, F. Y., & Mei, A. (2020). Tingkat berpikir geometri Van Hiele ditinjau dari perbedaan gender dan kemampuan matematika. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 171–182.

Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1934/1462

Zahrok, A. N. (2021). Skripsi. Level berpikir geometri siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan tahap berpikir van Hiele. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Published
2023-11-01
How to Cite
Rizka Amelia, Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2023). LEVEL BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS SEGITIGA PADA TRIGONOMETRI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 1-13. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3226
Abstract viewed = 152 times
PDF downloaded = 115 times